Letak Kerajaan Tarumanegara, Lokasi, Pendiri, dan Petanya

Letak kerajaan Tarumanegara kini tidak jadi lagi perdebatan. Didasari bukti-bukti sejarah yng didapati, para ahli sepakat andai kerajaan Hindu pertama yng ada di Pulau Jawa ini berlokasi di area sekitar Jawa Barat (saat ini). Wilayah kekuasaannya meliputi Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan sebagian Jawa Tengah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih mengetahui secara lebih detail wacana letak Kerajaan Tarumanegara ini, beserta lokasi, ibukota, gambar, dan petanya, simak pemaparan kami yang akan di sajikan kali ini.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Batak Sumatra Utara Beserta Gambarnya

Letak Kerajaan Tarumanegara dan Ibu Kotanya

Semisal yng telah dijelaskan sebelumnya, letak kerajaan Tarumanegara merupakan wilayah di sekeliling Jawa Barat. Wilayah yang telah di sebutkan meluas seiring perkembangan kerajaan ini sesudah dipimpin oleh Raja Purnawarman. Raja Purnawarman –semisal yng dijelaskan dalam Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, dan beberapa prasasti lainnya- merupakan sosok raja yng Amat pandai berperang. Ia sukses melakukan ekspansi ataupun perluasan wilayah yang dengannya melakukan perang dan penaklukan terhadap Kerajaan Salakanagara yng sebelumnya pula ikut berkuasa di tanah Sunda. Melalui ekspansi itu, wilayah dan letak Kerajaan Tarumanegara makin meluas malah sampai-sampai daerah Jakarta (Tanjung Priok) dan Banten. Wilayah dan letak kerajaan Tarumanegara yang telah di sebutkan semisal dijelaskan pada gambar peta di bawah ini.
Peta Kerajaan Tarumanegara

Letak Ibukota Kerajaan Tarumanegara

Terkait yang dengannya ibu kota kerajaan, Tarumanegara berpusat di daerah Sundapura ataupun yng kini kita kenal yang dengannya nama Bekasi. Kesimpulan ini didasari oleh isi prasasti Muara Cianteun yng menyatakan andai pusat kerajaan sudah beralih pada masa kekuasaan Raja Suryawarman, yng tidak lain merupakan Raja ke 7 dari kerajaan Tarumanegara.

Pendiri dan Silsilah Kerajaan Tarumanegara

Didasari naskah Wangsakerta, pendiri dan silsilah kerajaan Tarumanegara diketahui. Ya, berawal dari sebuah kerajaan kecil bagian dari Kerajaan Sakalapura, Jayasingawarman sukses memberontak dan membangun kerajaannya sendiri. Ia lah yng menjadi pendiri Kerajaan Tarumanegara. Secara turun-temurun, ia lantas mewariskan tahtanya pada anak, cucu, dan keturunannya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya, silsilah kerajaan Tarumanegara diurutkan melalu numbering yang akan di sajikan kali ini:


  1. Raja Jayasingawarman (358 M - 382 M.), ayah dari – Pendiri Kerajaan Tarumanegara
  2. Raja Dharmayawarman (382 M - 395 M.) ayah dari
  3. Raja Purnawarman (395M - 434 M.) ayah dari –Masa Kejayaan Tarumanegara
  4. Raja Wisnuwarman (434 M - 455 M.) ayah dari
  5. Raja Indrawarman (455 M - 515 M.) ayah dari
  6. Raja Candrawarman (515 M - 535 M.) ayah dari
  7. Raja Suryawarman (535 M - 561 M.) ayah dari
  8. Raja Kertawarman (561M - 628 M.) ayah dari
  9. Raja Sudhawarman (628 M - 639 M.) ayah dari
  10. Raja Hariwangsawarman (639 M - 640 M.) ayah dari
  11. Raja Nagajayawarman (640 M - 666 M.) ayah dari
  12. Raja Linggawarman (666 M - 669 M.) mertua dari
  13. Raja Tarusbawa (669 M – keruntuhan Kerajaan Tarumanegara).


EmoticonEmoticon