√ Lengkap Alat Musik Tradisional Papua Barat Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Papua Barat

Papua Barat juga memiliki wisata alam yang “eskotis” dan menjadi salat satu daya tarik para pendatang untuk mengunjungi Provinsi ini, salah satunya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Tapi kali ini kita akan membahas seputar kesenian lokal dan segala yang berhubungan dengan alat musik tradisional dari Papua Barat.

Baca Juga:

√ Artikel Umbut Rotan Kuliner Tradisional Kalimantan Tengah


1. Guoto

alat musik guoto
Gambar alat musik guoto
Alat musik tradisional Papua Barat Guoto adalah alat musik tradisional Papua Barat yang dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawai / senarnya. Permainan musik semacam ini tentunya menjadi daya tarik terendiri bagi pada tamu asing karena sangat jarang bisa kita saksikan memainkan Guoto. Alat musik tradisional ini terbuat dari kayu dan senar, serta kulit binatang lembu.

2. Yi

alat musik yi
Gambar alat musik yi
Alat musik tradisional Papua Barat ini terbuat dari kayu dan bambu, dengan cara memainkannya dengan cara dipukul sekeras mungkin. Yi dulunya digunakan oleh masyarakat Papua Barat untuk memanggil penduduk jikalau ada informasi yang penting ingin disampaikan. Seiring berjalannya waktu, Yi kini juga digunakan untuk mengiringi seni tari-tarian daerah tersebut.
Pada saat memanggil penduduk, biasanya Yi digunakan oleh ketua setempat yang hendak menyampaikan informasi tersebut kepada masyarakatnya. Yi dibuat dari kayu gelondongan dengan bagian dalamnya berrongga.

Baca Juga:

√ Artikel Tari Manasai dari Kalimantan Tengah


3. Triton

alat musik triton
Gambar alat musik triton
Sekilas bila kita mendengar nama alat musik tradisional dari Papua “Triton” seperti tidak asing, Triton memang merupakan nama suatu wilayah (sebuah teluk lebih tepatnya) yang “katanya” memiliki keindahan hayati yang lebih indah dari Raja Ampat.
Triton merupakan alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini terdapat di seluruh pantai, terutama di distrik Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama, serta kepulauan Raja Amat. Awalnya, Triton ini hanya digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai pemanggil / pemberi tanda. Triton juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan dan perlengkapan musik tradisional.

4. Krombi

alat musik krombi
Gambar alat musik krombi
Alat musik ini terbuat dari bambu. Krombi adalah salah 1 alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian pada pesta adat masyarakat Papua. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan menggunakan sebuah kayu kecil lalu diketuk-ketuk pada bambu tersebut..

Related Posts

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Papua Barat Beserta Gambarnya
4/ 5
Oleh