√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Gendang

Cara Memainkan Alat Musik Gendang

Adapun beberapa cara memainkan alat musik gendang yang satu ini adalah dengan cara berikut:
  1. Hal Pertama yang harus kita lakukan dalam bermain alat musik gendang adalah dengan meletakan tangan kanan di bagian gendang yang berukuran kecil, sedangkan tangan kiri di letakan di bagian gendang yang berukuran lebih besar. Buat senyaman mungkin dan jangan terlalu tegang/ragu karena dapat mempengaruhi dalam permainan Anda sendiri.
  2. Untuk tangan yang bagian kanan cara memukulnya lebih menggunakan jari telunjuk dan jari manis di bagian badan gendang. Buatlah ketukan sesuai dengan lagu yang di mainkan. Untuk mengetahui sebuah ketukan di dalam lagu hal yang harus dilakukan adalah dengan menghayatinya terlebih dahulu dan mengingat ketukan tersebut lalu menunagkannya dalam permainan yang anda mainkan sendiri
  3. Untuk tangan yang bagian kiri cara memukulnya-pun berbeda, Memukulnya dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari manis diikuti menggunakan tangan bagian dalam sebagai perpaduan musik yang Anda mainkan.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Maluku Utara Beserta Gambarnya



 

Cara memainkan alat musik gendang yang di atas adalah penjelasan tata cara memainkan alat musik gendang yang baik, yang mana biasa Anda pelajari di rumah atau dimanapun Anda bermain. Di daerah Jawa sendiri mempunyai alat musik gendang yang biasa di sebut juga dengan kendang yang mana sudah sering di pakai dan di mainkan pada jaman kerajaan.

Perkembangaan Alat Musik Gendang

Perkembangaan alat musik gendang kini tidak hanya di nikmati olah kalangan-kalangan menengah ke atas saja gendang sekarang bisa di mainkan dan di nikmati oleh siapa saja dan biasa populer dalam musik seperti dangdut yang biasa di pertunjukan dalam sebuah acara, gendang memang sangat enak di dengarkan membuat siapa saja yang ingin menikmatinya.

Jenis-Jenis Alat Musik Gendang

  1. Gendang yang berukuran kecil biasa disebut ketipung
  2. Gendang yang yang berukuran sedang biasa disebut dengan ciblon/kebar,
  3. Gendang gedhe, Biasa nya digunakan berpasangan dengan ketipung yang biasa di sebut juga gendang kalih.

Baca Juga:

√ Artikel Alat Musik Tradisional Bengkulu Beserta Gambarnya


 

Gendang kalih ini sering dimainkan dengan diikuti irama atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk landrang irama dadi dan kethuk kalih. Bisa juga dimainkan dengan cara cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi gendang yang khas nya yaitu biasa di sebut gendhang kosek.
Gendang kebanyakan dimainkan oleh para pemain gamelan yang sudah profesionalyang sudah lama menyelami khas budaya jawa. Gendang kebanyakan di mainkan sesuai pikiran penggendang sehingga apabila dimainkan oleh satu orang dengan orang lain maka akan berbeda nuansanya(suasanya).