√ Tauco Cap Meong Oleh-oleh Legendaris Cianjur

Cianjur bisa menjadi salah satu tujuan wisata saat Anda merindukan alam. Tak hanya itu, Anda juga bisa berburu oleh-oleh yang cukup legendaris di Indonesia. Tauco yang telah berumur lebih dari satu abad ini dikenal menjadi oleh-oleh wajib ketika liburan ke kota yang dingin ini. Namanya Tauco Cap Meong, lokasinya berada di Jalan HOS Cokroaminoto No 160, Cianjur, Jawa Barat.
Dirintis sejak 1880, Cap Meong yang diproduksi secara turun temurun oleh keluarga Ny.Tasma atau Tjoa Kim Nio menjadi pelopor usaha produk tauco di Cianjur, Jawa Barat. Kelezatan dan rasa khas tauconya menjadi rahasia umum bagi masyarakat Cianjur. Tauco Cap Meong ini pertama kali dicetuskan oleh seorang pria keturunan Tionghoa bernama Tan Ken Hian.

Baca Juga:

√ Nasi Krawu Makanan Tradisional Dari Gresik, Jawa Timur



Bisnis tersebut dilanjutkan oleh istrinya yang tidak lain adalah Ny.Tasma. Kendati telah mengalami pergantian pengelola, bisnis ini tetap bertahan hingga generasi ke-4. Tak pernah berubah, Tauco Cap Meong masih mempertahankan produksi dengan tradisional. Dengan pilihan kedelai berkualitas, mereka juga tetap memasak di atas kobaran api dari kayu. Sementara proses pembungkusan juga manual menggunakan centong kayu. Sangat sederhana, namun rasanya luar biasa.
Tauco hanya akan dituangkan ke botol dari kendi-kendi penyimpanan jika ada yang memesan saja. Hal itu dikarenakan Tauco Cap Meong Ny Tasma diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet. Sehingga, Tauco hanya akan bertahan selama kurang lebih 5 hari jika disimpan di luar dan 3 bulan jika disimpan di dalam lemari pendingin.

Baca Juga: 

√ Nasi Becek Makanan Tradisional Dari Nganjuk, Jawa Timur



Cerita yang berkembang seputar penggunaan nama “Meong” ini cukup menarik. Konon ditemukannya tapak kaki meong (Macan) di dapur, yang diyakini sebagai peliharaan Eyang Suryakencana, leluhur di Cianjur, menjadi sumber inspirasi. Harga untuk sebotol Tauco dengan ukuran 350 ml dibandrol dengan harga Rp16.000. Sedangkan ukuran 200 ml hanya Rp 12.000.


EmoticonEmoticon