√ Lengkap Alat Musik Tradisional Batak Sumatra Utara Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Batak

Jika mendengar kata “Batak” tentunya tak jauh dari nada bicara yang blak-blakan tegas dan menggunakan nada yang keras, apalagi untuk masyarakat Jawa yang baru mengenal mungkin akan sedikit canggung. Meskipun begitu kesenian mereka memang sangat sayang untuk kita lewatkan, terlebih jika anda memiliki teman dari etnis ini cobalah bertanya untuk menambah wawasan kita.

1. Oloan

alat musik tradisional batak oloan
Gambar alat musik tradisional batak oloan
Oloan merupakan salah satu alat musik tradisional suku Batak. Oloan dimainkan dengan cara dipukul, biasanya Oloan digunakan bersamaan dengan gung lainnya didalam ensambel yang sama dan menjadi grup kecil. Keempat gung ini memiliki peranan yang berbeda, memainkan Oloan tidak bisa asal-asalan karena suaranya yang cukup besar sehingga kita harus berhati-hati dalam mengambil tempo nada.

Baca Juga:

√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Bonang Yang Baik


2. Ihutan

alat musik tradisional batak ihutan
Gambar alat musik tradisional batak ihutan
Ihutan merupakan salah satu bagian dari ensambel musik yang saya sebutkan diatas. Ogung ihutan ini memiliki tugas sebagai pengiring nada dari Oloan, Ihutan memiliki nada yang lebih tinggi dibandingkan dengan Oloan. Ukuran mereka memang bervarisai tergantung dari fungsi dan penggunaannya.

3. Panggora

alat musik tradisional batak panggora
Gambar alat musik tradisional batak panggora
Dengan banyaknya “sub” etnis suku Batak, tiap-tiap dari mereka memiliki perangkat Ogungnya sendiri, sebelumnya ada Ihutan dan Oloan. Panggora juga merupakan Ogugn yang dimainkan untuk tujuan tertentu, bunyinya yang keras menggelegar mampu mengalahkan suara yang dihasilkan Ogung lain

4. Doal

alat musik tradisional batak doal
Gambar alat musik tradisional batak doal
Doal merupakan Ogung yang menghasilkan nada rendah, Ogung ini mampu menciptakan irama yang ritmenya konstan dan dapat diikuti dengan Ogung lainnya. Doal biasanya berperan sebagai penambah variasi bunyi, untuk membantu pemain dalam memainkan Ogung lainnya sehingga seakan-akan ada “acuan” yang bisa mereka ikuti.

5. Hesek

alat musik tradisional batak hesek
Gambar alat musik tradisional batak hesek
Alat musik tradisional suku Batak Toba selanjutnya adalah Hesek. Hesek merupakan alat musik yang digunakan sebagai instrumen pembawa tempo (sebagai ketukan dasar), alat musik ini terbuat dari pecahan logam besi yang tak jarang dipukul menggunakan botol. Hesek menghasilkan suara dari “mengadu” pecahan logam tadi, oleh karena itu Hesek dikategorikan sebagai alat musik idiophone .

Baca Juga:

√ 40 Alat Musik Tradisional yang Dipukul Beserta Gambarnya


6. Garantung

alat musik tradisional batak garantung
Gambar alat musik tradisional batak garantung
Garantung Batak umumnya memiliki 7 buah wilahan yang sengaja digantung di atas sebuah kotak resonatornya. Nama alat musik tradisional Batak yang satu ini memang cukup sering kita dengar jika berkunjung ke daerah lain. Garantung dimainkan dengan menggunakan 2 buah stik pemukul.
Masing-masing tangan memeganga 1 buah stik, teknik permainannya-pun berbeda-beda tergantung dari kelihaian si pemain. Umumnya Garantung dimainkan dengan menggunakan tangan kiri sebagai pembawa ritmenya. Garantung juga dapat dimasukkan kedalam kategori instrumen musik xylophone.

7. Gondang

alat musik tradisional batak gondang
Gambar alat musik tradisional batak gondang
Gondan adalah nama alat musik tradisional Batak Toba yang berupa sebuah gendang yang memiliki ukuran lebih besar dari Taganing (alat musik Batak Toba yang terdiri dari 5 buah gendang). Gondang berperan sebagai pembawa ritme dalam sebuah ensambel musik. Gondang sering dimanfaatkan sebagai “bass” dalam ensambel tersebut.

