Pakaian Adat Batak : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

Indonesia memiliki ragam kebudayaan dan kekayaan alam yang melimpah. Ragam budaya ini memiliki banyak sekali jenis mulai dari kesenian, makanan tradisional, hingga pakaian adat yang sangat beragam. Bisa Anda lihat, bahwa dari Sabang sampai Merauke memiliki pakaian adat masing-masing dengan corak bahkan bentuk yang berbeda.
Salah satu daerah yang memiliki pakaian istimewa dalam setiap suku yang ada di dalamnya adalah pakaian adat Batak Toba. Pakaian Batak Toba atau baju adat batak memang terkenal dengan ciri khas coraknya, pemakaiannya, dan jumlahnya yang tidak hanya satu.
pakaian adat Batak
gambar pakaian adat Batak
Baju adat batak ini memiliki jenis masing-masing yang disesuaikan dengan acara atau kegiatan yang tengah berlangsung. Lalu apa saja keistimewaan dari salah satu pakaian adat medan ini?

Nama Baju Adat Batak

Beberapa di antara pakaian adat Toba wanita atau pria tersebut dapat Anda ketahui seperti di bawah ini :
  • Pakaian adat suku Batak

Banyak suku yang ada di Batak, maka dari itu biasanya pakaian adat suku Batak Toba tersebut sesuai dengan adat masing-masing. Pakaian adat suku Batak perempuan yang pertama datang dari Suku Simalungun. Batak Simalungun berada di Provinsi Sumatera Utara, dan akhirnya menetap di Kabupaten Simalungun.
Pakaian adat suku Batak
Pakaian adat suku Batak
Suku ini diyakini oleh beberapa warga setempat berasal dari India Selatan, meskipun belum diketahui jelas asal dan usulnya. Pakaian adat Suku Simalungu ini memiliki hiasan kepala yang berasal dari kain dan dililit hingga menjadi tinggi, seperti pakaian adat Batak pada umumnya.
Namun yang membedakannya adalah pakaian yang digunakan menyerupai baju dengan lengan panjang dan menutupi bagian pantat. Hal inilah yang membuat pakaian ini terlihat sangat anggun dengan coraknya yang khas.
  • Pakaian adat Batak Karo

Pakaian adat Batak Toba yang selanjutnya berasal dari Suku Karo.
Pakaian Adat Batak Karo ini berasal dari daerah Aceh dan Sumatera Utara. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa Batak ini merupakan suku yang besar di Sumatera Utara. Pakaian adat yang dikenal ini diberi nama Karo karena berasal dari nama daerah yang ditempati oleh suku ini.
Pakaian adat Batak Karo
Pakaian adat Batak Karo
Tidak heran jika memang Batak Karo memiliki bahasa asing sendiri di dalam sukunya yang sering disebut sebagai Cakap Karo. Perbedaan dari pakaian adat sebelumnya, meskipun tetap menggunakan hiasan kepala, namun pakaian adat karo memiliki warna yang didominasi dengan warna hitam dan merah. Pakaian adat ini juga identik dengan perhiasaan emas yang menjadi ciri khasnya.
  • Pakaian adat Batak Toba

Terakhir, yang tentunya banyak dinantikan adalah Batak Toba. Pakaian adat Batak Tobaini sempat digunakan oleh Presiden RI Joko Widodo saat sedang berkunjung di pulau tersebut. Terdapat perbedaan yang signifikan dengan pakaian adat yang lain karena di pakaian ini, tidak ada penutup kepala untuk perempuan, karena justru penutup kepala tersebut digunakan oleh laki-laki.
Pakaian adat Batak Toba
Pakaian adat Batak Toba
Sedangkan perempuan hanya menggunakan semacam bando yang melingkar di kepalanya. Pakaian adat ini identik dengan warna putih serta coklat, perpaduan corak di dalamnya sangatlah anggun ketika dikenakan.
Batak memiliki pakaian di masing-masing sukunya, dan yang perlu Anda ketahui, setiap berlangsungnya acara terdapat perbedaan antara satu pakaian dengan pakaian yang lain. Contohnya saja, pakaian adat Batak Toba memiliki pakaian adat untuk pernikahan, dan ternyata pakaian tersebut akan berbeda dengan pakaian calon pengantin. Hal tersebut adalah hal yang sangat wajar untuk digunakan di dalam adat Batak.
Selain itu pakaian Batak memang identik dengan penutup kepala yang berukuran besar untuk perempuan, meskipun pada kenyataannya tidak semuanya memiliki penutup kepala yang besar pada setiap suku.Hal ini tentunya berkaitan dengan budaya tradisi dari masing-masing suku yang berbeda.




Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon