8 Contoh Tari Kreasi Baru dari Berbagai Daerah di Indonesia

Tari kreasi baru merupakan tari klasik yng diaransemen ulang serta dikembangkan kembali sesuai perkembangan zaman, akan tetapi tetap mempertahankan nilai-nilai yng terkandung di dalamnya. Tari kreasi baru biasanya diciptakan oleh para pakar tari. Beberapa tari kreasi bisa kita lihat pada karya-karya Bagong Kusudiarjo serta Sauti. Nah, yang akan di sajikan kali ini merupakan beberapa semisal tari kreasi baru yang telah di sebutkan.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Palembang Beserta Gambarnya


1. Tari Nguri, Sumbawa
Tari Nguri merupakan semisal tari kreasi baru yng lahir dari lingkungan kerajaan Sumbawa. Tarian ini adalah tarian yng dipentaskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan menghibur. Era sang raja Sumbawa ditimpa kesulitan, tarian ini akan dimainkan para wanita istana bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi kedukaan sang raja. Tari nguri kini Suka dipertunjukan menjdai tarian penyambut tamu. Era mendapatkan kunjungan kerja dari pejabat terpandang dari Pusat, tari ini pasti akan dimainkan menjdai bentuk penghormatan.
Tari kuntulan merupakan semisal tari kreasi baru yng lahir di awal abad 20-an dari kebudayaan masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Gerakan pada tarian ini identik yang dengannya gerakan pencak silat bernuansa Islami lantaran memanglah terlahir di masa perjuangan kemerdekaan. Era ini tari kuntulan masih Suka dipentaskan pada acara-acara hajat ataupun era upacara hari besar nasional.
2. Tari Kuntulan, Pemalang 3. Tari Merak, Jawa Barat
Contoh tari kreasi baru selanjutnya merupakan tari merak. Tarian ini merupakan tari yng mengekspresikan keindahan burung merak. Berbagai gerakan di dalamnya diambil dari gerakan-gerakan burung merak wanita. Tarian ini diciptakan oleh Seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri pada pertengahan abad ke-19.
3. Tari Merak, Jawa Barat 4. Tari Rara Ngigel, Yogyakarta
Tari Rara Ngigel merupakan semisal tari kreasi baru yng diciptakan oleh Ida Wibowo, putri seniman tari kenamaan Bagong Kusudiarjo. Tarian yng bercerita tumbuhnya seorang gadis yng beranjak dewasa ini pula adalah semisal tari berpasangan, lantaran dalam pementasannya tarian ini diperagakan oleh sepasang pria serta wanita.
4. Tari Rara Ngigel, Yogyakarta 5. Tari Kupu-kupu, Bali
Tari kupu-kupu merupakan tari kreasi baru asal Bali yng mengekspresikan ke hidup-an kupu-kupu biru tua. Tarian ini telah Amat dikenal oleh masyarakat mancanegara lantaran Suka dipentaskan dalam festival-festival tari dunia. Dimainkan secara berkelompok oleh 5 orang wanita, tarian ini tampak begitu eksotis lantaran mengaplikasikan teknik gerakan gemulai serta pewarnaan eye catching pada busana yng dipakai.
5. Tari Kupu-kupu, Bali 6. Tari Manipuren, Jawa Tengah
Tari manipuren merupakan semisal tari kreasi baru yng dikembangkan dari koreografi serta gerakan tari Manipuri yng berasal dari daerah Manipur di India Timur. Tarian ini diciptakan oleh S. Maridi sesudah ia berkunjung ke India serta menyaksikan pola ke hidup-an gadis-gadis desa yng tinggal di sekitar sirkulasi sungai Gangga.
6. Tari Manipuren, Jawa Tengah 7. Tari Yapong, Jakarta
Contoh tari kreasi baru selanjutnya berasal dari Jakarta. Tari Yapong, begitu ia disebut, adalah tari yng sengaja diciptakan Bagong Kusudiarjo bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipentaskan dalam acara ulang tahun Jakarta yng ke 450 ataupun pada sekitar tahun 1977. Tarian yng mengekspresikan ke hidup-an masyarakat Betawi ini sampai-sampai kini masih Suka dipentaskan dalam acara serta kegiatan serupa.
7. Tari Yapong, Jakarta 8. Tari Manuk Rawa, Bali
Tari manuk rawa merupakan tari kreasi baru yng dikembangkan dari bagian sendratari Mahabarata dalam lakon Bale Sigale-gale. Tari yng diciptakan oleh koreografer I Wayan Dibia serta komposer I Wayan Beratha pada tahun 1981 ini menggambarkan ke hidup-an burung rawa khas cerita Wanaparwa dalam Epos Mahabrata.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Batak Sumatra Utara Beserta Gambarnya


8. Tari Manuk Rawa, Bali 9. Tari Garuda Nusantara, -
Contoh tari kreasi baru selanjutnya merupakan tarian yng bercerita keagungan, kegagahan, keindahan, serta kelincahan seekor burung garuda, lambang negara Indonesia. Tari Garuda Nusantara –begitu biasa disebut, merupakan tari yng sarat yang dengannya simbol ketegasan serta kewibawaan.
9. Tari Garuda Nusantara, - 10. Tari Banjar Kemuning, Jawa Timur
Tari Banjar Kemuning merupakan tari kreasi baru yng diciptakan oleh Agustinus, S.Sn lantaran terinspirasi dari ke hidup-an masyarakat sebuah desa di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur, Desa Banjar Kemuning. Tari Banjar kemuning mengekspresikan ke hidup-an istri-istri nelayan di desa itu. Ketegaran, kekuatan, serta keluesan menghadapi ke hidup-an yng susah era ditinggal suami berlayar tersirat terang dalam setiap gerakannya.
10. Tari Banjar Kemuning, Jawa Timur