8. Taganing

alat musik tradisional batak taganing
Gambar alat musik tradisional batak taganing
Sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa Taganing adalah salah satu alat musik tradisional Batak Toba dan fungsinya adalah sebagai pembawa melodi dan ritme variable pada lagu yang dibawakan. Taganing diklasifikasikan kedalam kelompok membranophone karena dipukul pada bagian membrannya menggunakan stik pemukul.
Taganing merupakan sebuah set drum melodis yang terdiri dari 5 buah gendang yang digantung dalam sebuah rak. Bentuk dari Taganing mirip dengan Gondang namun lebih kecil. Gendang yang paling besar diletakkan paling kanan, dan urutannya semakin ke kiri semakin kecil berlaku juga dengan nada yang dihasilkan. Taganing biasanya dimainkan oleh 1 s/d 2 pemain.
Jika dibandingkan dengan Gondang yang konstan, Taganing lebih melodis. Dalam sebuah permainan musik, posisi Taganing bisa dibilang cukup penting karena posisinya yang bisa disimpulkan sebagai posisi “Dirigen” selain itu Taganing juga sangat indah jika dipadukan dengan melodi Serune.

9. Odap

alat musik tradisional batak odap
Gambar alat musik tradisional batak odap
Odap adalah alat musik tradisional Batak Toba yang termasuk dalam jenis instrumen musik membranophone. Odap merupakan sebuah gendang yang memiliki dua buah sisi yang berperan sebagai pembawa ritem, instrumen musik ini dimainkan untuk lagu-lagu tertentu dalam Gondang Sabangungan dan juga ketika pawai.

10. Sarune Bolon

alat musik tradisional batak sarune bolon
Gambar alat musik tradisional batak sarune bolon
Alat musik Sarune Bolon terbuat dari logam. Sarune Bolon memiliki 6 lubang nada yang berperan sebagai pembawa melodi, alat musik ini juga termasik bagian dari perangkat musik dalam kesenian Gondang Sabangunan yang dimainkan bersamaan dengan instrumen Taganing dan alat musik lainnya yang sudah saya sebutkan diatas.
Beberapa masyarakat Simalungun juga menggunakan alat musik Sarune bolon dalam bagian perangkat Gindrang Saparangguan. Sarune Bolon juga dimainkan bersamaan dengan Gondrang, Ogung dan lainnya pada saat upacara adat.

11. Sarune Bulu

alat musik tradisional batak sarune bulu
Gambar alat musik tradisional batak sarune bulu
Sarune bulu adalah alat musik tradisional Batak yang terbuat dari satu ruas bambu yang kedua ujungnya berlubang dan panjangnya 10 hingga 12 cm dengan diameternya 1 – 2 cm. Bambu tersebut dibuatkan lubang sebanyak 5 buah dengan ukuran yang berbeda. Pada pangkal ujung diletakkan sebuah reeds (lidah) dari bambu yang dicungkil bagian badannya sebagai alat penggetar, reeds tersebut dimasukkan kedalam batang Sarune dengan panjang lidahnya 5 cm.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan Beserta Gambarnya


12. Sulim

alat musik tradisional batak sulim
Gambar alat musik tradisional batak sulim
Sulim adalah alat musik tradisional Batak yang masih dalam keluarga flute atau suling. Alat musik Batak ini memiliki panjang yang berbeda-beda tergantung nada dasar yang ingin dihasilkan si pembuat Sulim. Sulim umumnya memiliki 6 lubang nada dengan jarak yang diukur secara seksama. Jika dilihat dari segi nada yang dihasilkan, Sulim dapat memainkan lagu yang bernada minor meskipun lebih cenderung memainkan nada  mayor.
Perbedaan antara Sulim dengan Suling biasanya adalah suara yang dihasilkan selalu bergetar karena adanya sebuah lubang yang sengaja dibuat untuk menghasilkan suara ini. Diameter lubang tersebut biasanya 1 cm atau lebih kecil, lubang ini ditutupi dengan membran berbahan plastik.