Artikel Candi Ijo Jogja Candi Yang menawan | Candi di Indonesia

Salah satu candi kecil yang juga cukup terkenal dan berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Candi Ijo. Candi Ijo Jogja memang ukurannya tidak terlalu besar namun keberadaannya sebagai salah satu candi Hindu peninggalan nenek moyang kita juga sangat penting.
Dan juga lokasinya yang berdekatan dengan beberapa candi lainnya menjadikannya juga menjadi salah satu candi yang banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta

Lokasi Candi Ijo Jogja


Bagi anda para wisatawan yang sedang berwisata di Yogyakarta khususnya jika sedang berkunjung ke Candi Prambanan, sebaiknya juga bisa mampir ke Candi Ijo Yogyakarta ini. Karena Candi Ijo lokasinya memang berada tidak jauh dari Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia.
Selain lokasinya yang dekat dengan Candi Prambanan, Candi Ijo ini lokasinya juga sangat dekat dengan Candi Boko atau Istana Ratu Boko yang diduga merupakan istana pusat pemerintahan kerajaan Mataram Kuno. Tepatnya lokasi Candi Ijo Jogja berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, daerah Istimewa Yogyakarta, dengan koordinatnya 7°46′32″LS 110°29′49″BT.

Baca Juga:

√ Artikel Tari Lengger Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah

 

Latar Belakang Pembangunan Candi Ijo Yogyakarta


Candi Ijo merupakan salah satu candi Hindu peninggalan Kerajaan Medang yang juga adalah bagian dari masa Kerajaan Mataram di Jawa. Diperkirakan oleh para ahli bahwa candi ini kemungkinan besar dibangun di masa antara abad ke-10 Masehi hingga abad ke -11 Masehi.

Kompleks Bangunan Candi Ijo Jogja


Dilihat dari secara struktur bangunannya, Candi Ijo merupakan sebuah kompleks bangunan candi yang terdiri dari lebih dari satu buah candi. Secara umum kompleks Candi Ijo ini terdiri dari candi utama, candi pengapit, dan juga candi perwara.

  • Candi Utama Candi Ijo Yogyakarta


Candi utama atau candi induk pada kompleks Candi Ijo berada di tengah kompleks. Wujudnya adalah sebuah candi yang ukurannya paling besar diantara bangunan candi lain di sekelilingnya. Bangunan candi induk menghadap ke arah barat. Bangunan candi utama berbentuk persegi empat yang berdiri di atas selasar atau kaki candi.
Di bagian sebelah barat terdapat sebuah pintu masuk yang berhiaskan pahatan atau relief Kala Makara di bagian atasnya. Dan di bagian sisi kanan dan kiri pintu candi terdapat sepasang relief yang menyerupai bentuk jendela. Dan di ketiga sisi lain candi utama terdapat masing-masing 3 buah relief berbentuk menyerupai jendela.
Bagian dalam candi utama adalah sebuah ruangan dengan patung sepasang Lingga dan Yoni pada bagian tengah ruangan. Patung Lingga dan Yoni yang disangga oleh seekor ular, diyakini merupakan manifestasi dari Dewa Shiwa dan Dewi Parwati istrinya. Tapi sayangnya patung Lingga sudah tidak ada lagi.
Bagian atap Candi Ijo Yogyakarta ini berundak-undak atau bertingkat. Masing-masing tingkat terdapat 3 buah stupa kecil, dengan sebuah stupa berukuran besar di puncak atapnya.
Candi Ijo Jogja - Candi Ijo Yogyakarta - Bagian Dalam Candi Induk
Candi Ijo - Bagian Dalam Candi Induk (foto: flicker.com)

  • Candi Apit Candi Ijo Jogja


Candi pengapit yang ada di kompleks Candi Ijo Yogyakarta ini terletak tepat di depan candi induk. Jumlah dari candi apit ini ada 3 buah yang diyakini sebagai manifdestasi dari ketiga dewa utama dalam kebudayaan Hindu yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Syiwa. Candi apit berdiri berjajar tepat di sebelah barat candi induk, dan posisinya masing-masing menghadap ke arah candi induk.

  • Candi Perwara


Pada kompleks percandian biasanya terdapat beberapa buah candi perwara. Candi perwara adalah bangunan candi yang berukuran sangat kecil dan biasanya dianggap sebagai candi penjaga yang kadang juga berfungsi sebagai tempat pemujaan. dan di kompleks Candi Ijo Yogyakarta ini ada beberapa candi perwara yang lokasinya sedikit lebih jauh dari candi induk, dan beberapa masih dalam proses pemugaran.
 
 
Candi Ijo Jogja - Candi Ijo Yogyakarta
Candi Ijo (foto: jogja.co)

Candi Ijo Yogyakarta - Tempat Wisata di Jogja


Candi Ijo Jogja adalah salah satu candi cantik yang wajib anda kunjungi saat berwisata ke Yogyakarta. Ada beberapa buah candi yang berada dalam satu area yang sangat berdekatan dengan Candi Ijo Yogyakarta ini. Beberapa candi yang lokasinya dekat dengan Candi Ijo ini diantaranya adalah Candi Prambanan, Candi Boko, Candi Plaosan, Candi Kalasan, Candi Sewu yang sangat terkenal dengan kisah legenda Roro Jonggrang, dan masih ada banyak candi lainnya di sekitar tempat ini.


EmoticonEmoticon