√ Artikel Tari Lengger Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah

Tari Lengger adalah salah satu tarian tradisional dari Jawa tengah yang di mainkan oleh seorang laki – laki dan seorang perempuan. Tarian ini merupakan pengembangan dari tarian sebelumnya yaitu tari Tayub. Tari Lengger juga merupakan salah satu tarian klasik yang sudah ada sejak jaman dahulu hingga sekarang .

Nama Tari Lengger di ambil dari kata “le” yang berarti anak laki – laki dan kata “ger“ yang berarti geger atau ramai. Karena banyaknya penonton laki – laki yang hadir dalam setiap pertunjukannya. Tarian ini dulunya dianggap negatif karena gerakan dan adegan dalam tarian ini dianggap mengundang birahi. Selain itu juga tidak jarang para penonton yang ikut menari sambil mabuk. Namun tarian ini telah berhasil di ubah oleh Sunan Kalijaga dan menjadikan tarian ini sebagai sarana dakwah dan disisipkan ajaran untuk selalu mengingat Tuhan. Sehingga banyak juga yang mengatakan nama lengger di ambil dari kata “eleng/eling” yang berarti ingat dan “ngger” yang berarti nak (sebutan untuk seorang anak). Sehingga dapat di artikan menjadi “ingatlah nak” yaitu seruan untuk menggingat pada kebaikan dan mengingat kebesaran Tuhan.
 
 
Gambar : Pertunjukan Tari Lengger
Dalam pertunjukannya, tarian ini biasanya dimainkan oleh dua orang  yaitu laki – laki dan perempuan. Dalam tarian ini terdapat beberapa babak, setiap babak biasanya dimainkan dalam waktu 10 menit. Keunikan dalam tarian ini juga terletak pada kostum penarinya, pada penari wanita biasanya menggunakan baju tradisional dengan selendang yang di gunakan untuk menari dan penari laki – laki tampil dengan menggunakan topeng. Dalam pertunjukannya, Tari Lengger biasanya di iringi musik seperti gambang, calung, saron, kendang, gong dan lain – lain.

Busana yang di gunakan dalam tarian ini, untuk penari wanita biasanya menggunakan kemben, kain jarit, mahkota, dan selendang, di padukan dengan tata rias yang nembuat penari terlihat cantik dan menawan. Untuk penari pria biasanya hanya menggunakan baju panjang atau rompi, celana setinggi lutut, kai jarit sepanjang paha, ikat kepala, dan topeng. Untuk topeng yang di gunakan biasanya menggambarkan tokoh yang mereka mainkan.
 
 

Gambar : Tari Lengger
Dalam perkembangannya, Tari Lengger ini masih menjadi tarian tradisional yang tetap dilestarikan di Jawa tengah. Tarian ini masih sering di tampilkan di beberapa tempat di Jawa tengah seperti di banyumas, wonosobo, dieng, dan lain – lain. Tari Lengger ini biasanya ditampilkan pada acara hajatan, hari besar, penyambutan tamu terhormat dan festival budaya di Jawa tengah.