√ Resep Lengkap Membuat Jenang Apel Khas Malang

Resep Jenang Apel Khas Malang – Jaman sekarang ini kuliner sudah melakukan berbagai inovasi. Berbagai jenis makanan baru mulai diciptakan. Kalau makanan khas Malang yang satu ini sudah lumayan lama ada dan banyak diburu wisatawan. Apa itu? Jenang apel. Makanan ini merupakan jenang yang diolah bersama apel yang sudah diblender halus. Rasanya sudah pasti nikmat dan bisa membuat Anda ketagihan. Dengan berkunjung ke Malang, Anda sudah bisa dipastikan membeli oleh-oleh yang satu ini.

Baca Juga:

√ Jenang Apel Makanan Khas Dari Malang, Jawa Timur

 

Akan tetapi, kalau Anda sedang tidak berminat pergi jauh-jauh, silahkan saja menikmati dapur Anda dengan mengolah makanan dari resep jenang apel khas Malang. Cara untuk membuatnya sangat mudah, hanya saja terdapat langkah-langkah dimana Anda harus mengaduk adonan selama empat jam. Jangan stress dulu, karena Anda belum tahu hasilnya. Nantikan saja kenikmatannya begitu Anda selesai memasak. Rasa pegal-pegal yang semula hadir bakal segera terobati.
Bahan:
  • 5.000 gram apel
  • 1.000 gram gula pasir
  • 375 gram tepung beras
  • 125 gram tepung ketan
  • 200 ml minyak goreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Kupas semua buah apel yang sudah Anda siapkan. Lalu cuci sampai bersih dan potong-potong kecil sesuai selera supaya bisa cepat halus ketika diblender
  2. Setelah itu, blender buah apel tersebut sambil menambahkan air sedikit hingga teksturnya menyerupai bubur
  3. Tuangkan buah apel yang sudah diblender tadi dalam sebuah wajan bersama dengan minyak goreng, gula pasir, garam dan tepung secukupnya.
  4. Aduk adonan tersebut tanpa henti, seperti ketika membuat dodol. Anda harus mengaduknya kurang lebih selama 4 jam hingga matang dan memperoleh kekenyalan yang pas
  5. Kalau sudah matang, tuang di atas loyang dan biarkan selama kurang lebih 18 jam.
  6. Potong-potong jenang apel tersebut sesuai selera dan kemudian sajikan di piring saji.
  7. Jenang apel siap dinikmati
 
Jajanan yang terbuat dari resep jenang apel khas Malang ini sangat cocok untuk suguhan di hari raya maupun acara tertentu, seperti arisan, syukuran dan lain sebagainya. Namun, cara penyajian yang lebih menarik adalah dengan membungkusnya menggunakan plastik kecil. Hal tersebut juga akan membuat jenang tambah awet. Anda pun tidak takut lagi mencari jajanan murah dan sehat untuk disuguhkan kepada keluarga dan tetangga yang datang.


EmoticonEmoticon