√ Lengkap Alat Musik Tradisional Maluku Utara Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Maluku Utara

Mayoritas masyarakat di Maluku Utara merupakan kumpulan dari beragam Suku. Mulai dari Suku Buli, Suku Maba, Suku Patani, Suku Sawai, Suku Weda dan lain-lainnya. Maka jangan heran ketika anda mungkin pernah mendengar alat musik tradisional Maluku Utara Fu, karena ada kemungkinan seperti itu.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Papua Barat Beserta Gambarnya


1. Bambu Hitada

alat musik bambu hitada
Gambar alat musik bambu hitada
Bambu Hitada adalah salah satu kesenian musik dari Maluku Utara. Kesenian musik ini dimainkan secara kelompok dengan menggunakan alat musik khas Maluku Utara yang lainnya. Bambu Hitada juga cukup terkenal di daerah maluku Utara terutama masyarakat Halmahera. Kesenian lokal ini juga sering ditampilkan dalam berbagai macam acara adat.
Musik Bambu Hitada diyakini berasal dari kebiasaan masyarakat Maluku Utara pada zaman dulu yang hidup berdampingan langsung dengan alam. Bertahan hidup membuat mereka terinspirasi untuk menciptakan sesuatu dan salah satunya adalah kesenian musik Bambu Hitada ini.

Menuruf informasi yang saya dapatkan, bagi masyarakat khususnya di Halmahera musik Bambu Hitada dulunya tidak hanya digunakan sebagai hiburan saja namun juga sebagai sarana komunikasi dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Namun itu hanyalah kebiasaan masyarakat pada zaman dulu dan menggunakan syair-syair yang mereka nyanyikan untuk berkomunikasi kepada leluhur mereka.
Dalam sebuah permainan musik Bambu Hitada, fungsi dari masing-masing alat musik berbeda-beda seperti dalam sebuah grup musik umumnya. Untuk alat musik bambunya sendiri dimainkan dengan cara dihentakkan kebawah bergantian dengan bambu-bambu yang lain. Tanah/Lantai yang dipukul atau bagian bawah bambu haruslah dilapisi dengan karung goni agar tidak merusak lantai dan menstabilkan suara yang dihasilkan.

2. Cikir

alat musik cikir
Gambar alat musik cikir
Cikir adalah alat musik tradisional Maluku Utara yang terbuat dari batok kelapa dan biji-bijian, biasanya yang digunakan adalah biji kacang hijau kering dan dimainkan dengan cara digoyang-goyang seperti alat musik modern marakas.
Cikir biasanya digunakan sebagai pengiring musik pada pertunjukkan musik Bambu Hitada (seperti yang tadi saya jelaskan diatas) di Halmahera. Dalam permainannya biasanya cikir hanya sebagai alat musik pelengkap saja tapi pemainnya terkadang membuat gerakan lucu sehingga menambah keseruan dari permainan musik tersebut.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional NTB Beserta Gambarnya


3. Leko Boko / Juk / Bijol

alat musik leko boko
Gambar alat musik leko boko
Pada daftar terakhir alat musik tradisioanl alat musik tradisional Maluku Utara adalah Leko Boko atau Juk. Alat musik tradisional ini adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik pada dawainya. Leko boko biasanya hanya memiliki 4 Dawai.
Fungsi dari Juk adalah sebagai pengiring musik Bambu Hitada, tetapi anda juga bisa menggunakannya sendiri sebagai penghibur dikala bosan atau ingin melatih kemampuan anda bermain, kenapa tidak?. Juk / Leko boko ini biasanya di kolaborasikan dengan alat musik tradisional lainnya.

Related Posts

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Maluku Utara Beserta Gambarnya
4/ 5
Oleh