√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Cara memainkan alat musik sampe adalah dengan cara di petik. Alat musik ini sering digunakan oleh masyarakat pedalaman KalTim terutama suku Dayak. Orang-orang suku yang menetap di beberapa wilayah di Kalimantan ini telah mengalami berbagai periode zaman yang telah lama berjalan.
Perwujudan dari kebudayaan yang telah lama ada di wilayah ini salah satunya adalah berupa alat musik tradisional, nah Sampe inilah salah satu dari alat musik tradisional yang dipetik dan memiliki kegunaan yang khas tersebutlah salah satu wujud kebudayaannya.

Baca Juga:

√ Terlengkap Alat Musik Tradisional Jakarta Beserta Gambarnya


1. Peran Sampe

Dalam keseharian penduduk menjalani rutinitas, kesenian musik dan tentunya alat musiknya digunakan sebagai salah satu sarana hiburan. Tentu banyak sekali tradisi dan berbagai jenis alat musik yang cukup populer di kalangan masyarakat suku Dayak.
Sampe ternyata adalah salah satu nama alat musik tradisional yang cukup terkenal, terutama dikalangan masyarakat suku Dayak yang bermukim di Kalimantan Timur. Dalam bahasa masyarakat suku Dayak, sampe memiliki arti “memetik dengan jari” dan terlepas kita mengetahui cara memainkan alat musik sampe, kita bahkan sudah mengetahui dari arti namanya saja.
Nama Sampe di suku Dayak lainnya juga berbeda, seperti Sampe‘ yang merupakan sebutan alat musik ini dari suku Dayak Kenyah atau Sape‘ dari Dayak Bahau dan Sempe yang merupakan penyebutan masyarakat suku Dayak Modang. Bahkan, namanya berubah menjadi Kecapai di kalangan masyarakat suku dayak Tunjung

2. Perbedaan Sampe dan Gitar

Meskipun cara memainkan alat musik sampe adalah dipetik, ternyata tak semudah yang saya bayangkan. Sampe ternyata agak berbeda dengan gitar bila dilihat dari cara memainkannya, dalam gitar biasanya kita bisa memetik senar menggunakan satu tangan saja dan tangan yang lain mengatur nada pada gagang gitar.
Kemudian, pada gitar kita temui pasti terdapat 6 senar sedangkan sampe umumnya hanya memiliki 3 –  senar dan harus memainkannya menggunakan jari – jari dari kedua tangan. Dulu menurut infonya, dawai / senar dari Sampe menggunakan bahan dari serat pohon enau dan pada ujung gagangnya biasanya ditambahi dengan ukiran yang berupa taring dan kepala burung enggang sebagai hiasan.

3. Fungsi dan Kegunaan Sampe

Sampe merupakan sebuah alat musik yang berfungsi sebagai wadah untuk mengutarakan perasaan yang sedang kita rasakan entah itu sedang senang, mencintai seseorang, sedih dan duka, riang gembira atau lainnya. Dulu memainkan alat musik ini pada waktu siang dan malam juga memiliki arti berbeda.
Sampe yang dimainkan pada siang hari biasanya dimainkan dengan membawa irama yang menghibur dan membawa penyemangat (suka ria), sedangkan pada malam hari biasanya alat musik ini dimainkan dengan menggunakan irama yang sedih, syahdu ataupun sendu yang seakan menyayat hati.

Baca Juga:

√ Terlengkap Alat Musik Tradisional Minangkabau, Sumatra Barat


4. Bahan dan Cara Pembuatan Sampe

Alat musik sampe membutuhkan kayu pilihan, kayu yang memiliki kualitas yang dianggap baik adalah jenis kayu dari bangsa kayu meranti seperti kayu pelantan, adau, marang, tabalok, dan lainnya. Kayu ini dipilih karena jenisnya yang memang kuat, tidak mudah hancur atau pecah, tahan lama dan tentunya tidak mudah rusak dimakan hewan rayap.
Pada bagian dawainya dulu menggunakan serat pohon enau atau aren, tapi sekarang digantikan menggunakan senar yang terbuat dari bahan kawat tipis jadi bunyinya lebih keras dan terdengar lebih nyaring. Adapun langkahnya seperti berikut:
  1. Batang pohon diratakan dengan kapak dan dijemur kering
  2. Batang pohon dilubangi secara memanjang
  3. Setelah dilubangi lalu diukir sesuai keinginan
  4. Buat gagang yang ukurannya sekepalan tangna
  5. Pada bagian ujungnya dilubangi sebagai tempat pemutarnya
  6. Di tiap lubang putaran ditusuk dengan ujung pisau sebagai tempat memasukkan senar.
Sampai tahapan tersebut sebenarnya bisa dianggap telah selesai, namun biasanya akan dilanjutkan dengan menambahkan ukiran yang menggambarkan khas Dayak, yaitu dengan ukiran burung enggang dan taring hewan buruan. Lalu dipasangkan senar dan tinggan meyelaraskan nadanya saja.

Searches related to Cara Memainkan Alat Musik Sampe
  • gambar alat musik sampe
  • alat musik tradisional suku dayak
  • alat musik sape kalimantan barat
  • alat musik suku dayak yang digunakan untuk mengiringi tari kancet papatai
  • alat musik japen
  • tari kancet papatai merupakan tarian suku dayak yang bertema
  • kunci sape dayak
  • alat musik basa basi berasal dari daerah


EmoticonEmoticon