√ Lengkap Alat Musik Tradisional Palembang Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Palembang

Berikut ini yakni sebagian nama alat musik tradisional Palembang yang memang masih ditemukan di tempat-tempat lokal SumSel, di Indonesia sendiri ada sebagian alat musik yang telah bercampur dengan kultur luar seperti alat musik tradisional Sumatera Selatan accordion yang juga termasuk berasal dari kultur luar.

1. Burdah / Gendang Oku

alat musik gendang oku
Gambar alat musik gendang oku
Burdah atau Oku mempunyai wujud yang menyerupai gendang tetapu dengan ukuran yang cukup besar jika diperbandingkan gendang umum. Alat musik tradisional dari Palembang ini terbuat dari kulit binatang dan kayu nangka sebagai tubuhnya jadi seandainya dibayangkan memang wujud dan ukurannya lebih besar dibanding gendang umum.
Asal mula kata Oku diyakini berasal dari sebutan untuk alat musik masyarakat Ogan Komering Ulu yang disingkat menjadi “OKU” karenanya dari itu alat musik ini juga disebut alat musik Oku oleh masyarakat.

Baca Juga:

√ Artikel Alat Musik Tradisional Bengkulu Beserta Gambarnya


Memainkan Alat Musik Burdah / Oku

Burdah Oku tak jarang dimainkan dalam acara-acara adat lokal sebagai alat musik ritmis (nada yang diciptakan untuk pengiring musik utama dan mengendalikan tempo). Khususnya jika tempat yang mengadakan acara pernikahan tersebut memakai adat daerah, jika demikian harusnya Oku digunakan sebagai pelengkap acaranya, Oku juga dapat digunakan untuk mengiringi pergerakan pencat silat.

2. Tenun

alat musik tenun
Gambar alat musik tenun
Tenun ialah alat musik tradisional dari palembang yang terbuat dari kayu dan formatnya berbentuk persegi panjang, komponen tengah dari Tenun berbentuk seperti ornamen segitiga yang apabila dipukul nantinya akan mengeluarkan suara tertentu, bukan melodi. Alat musik tenun lazim bisa kita saksikan pada acara-acara hiburan.
Alat musik ini pertama dinamakan Tenun sebab dulunya dimainkan pada dikala masyarakat yang sedang bekerja menenun kain (para wanita). Alat musik ini juga dimainkan karena mereka bosan dan ingin menghibur diri mereka ditengah-tengah aktivitas profesi menenun kain.
Sistem memainkan Tenun adalah dengan cara dipukul dengan memakai kayu pada komponen tertentu yang menghasilkan nada

3. Genggong

alat musik genggong basemah
Gambar alat musik genggong basemah
Genggong diyakini adalah alat musik tradisional dari kota Pagar Alam, alat musik Genggong unik karena bunyi yang dihasilkan seperti harmonika meski formatnya nampak meragukan. Genggong terbuat dari bambu, kayu atau logam tergantung dari pembuatnya.
Dulu alat musik Genggong dimainkan para petani yang sedang beristirahat dikala aktifitasnya disawah, supaya tak jenuh masyarakat membawa Genggong sebagai penghibur diri. Genggong juga terkadang dimainkan oleh penduduk di Besemah untuk meghibur diri dari sepi dan jenuh.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Batak Sumatra Utara Beserta Gambarnya


Memainkan Genggong

Untuk memainkan alat musik tradisional khas palembang yang satu ini, pemain menggunakan mulutnya untuk merubah nada yang ada di genggong menjadi sebuah irama. Cantik atau tidaknya bunyi yang dihasilkan adalah murni keahlian dari pemainnya, disitulah letak keseruan bermain alat musik Genggong.
Tetapi anda sepatutnya ingat, sebab alat musik tradisional ini dimainkan dengan mulut kita, jangan lupa untuk membawa lap atau tisu sebab ditakutkan akan ada air liur yang keluar dikala memainkan, mungkin untuk yang telah terbiasa memainkannya tak perlu.