√ Tari Sparkling Surabaya Tarian Khas dari Surabaya, Jawa Timur

Tari Sparkling Surabaya adalah tarian kreasi baru yang menggambarkan jati diri masyarakat dan kota Surabaya, Jawa Timur. Tarian ini merupakan perpaduan tarian modern dan tradisional yang digarap dengan baik tanpa meninggalkan nilai seni dan budaya yang ada pada kota Surabaya. Walaupun tarian kreasi baru, namun Tari Sparkling Surabaya ini sangat dikenal oleh masyarakat Surabaya dan menjadi salah satu tarian selamat datang bagi para wisatawan atau tamu besar yang datang kesana.

Tari Sparkling Surabaya ini merupakan tarian kreasi yang diciptakan oleh Diaztiarni pada tahun 2007. Tarian ini diciptakan dalam rangka untuk menyambut ulang tahun kota Surabaya ke -714 yang mengambil tema “Surabaya Sparkling”. Dari situlah tarian ini kemudian dinamakan Tari Sparkling Surabaya, dengan harapan kelincahan dan keindahan tarian ini menggambarkan jati diri dan semangat masyarakat Surabaya yang selalu bersinar. Tari Sparkling Surabaya ini merupakan hasil perpaduan unsur tradisional seperti busana, gerak tari, dan musik tradisional Jawa Timur yang dikemas dengan gaya modern sehingga menampilkan sesuatu yang bebeda dan kaya akan nilai seni dan budaya.
 
 

Dalam pertunjukannya, Tari Sparkling Surabaya ini ditampilkan oleh 5 – 10 orang penari wanita. Gerakan dalam tarian ini cenderung cepat dan lincah dengan gerakan yang selaras dengan musik tradisional yang mengiringinya. Gerakan ini menggambarkan sifat masyarakat modern Surabaya yang egaliter dan tidak lamban. Selain itu ragam gerakan Tari Sparkling Surabaya ini mengacu pada motif gerak tari tradisional Jawa Timuran yang berkembang di Surabaya. Sehingga walaupun merupakan tarian bernuansa modern namun tidak meninggalkan nilai seni dan budaya yang ada.

Music pengiring dalam pertunjukan Tari Sparkling Surabaya ini merupakan perpaduan dari musik tradisional Jawa Timuran yang dikemas dengan nuansa modern. Dalam musik pengiring ini terdapat berbagai alat musik gamelan dengan laras khas Jawa Timuran, yang dipadukan dengan berbagai alat musik perkusi dan lain – lain. Selain itu music tradisional tersebut juga dikolaborasikan dengan alunan lagu daerah, sehingga menampilkan iringan music yang khas namun tetep seirama dengan gerakan dalam tarian ini. 

Kostum dalam tarian ini juga merupakan perpaduan busana dan tata rias tari tradisional yang dikemas secara modern. Pada tubuh bagian atas, penari menggunakan kemben dan kebaya pada bagian luarnya. Lalu pada bagian bawah menggunakan kain panjang sepanjang mata kaki. Dan berbagai aksesori pemanis yang membuat penari terlihat sangat cantik. Untuk warna biasanya bisa bermacam – macam seperti warna hijau, biru, merah, kuning dan emas. Selain itu yang menjadi ciri khas adalah sayap kain berwarna emas yang digunakan sebagai attribute menari.
 
 
Dalam perkembangannya, Tari Sparkling Surabaya mulai diperkenalkan ke masyarakat luas dengan sering ditampilkan di berbagai perayaan atau acara budaya baik dalam negeri maupun manca negara. Selain itu tarian ini juga diangkat sebagai salah satu icon kota Surabaya karena nilai – nilai di dalamnya yang menggambarkan kota Surabaya.
 
Searches related to Tari Sparkling Surabaya

  • sejarah tari sparkling surabaya
  • video tari sparkling surabaya
  • tari lenggang surabaya
  • pencipta tari sparkling surabaya
  • diaztiarni
  • fungsi tari sparkling surabaya
  • tari khas surabaya
  • download video tari sparkling surabaya