Pakaian Adat Kalimantan Utara : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

Mungkin sebagian dari Anda belum familiar dengan Kalimantan Utara. Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia yang disahkan pada 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.
Provinsi Kalimantan Utara Sendiri merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur dengan Tanjung Selor sebagai ibukotanya. Sebagian wilayah dari Kalimantan Utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan. Kini, wilayah Kalimantan Utara banyak dihuni oleh masyarakat Suku Dayak dan juga berbagai pendatang.
Meskipun masih terbilang cukup muda, provinsi ini memiliki corak budaya yang membedakannya dengan beberapa provinsi lain di Kalimantan. Salah satunya ialah pakaian adat. Untuk itu, mari simak beberapa jenis pakaian adat Kalimantan Utara dan keterangannya berikut ini.

Pakaian Adat Kalimantan Utara dan Keterangannya

Wilayah Kalimantan Utara mayoritas dihuni oleh Suku Dayak sebagaimana Kalimantan Timur yang pernah menjadi provinsi pendahulunya. Suku Dayak pada dasarnya memiliki corak pakaian adat yang sangat khas sekai dengan berbagai pernak-pernik.
Corak dan pernak-pernik yang terdapat dalam pakaian adatnya dapat menggambarkan kehidupan, alam, dan segala perwujudan keindahan dalam satu wadah. Kebudayaan masyarakat Dayak banyak mempengaruhi corak pakaian adat Kalimantan Utara, atau bahkan bisa dibilang pakaian adat Kalimantan Utara diwakilkan dengan pakaian adat asli Suku Dayak. Terdapat tiga jenis pakaian adat Kalimantan Utara yakni Ta’a, Sapei Sapaq dan Bulang Kurung.
  • Pakaian Adat Kalimantan Utara: Ta’a
Pakaian Ta’a merupakan pakaian adat Kalimantan Utara yang biasanya dipakai oleh kalangan perempuan Suku Dayak. Pakaian Ta’a sendiri dibuat dari kin beludru berwarna hitam dengan dilengkapi oleh jahitan manik-manik yang khas. Pakaian ini sendiri terdiri dari setelan atasan menyerupai rompi tanpa lengan yang bernama Sapei Inoq, dan juga bawahan seperti rok dengan nama Ta’a. Selain terdiri dari atasan dan bawahan, Pakaian Ta’a sendiri dilengkapi dengan penutup kepala berhias bulu burung enggang.
  • Pakaian Adat Kalimantan Utara: Sapei Sapaq
Sapei Sapaq merupakan pakaian adat Kalimantan Utara yang diperuntukkan bagi pria Suku Dayak. Pada dasarnya, atasan dari Sapei Sapaq hamper serupa dengan Ta’a. Hanya saja, apabila pakaian Ta’a memiliki bawahan berupa rok, maka pakaian Sapei Sapaq hanya memiliki bawahan berupa gulungan selendang yang bentuknya seperti celana dalam. Pakaian Sapei Sapaq sendiri memiliki pelengkap seperti senjata tradisional bernama mandau yang diselipkan di pinggang, perisai perang, dan kalung-kalung yang terbuat dari bahan alami seperti taring babi, tulang, dan biji-bijian.
  • Pakaian Adat Kalimantan Utara: Bulang Kurung
Bulang Kurung merupakan pakaian adat yang biasa digunakan untuk kegiatan ritual tradisional masyarakat Suku Dayak di Kalimantan Utara. Pakaian ini terdiri dari atasan yang tidak memiliki lengan. Ada pula varian yang berlengan pendek dengan nama Dokot, dan yang berlengan panjang dengan nama Lengke. Pakaian ini umumnya digunakan oleh dukun dan tetua spiritual, sehingga tidak bisa secara sembarangan digunakan oleh orang-orang.
Pakaian adat Kalimantan Utara sendiri terlihat indah dengan perpaduan rumbai, manik-manik, dan corak warna yang dominan. Selain itu,  pakaian ini juga memiliki beberapa motif yakni motif burung enggang dan harimau yang diperuntukan untuk para bangsawan, dan baju dengan motif tumbuhan yang diperuntukan untuk rakyat biasa.
Itulah beberapa jenis pakaian adat Kalimantan Utara dan keterangannya yang mungkin bermanfaat untuk Anda.  Untuk melihat berbagai jenis pakaian adat asal Kalimantan Utara, Anda dapat mengunjungi langsung kawasan Kalimantan Utara ataupun melihatnya di musem yang ada di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.
Paling Sering Dicari:
  • pakaian adat kalimantan utara
  • baju adat kalimantan
  • nama pakaian adat kalimantan utara
  • nama baju adat tidung
  • nama pakai an adat kalimantan utara
  • https://adatindonesia com/pakaian-adat-kalimantan-utara/
  • nama pakaian kalimantan utara
  • pakaian adat di kalimantan utara
  • baju adat kalimantan utara
  • Pakaian adat Kalimantan utara dan rumah nya



Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon