√ Artikel Alat Musik Tradisional Bengkulu Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Bengkulu dan Penjelasannya

Selain wisata alam Pantai Pasir Putih, Bengkulu memiliki kisah sejarah yang cukup menarik untuk didengar. Sebuah kisah menjelaskan tentang Bengkulu pada masa penjajahan selain artefak kuno-nya, adalah tempat Bung Karno dulu diasingkan pada masa pemerintahan kolonial Belanda.
Jika anda berencana untuk pergi ke kota ini, bawalah batik besureknya yang memiliki pola yang khas Rafflessia arnoldi atau makanan khas daerah tersebut. Jika anda tertarik bawalah sebuah alat musik tradisional yang bisa menemani waktu luang anda.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan Beserta Gambarnya


1. Dol / Doli

alat musik dol
Gambar alat musik dol
Alat musik tradisional dari Bengkulu ini bernama Dol. Sebuah alat musik tradisional yang memiliki sejarah cukup sakral dan dimainkan dengan cara dipukul. Pada zaman dulu, Dol merupakan alat musik tradisional yang dimainkan hanya pada saat perayaan Tabot, dalam rangka mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW.
Orang yang memainkan Dol (penabuh) juga bukanlah orang yang sembarangan melainkan keturunan dari Tabot itu sendiri, seorang warga Bengkulu yang memiliki darah keturunan India (mereka menyebutnya Sipai).

Cara Memainkan Dol

Dol memiliki 3 buah teknik dasar yang hingga sekarang bisa kita pelajari, yakni: Suwena, Tamatam, dan Suawri yang penggunaannya tergantung dari keperluannya. Suwena digunakan ketika suasana sedang berduka cita, Tamatam saat suasana sedang riang gembira dan Suwari untuk penyemangat.
Ritme, tempo yang konstan dan lambat juga mempengaruhi performa dari permarinan Dol di Bengkulu. Dalam sebuah pementasan Dol, digunakan pula alat musik lain yang digunakan untuk mengiringi seperti Tassa, serunai dan lainnya.

2. Rebana Kerincing / Tassa / Tasa

alat musik rebana kerincing
Gambar alat musik rebana kerincing
Nama asli dari alat musik tradisional ini adalah Tasa / Tassa, namun beberapa golongan menyebutnya rebana kerincing. Alat musik ini terbuat dari logam seperti tembaga, besi atau aluminium dan nanti permukaannya ditutupi dengan kulit binatang yang telah dikeringkan (umumnya kambing). Sesuai namanya, alat musik ini memang berbentuk seperti rebana, dan dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional Bengkulu lainnya.

3. Redap

alat musik redap
Gambar alat musik redap
Radap adalah alat musik tradisional Bengkulu yang terbuat dari bahan seperti gendang yakni kayu, rotan dan kulit binatang. Redap juga memiliki bentuk seperti rebana dan termasuk alat musik yang cukup lama karena keberadaannya lebih dulu ada dibandingkan alat musik Dol.
Redap dimainkan dengan cara dipukul pada bagian kulit binatangnya, alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringin acara-acara daerah sepert kesenian Safaral Anam yang nantinya Redap akan dikolaborasikan dengan Serunai dan Gendang Panjang.

4. Gendang Panjang

alat musik gendang panjang
Gambar alat musik gendang panjang
Gendang Panjang terbuat dari kayu dan kulit binatang, seperti gendang pada umumnya rotan juga termasuk dalam bahan pembuatannya. Gendang panjang berbentuk silindris dengan kepala ganda (bagian yang dipukul). Gendang Panjang biasanya dipadukan dengan alat musik tradisional Bengkulu lainnya pada saat acara adat, seperti pernikahan atau penyambutan tamu penting yang datang.
Gandang panjang juga termasuk kedalam instrumen yang dibunyikan menggunakan telapak tangan untuk mengatur ritme dan irama yang dihasilkan. Teknik pemukulan yang dilakukan pemain juga menentukan bagus atau tidaknya irama yang dihasilkan dari Gendang Panjang ini. Kesulitannya juga bertambah ketika anda harus mengetahui bahwa Gendang ini memiliki 2 sisi yang ukurannya berbeda.

5. Harmonium

alat musik harmonium
Gambar alat musik harmonium
Harmonium adalah sebuah alat musik yang terbuat dari logam, kayu, kulit dan kawat. Alat musik ini berbentuk seperti orgel kecil dan untuk memainkannya, anda cukup menekan tombol yang akan bergetar karena angin terpompa
Harmonium merupakan bagian dari kesenian orkese gambus dan biasanya dimainkan dengan alat musik biola dan rebab.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Papua Barat Beserta Gambarnya


6. Kulintang / Kolintang

alat musik kulintnag
Gambar alat musik kulintnag
Kulintang Bengkulu merupakan alat musik tradisional yang bentuknya sama seperti Kolintang, yakni barisan gong-gong kecil yang tersusun rapi mendatar dalam sebuah wadah yang terbuat dari Kayu. Kulintang biasanya dimainkan bersamaan dengan gong dan alat musik modern.