Pakaian Adat Kalimantan Timur : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

Pakaian Adat Kalimantan Timur – Indonesia adalah Negara Tropis yang luas dengan banyak kepulauan yang saling berjejer sepanjang garis khatulistiwa. Indonesia sendiri adalah Negara yang multikultural dengan ratusan budaya, ratusan adat, ratusan bahasa, dan bahkan ratusan suku ada semua di Indonesia. Salah satu suku yang sering tersorot adalah suku dayak. Pakaian adat suku Dayak juga menjadi sorotan karena budayanya sendiri juga sangat unik.
Jika ada warga negara asing yang datang ke Kalimantan Timur, sudah pasti ingin mengenal lebih dalam lagi mengenai adat yang ada di sana, dari mulai nama rumah suku Dayak hingga tarian suku Dayak dan lain sebagainya. Agar setelah mengunjungi daerah suku dayak, mendapat pengetahuan baru tentang salah satu kebudayaan asli yang ada di suku Dayak.
Kebanyakan orang, melihat suku dayak pasti pikirannya bahwa orang-orang di sana masih sangat primitif dan tidak mau mengenal dunia luar. Memang suku Dayak masih memegang teguh tentang kebudayaan aseli nenek moyang mereka, sehingga pengaruh dunia luar dilarang untuk memasuki daerah suku Dayak tersebut.
Akan tetapi ada juga yang sudah membuka pikirannya tentang mempelajari hal-hal di luar sana dan mau menerima berbagai kebudayaan luar untuk dipelajari, sehingga ada beberapa orang yang tahu akan kondisi yang ada di dunia luar, tapi mereka juga tetap memegang tekuh adatnya dengan misalnya memakai pakaian adat suku Dayak saat di hari pernikahannya.

Pakaian Adat Kalimantan Timur dan Penjelasannya

Belum diketahui banyak orang bahwa Kalimantan Timur ada 2 suku yang berdiam di sana. Yaitu suku Dayak dan suku Kutai. Pakaian adat suku Dayak dan suku Kutai pakaian adatnya masing-masing memiliki keunikan tersendiri.
pakaian adat kalimantan timur
Baik pakaian suku Dayak laki-laki ataupun perempuan tentu saja berbeda tiap jenisnya. Diketahui ada 2 pakaian adat dari kedua suku tersebut yang memang telah ada sejak nenek moyang mereka.
Pada zaman dahulu pastinya kedua pakaian adat tersebut dipakai oleh orang paling penting di suku Dayak dan suku Kutai, akan tetapi seiring perkembangan zaman dan orang-orang di sana sudah semakin maju pemikirannya, pakaian adat sekarang digunakan untuk acara pernikahan dan juga acara adat lainnya seperti untuk menari penyambutan tamu agung atau tamu yang menurut suku Dayak dan suku Kutai itu penting.

Nama Pakaian Adat Kalimantan Timur

Masyarakat pada umumnya, belum mengetahui betul 2 pakaian adat dari Kalimantan Timur, yaitu pakaian adat kalimantan suku Dayak dan pakaian adat dari suku Kutai.
Karena memang pakaian suku dayak itu belum terlalu dikenal oleh banyak orang kecuali bagi orang-orang yang telah meneliti kebudayaan suku Daya. Kedua nama pakaian adat kalimantan timur tersebut adalah sebagai berikut ini:
  1. Ta’a dan Sapei Sapaq

Pakaian ini adalah berasal dari suku Dayak. Pakaian adat ini terdiri dari Ta’a yang biasanya dipakai oleh para wanita dan sapei sapaq yang digunakan oleh laki-laki. Keunikan dari pakaian ini adalah bahan pembuatnya. Jelas sekali kalau bahan material dari pembuatan baju ini berasal dari sumber daya alam yang ada di Nusantara.
  1. Baju Miskat

Pakaian adat ini berasal dari suku yang bertetangga dengan suku Dayak yaitu suku Kutai. Baju Miskat ini lebih dikenal dibandingkan dengan pakaian adat suku Dayak. Desain bajunya lebih sederhana dibandingkan dengan Ta’a dan Sapei Sabaq, sehingga pemerintah Kalimantan Timur kini telah menetapkan bahwa PNS yang ada di sana harus memakai baju Miskat di hari-hari tertentu.

Demikian penjelasan tentang berbagai pakaian adat yang digunakan oleh suku Dayak yang mendiami daerah Kalimantan.
Paling Sering Dicari:
  • pakaian adat kalimantan timur
  • nama pakaian kalimantan timur
  • rumah adat dan pakaian trasisional kalimantan timur
  • Pakaian adat dari daerah kalimantan timur
  • makna pakaian adat kalimantan timur
  • makna baju adat sapei sapaq Kalimantan Timur
  • kalimantan timur pakaian adat
  • baju pengantin dayak kaltim
  • apa nama pakaian adat kalimantan timur
  • apa nama pakaian ada kaltim





Mungkin Yang Kamu Cari:

Related Posts

Pakaian Adat Kalimantan Timur : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap
4/ 5
Oleh