Pakaian Adat Jambi : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

Indonesia merupakan sebuah Negara yang memiliki beragam suku. Dengan berbagai suku ini, tentunya Indonesia juga memiliki beragam kebudayaan yang unik dan menarik. Mulai dari tarian, adat istiadat, musik, dan juga pakaian. Seluruh suku di Indonesia memiliki ciir khasnya masing-masing.
Jika Anda tertarik untuk menguliknya satu persatu, maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama karena banyaknya suku yang ada di Negara ini. Salah satu yang menarik adalah Jambi. Anda bisa melihat beberapa pakaian adat Jambi yang unik dan menggambarkan ciri khas daerah dari suku tersebut. Apa nama dari baju adat Jambi? Apa saja yang dikenakan orang-orang Jambi? Berikut ulasan singkatnya.

Mengenal Nama Pakaian Adat Jambi

Untuk nama pakaian adat Jambi, ada beberapa jenis yang ada. Dari segi fungsinya, Jambi memilki dua jenis pakaian adat yakni pakaian adat sehari-hari dan pakaian adat resmi yang biasa dikenakan dalam acara-acara tertentu. Untuk pakaian sehari-hari, biasanya suku Jambi akan mengenakan pakaian yang lebih sederhana dan tidak mencolok dibandingkan dengan pakaian resminya.
Untuk pria, biasanya akan mengenakan celana hitam yang memiliki model melebar pada bagian betis dan dilengkapi dengan penutup kepala kopiah. Sedangkan untuk wanita, biasanya memiliki ciri khas yakni pakaian tanpa lengan.
Pakaian Adat Jambi
Pakaian Adat Jambi
Untuk baju adat Jambi anak sebenarnya tidak jah berbeda dengan baju adat dewasa. Yang membedakannya hanyalah beberapa sentuhan dan warna-warna yang biasanya disesuaikan dengan usia anak-anak.

Pakaian Adat Jambi Anak

jual pakaian adat jambi anak-anak
Pada pakaian adat sehari-hari memang tidak terlalu terlihat perbedaan yang mencolok, keduanya hampir sama. Perbedaan yang lebih mencolok biasanya terlihat pada pakaian adat resmi yang memiliki sentuhan warna dan aksesoris yang berbeda-beda.

Keunikan Pakaian Adat Jambi

Setelah sedikit mengenala pakaian adat sehari-hari, kini saatnya Anda mengentahui pakaian adat resmi Jambi yang kental dengan sentuhan Melayu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah nama pakaian adat asal Jambi dan keunikan pakaian adat Jambi yang biasa dikenakan pada acara-acara adat atau acara resmi di Jambi:
  • Pakaian Adat Jambi Wanita
Untuk baju adat Jambi wanita biasanya sangat terkenal dengan baju kurung. Baju jenis ini merupakan baju adat yang terbuat dari kain beludru. Lalu, biasanya akan dilengkapi dengan slenedang, ikat pinggang, teratai dada atau tutup dada, dan juga pending. Pada bagian bawah, seorang wanita biasanya akan mengenakan selendang dan sarung songket berwarna merah yang ditenun dari benang sutra. Tak lupa sandal selop sebagai alas kaki. Untuk wanita Jambi biasanya akan menggunakan penutup kepala atau mahkota sebagai perhiasan kepala. Mahkota ini bernama pesangkon yang memiliki warna kuning dan berbentuk seperti duri pandan.
Pakaian Adat Jambi Wanita
Pakaian Adat Jambi Wanita
Sebagai pelengkap bajuadat Jambi modern, wanita Jambi juga akan dilengkapi dengan  beberapa perhiasan yang sangat khas. Adapun beberapa aksesoris yang disematkan seperti, gelang, anting, cincin, dan juga kalung. Untuk gelang terdiri dari gelang tangan dan gelang kaki.
Gelang tangan memiliki 4 jenis, seperti gelang buku beban, gelang kano, gelang kilat bahu, dan juga gelang ceper. Sedangkan untuk gelang kaki, terdiri dari gelang ular melingkar dan juga gelang nago betapo. Untuk bagian anting dan cicin, masing-masing terdiri dari dua jenis. Lalu, akan ada tiga jenis kalung yang akan dikenanakan, yakni kalung rantai Sembilan, kalung jayo, dan juga kalung tapak.
Belakangan ini, jenis pakaian yang satu ini biasanya dikenakan pada saat upacara pernikahan. Yang menjadi ciri khas pakaian adat ini adalah warna dan sentuhan kain songket yang khas. Gambar pakaian adat Jambi biasanya didominasi dengan warna merah dan emas.
Warna merah lebih dominan pada pakaian, sedangkan warna emas berasal dari aksesoris dan aksen pelengkap. Tak jarang, untuk pengantin wanita akan diberikan rangakain bunga berawarna putih dengan bunga mawar merah yang disematkan pada bagian belakang telingan sebelah kanan.
  • Pakaian Adat Jambi Pria
Setelah mengetahui pakaian adat Jambi untuk wanita, belum lengkap jika Anda masih belum mengenal pakaian adat untuk pria Jambi. Sebenarnya, pakaian yang digunakan tidak berbeda jauh dengan wanita. Pada pakaian pria biasanya juga menggunakan baju kurung tanggung dengan lengan yang berukuran tanggung. Baju kurung untuk pria memiliki panjang lengan yang hanya sampai siku. Oleh sebab itu, baju kurung pria dikenal sebagai baju kurung tanggung.
Di balik modelnya ini ternyata memiliki makna tersendiri. Dengan pakaian lengan tanggung, diharapkan bahawa pria Jambi akan lebih cekatan dan tangkas saat bekerja. Sama halnya dengan baju kurung wanita, baju kurung tanggung ini juga terbuat dari bahan bludru dengan sentuhan tambahan dari benang emas yang membentuk motif kembang bertabur, melayi, pucuk rebung dan juga kembang berangkai. Ternyata penggunaan benang emas ini bukan tanpa alasan. Warna emas dilambangkan sebagai kesuburan dan kekayaan.
Pakaian Adat Jambi Pria
Pakaian Adat Jambi Pria
Baju adat Jambi pria juga dilengkapi dengan beberapa perhiasan dengan sentuhan yang senada dengan yang dimiliki oleh wanita. Jika wanita jambi mengenakan pesangkon, maka pria Jambi akan mengenakan lacak sebagai penutup kepala. Lacak ini terbuat dari kain bludru merah yang sama dengan baju kurung yang digunakan. Bentuknya harus tegak sehingga dimasukin kertas karton. Lecak ini juga dilengkapi dengan flora yang merupakan bungo runic dan tali runci. Sedangkan untuk alas kaki tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki wanita, yakni sandal selop berwaran hitam. Jika disandingkan sebenarnya tidak jauh berbeda antara pakaian wanita dan pria. Yang membedakannya hanyalah sentuhan aksesoris yang digunakan.
Tak hanya hiasan pada kepala, pakaian adat Jambi untuk laki-laki juga dilengkapi dengan beberapa aksesoris lainnya. Pada bagian pinggang akan disematkan selendang dengan rumbai-rumbai pada bagian ujung dan disatukan dengan pending yang merupakan rantai dari logam sebagai sabuk pengikat. Lalu, sebuah keris juga akan disematkan pada bagian perut yang merupakan simbol dari kebesaran. Tak hanya wanita yang mengenakan gelang, ternyata pria Jambi juga memiliki gelang sebagai pelengkap  yang bernama gelang kilat bahu. Gelang ini merupakan gelang golam yang memiliki lukisan naga kuning. Sentuhan naga kuning ini memiliki makna bahwa sang pria sudah diberi kekuasaan, maka jangan diganggu.
Dari penjelasan ini, tentunya Anda sudah sedikit mengenal dan memiliki gambaran tentang pakaian adat Jambi dan kedepannya pula kami akan membahas rumah adat Jambi. Selain itu, Anda juga sudah mengenal nama pakaian adat asal Jambi yang satu ini. Baju kurung merupakan sebuah pakaia adat Jambi yang dikenakan baik untuk pria maupun wanita. Namun, keduanya memiliki perbedaan bentuk seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Biasanya pakaian adat Jambi memiliki warna merah sebagai dominasi warna dasar dan sentuhan warna emas sebagai aksesoris atau sentuhan pada pakaian. Selain merah, Anda juga bisa menemukan perpaduan warna merah muda dan hijau muda untuk pakaian adat dari Jambi. Sebenarnya, seiring waktu pakaian adat Jambi memiliki warna yang lebih bervariasi namun tidak meninggalkan aksesories logam emas yang memiliki makna tersendiri.






Mungkin Yang Kamu Cari: