Pakaian Adat Kalimantan Tengah : Gambar, Keunikan dan Penjelasannya secara lengkap

Pakaian Adat Kalimantan Tengah – Indonesia terkenal memiliki berbagai suku yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Ada etnis Jawa, Sunda, Bugis, Batak, Bali, Flores, Batak, Madura, Melayu, Banjar dan masih banyak lainnya. Salah satu etnis yang besar adalah etnis Dayak yang berada di provinsi Kalimantan Tengah.
Kalimantan tengah yang bersuku Dayak, memiliki beberap sub etnis yang salah satunya adalah suku Dayak Ngaju, suku ini mrupakan suku terbesar. Lain suku lain pula adat istiadat yang ada di dalamnya. Pastinya berbeda dari rumah adat, makanan khas, pakaian adat dan masih banyak lagi. Pada artikel ini kita akan membahas tentang pakaian adat Kalimantan Tengah.

Nama Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Suku dayak yang berada di Kalimantan Tengah memiliki berbagai pakaian adat. Berikut adalah pakaian adat Kalimantan Tengah yang penting untuk Anda ketahui:
  1. Baju Pawang

Baju pawang adalah salah satu pakaian adat yang berasal dari Kalimantan Tengah.Baju ini terbuat dari serat kayau atau serat tumbuhan khusus yang dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki ilmu magis.Baju pawing ini dihiasi dengan berbagai manik-manik dan rumbai-rumbai benang. Biasanya baju pawing ini digunakan oleh seorang ulama yang dipakai ketika memanjatkan doa untuk mendatangkan hujan, meminta perlindungan jika ada roh jahat dan ketika mengobati atau menyembuhkan orang sakit.

  1. Baju Sangkarut

Berbeda dengan baju pawang, baju sangkarut terbuat dari serat daun nenas, serat daun lemba dan serat nyamu.Selain itu, baju sangkarut ini juga dihiasi sulau atau kulit kerang, yang pada akhirnya banyak orang yang menyebut baju sangkarut adalag baju sulau, dikarenakan itu tadi baju yang sudah jadi di hiasi oleh sulau atau kulit kerang.Baju sangkarut ini banyak digunakan pada zaman dahulu ketika suku Dayak berperang, karena baju ini merupakan baju perang.Selain digunakan sebagai baju perang, baju ini juga digunakan untuk acara pernikahan adat Kalimantan Tengah.
  1. Baju Tenunan

Baju tenun yang ada di suku Dayah provinsi Kalimantan Tengah menunjukkan bahwa di sana terdapat tradisi tenun seperti di suku lain. Bahan tuntuk membuat baju tenun adalah serat tumbuhan seperti serat nenas, serat nyamu dan beberapa serat tumbuhan yang lain. Bahan untuk membuat baju tenun hampir sama dengan bahan untuk membuat baju sangkarut. Baju tenun dari suku dayak provinsi Kalimantan Tengah ini banyak digunakan untuk pakaian sehari-hari dari warga suku dayak.

  1. Baju Berantai

Sama-sama dari suku dayak dan baju perang tetapi baju berantai ini berbeda dengan baju sangkarut. Meskipun keduanya mempunyai kegunaan yang sama. Baju berantai berantai terbuat dari besi-besi, namun baju ini sudah banyak tercampur dengan pengaruh budaya luar, karena mengingat baju perang yang terbuat dari besi biasanya adalah baju perang zaman dahulu.
  1. Baju Anyaman Tikar

Baju anyaman tikar merupakan salah satu baju perang yang berasal dari suku dayak. Berbeda dengan baju perang yang lain, baju anyaman tikar ini terbuat dari serat kayu dan dilapisi hiasan tulang belulang, ukiran kayu atau pun kerang.
Nama Pakaian Adat Kalimantan Tengah
Memiliki banyak pakaian adat dari berbagai bahan yang digunakan maupun fungsi yang berbeda. Pastilah pakaian adat Kalimantan Tengah memiliki keunikan yang berbeda dari daerah lain. Mulai dari bahan, corak dan keunikan dalam setiap untaian benang dan hiasan apa saja yang menepel pada pakaian adat. Keunikan dan keaslian dari pakaian adat Kalimantan Tengah harus selalu dilestarikan agar tak tergurus oleh zaman.
Paling Sering Dicari:
  • Nama baju adat kalimantan
  • pakaian adat kalimantan tengah
  • nama pakaian adat kalimantan tengah
  • Baju adat dayak kalteng
  • baju adat kalimantan tengah
  • nama pakaian adat kalimantan tengsh
  • nama bajuk adat dari kalimantan tengah
  • foto prili pakai baju adat kalteng
  • foto pakaian adat kalimantan tengah
  • serat tumbuhan yang ada di kalimantan tengah




Mungkin Yang Kamu Cari:


EmoticonEmoticon