Pakaian Adat Suku Bugis : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

Salah satu pakaian adat yang terkenal dan banyak menarik minat berabagi kalangan masyrakat adalah pakaian adat dari Sulawesi Selatan yakni pakaian adat Suku bugis. Suku bugis merupakan salah satu suku yang paling dominan dibandingkan dengan suku yang lain. Selain suku bugis, ada pula suku toraja yang tak kalah dominannya.
Meskipun sama-sama dominan, dua suku ini pastilah memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Mulai dari bahan yang digunakan, corak maupun motif dari baju serta aksesoris yang digunakan pun pasti juga beragam. Keragaman tersebut akan semakin membuat pakaian adat bugis semakin unik.
Tak hanya sesepuh yang menggunakan baju adat, tetapi banyak pemuda dan pemudi yang bangga jika mengenakan pakaian adat dari bugis ini.Berikut ini kita akan membahas berbagai pakaian adat bugis:

Pakaian Adat Bugis dan Penjelasannya

  • Pakaian adat Bugis wanita
Pakain adat wanita yang terkenal adalah baju bodo. Baju bodo adalah baju adat pertama yang dikenal oleh masyrarakat Sulawesi selatan. Cara pemakaian baju bodo, jenis baju bodo dan bentuknya sudah dijelaskan dlam sebuah kitab yang sudah ada sejak zaman nenek moyang dan sudah dilestariakn secara turun temurun dari dulu.
Bahan untuk pembuatan baju bodo adalah kain muslin. Kain muslin adalah kain yang terbuat dari kain hasil pintalan kapas yang dijalin dengan kain katun. Pada pemakaian baju bodo, dilengkapi dengan aksesorisyang akan menambah kecatikan baju bodo dan pemakainya. Aksesoris yang digunakan seperti, kepingan logam, kalungm gelang, cincin, anting dan bando emas.
pakaian adat bugis
Selain itu, pengguna baju bodo juga tidak bisa sembarang orang, ada ketentuan yang harus dipatuhi dan diikuti. Dalam kitab Patuntung, ada aturan yang menyebutkan penggunaan warna khusus bagi tingkatan usia wanita yang akan mengenakan baju bodo. Berikut adalah aturan warna yang akan digunakan:
  1. Warna jingga dipakai oleh perempuan umur kurang dari 10 tahun.
  2. Warna jingga dan merah darah dipakai oleh perempuan umur 10 hingga 14 tahun.
  3. Warna merah darah dipakai oleh untuk 17 hingga 25 tahun.  Warna putih dipakai oleh para inang dan dukun.
  4. Warna hijau dipakai oleh puteri bangsawan.
  5. Warna ungu dipakai oleh para janda.
  • Pakaian adat Bugis pria
Jikalau pakaian adat wanita adalah baju bodo, untuk pria menggunakan pakaian adat baju bella dada. Baju bella dada terbuat dari kain lipa sabbe atau lipa garusuk. Baju bella dada memiliki model berbentuk jas tutup dan berlengan panjang lengkap dengan kerah dan kancing. Baju bella dada dilengkapi dengan paroci (celana), lipa garusuk (kain sarung), dan passapu (tutup kepala seperti peci yang terbuat dari anyaman daun lontar dengan hiasan mbring atau benang emas). Selain aksesoris tersbut, masih ada aksesoris yang lain seperti:
  1. Gelang yang digunakan adalah gelang motif naga yang terbuat dari emas. Gelang ini disebut dengan gelang ponto naga.
  2. Sapu tangan, menggunakan hiasan khusus. Sapu tangan ini disebut dengan nama passapu ambara.
  3. Keris, sarung yang digunakan keris adalah sarung yang terbuat dari bahan emas. Keris ini disebut dengan pasattimpo atau tatarapareng.
Baju bodo dan baju bella dada keduanya merupakan pakaian adat bugis yang harus dilestarikan agar tidak hilang tergerus zaman. Meskipun zaman sudah modern, dan masuknya budaya barat di Indonesia sudah cukup berpengaruh, baju bodo dan baju bella dada ini tetap menjadi baju kebanggan dari masyarakat suku bugis.
Paling Sering Dicari:
  • pakaian adat bugis
  • baju adat bugis
  • pakaian adat suku bugis
  • nama baju adat yang di gunakan laki laki dalam adat bugis
  • pakaian tradisi bugis
  • nama pakaian adat pakaian suku bugis
  • pakaian bugis
  • baju bela dada
  • baju adat makassar masih modern
  • baju adat bugis dan pnjelasanx




Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon