Pakaian Adat DKI Jakarta : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

4 Pakaian Adat DKI Jakarta Dengan Penjelasannya. DKI Jakarta dikenal dengan masyarakat Betawinya. Budaya dan adat kebiasaan mereka sering diangkat ke layar kaca pada film-film tertentu yang melakukan syutingnya di Jakarta, sehingga banyak orang mengenalnya meskipun hanya melalui representasi televise saja.
Selain ondel-ondel, kerak telor, dan gambang kromongnya yang menarik untuk diperbincangkan, pakaian adat DKI Jakartajuga wajib menjadi topik pembicaraan kita kali ini. Mengenal pakaian adat Betawi untuk menambah wawasan soal adat dan budaya yang berkembang diantara masyarakat asli Betawi.
Pakaian Adat DKI Jakarta
Pakaian Adat DKI Jakarta

Jenis-jenis Pakaian Adat DKI Jakarta

Pakaian adat yang berkembang di DKI Jakarta dapat dimengerti melalui pembagian berikut ini. Ada pakaian yang digunakan oleh pria Betawi, ada juga khusus untuk wanita, dan pakaian adat yang digunakan untuk pernikahan.
nama pakaian adat dki jakarta
nama pakaian adat dki jakarta
Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai ketiga jenis pakaian adat Jakarta Betawi yang perlu Anda ketahui:
  • Pakaian adat pria

Seperti nama yang diberikan diatas, pakaian ini dipakai oleh para pria asli Betawi dalam kesehariannya. Pria Betawi akan mengenakan baju koko sebagai atasan dan celana komprang yang panjangnya ranggung dengan motif batik. Pakaian ini akan dilengkapi dengan sarung yang digulung dan diikatkan ke pinggang. Sebagai pelengkap terakhir, seorang pria Betawi akan memakai peci berwarna merah.
  • Pakaian adat wanita

Pakaian adat DKI Jakarta untuk wanita hanya berupa baju kurung dengan warna mencolok, seperti warna merah yang sangat menarik perhatian. Sebagai bawahannya, seorang wanita Betawi menggunakan kain batik dengan motif yang geometris dan kerudung untuk menutupi kepala, atau paling tidak sebagian kepala.
  • Pakaian adat resmi

Pakaian adat DKI Jakarta yang dibilang resmi ini merupakan pakaian adat yang hanya digunakan oleh para Demang, alias para bangsawan dimasa penjajahan dulu. Bagi pria, gunakan kemeja putih lalu ditutup dengan jas berwarna gelap. Sebagai ikat pinggang, gunakan kain atau sarung yang digulung. Sedangkan, untuk hiasan kepala gunakan kopiah. Nah, untuk meningkatkan penampilan, bawa senjata semacam badik yang diselipkan di ikat pinggang. Sedangkan, perempuan Betawiakan mengenakan baju kurung dengan pilihan warna yang cerah-cerah, kain batik sebagai bawahan dan selendang juga kerudung yang senada. Sebagai hiasan, gunakan perhiasan emas seperti kalung, gelang, maupun cincin.
  • Pakaian adat untuk pernikahan

Pernikahan merupakan acara yang sacral. Untuk menghormati nilai-nilai leluhur yang tertanam didalamnya, masyarakat Betawi menggunakan pakaian adat yang mencerminkan banyak budaya pembentuk Betawi. Contohnya, pakaian untuk menikah bagi pria adalah jubbah merah berukuran besar yang penuh dengan hiasan berwarna emas. Penutup kepalanya terbuat dari sorban yang kemudian digantungkan rangkaian bunga melati.
Sedangkan, Pakaian adat DKI Jakarta untuk wanita saat menikah adalah blus dengan warna cerah dan berbahan satin untuk atasan, sedangkan roknya berwarna gelap atau sering juga digunakan rok kun. Kemudian, hiasan kepalanya adalah kembang goyang bermotif burung, sanggul palsu, cadar yang menutupi wajah dan hiasan yang terbuat dari rangkaian bunga melati.
gambar pakaian adat dki jakarta
gambar pakaian adat dki jakarta
Itulah pakaian-pakaian adat DKI Jakarta dan keunikannya yang digunakan di wilayah DKI Jakarta. Pakaian ini tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Betawi yang juga merupakan campuran dari berbagai macam kebudayaan, lokal maupun asing seperti Arab dan Cina.

Daftar Nama Pakaian Adat Betawi DKI Jakarta

  1. BAJU SADARIAH
  2. BAJU UJUNG SERONG
  3. DANDANAN CERE HAJI
  4. CARE NONE PENGANTIN CINE


Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon