√ Terlengkap Alat Musik Tradisional Minangkabau, Sumatra Barat

Alat Musik Tradisional Minangkabau

Musik Minang, sebuah aliran musik Nusantara baik modern ataupun tradisional telah tumbuh dan berkembang sejak lama di wilayah Minangkabau. Musik Minang diyakini terkait dengan musik Melayu yang biasanya didominasi alat musik seperti saluang, rabab, serunai, gandang, dan talempong.
Musik Minang biasanya juga dimainkan untuk mengiringi acara dan hiburan adat. Salah satu contohnya bisa kita temukan pada kesenian tari Piring. Salah satu alat musik gesek tradisional Minangkabau adalah Biola, namun karena Biola juga terbilang musik modern mungkin saya tidak akan bahas.

1. Saluang

alat musik saluang
Gambar alat musik saluang
Saluang merupakan alat musik tiup tradisional Minangkabau.  Saluang terbuat dari bambu yang tipis atau bambu talang, dimana Urang Minang meyakini bahwa bahan yang paling bagus untuk menjadi bahan pembuatan Saluang adalah bambu yang digunakan untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut terbawa air sungai
Saluang juga merupakan alat musik tradisional dari minangkabau yang masih satu keluarga dengan Suling, namun Saluang hanya memiliki 4 lubang saja. Panjang Saluang sekitar 40 – 58 cm dan diameternya 3 – 3,5 cm. Saluang ini dapat menghasilkan bunyi dengan cara ditiup pada bagian atasnya.

Saluang pada Zaman Dahulu

Dulu ada seorang pemain Saluang yang cukup terkenal, ia bernama Idris Sutan Sati bersama dengan penyanyi yang bernama Syamsimar. Keistimewaan dari seorang pemain yang dinilai “jago” adalah teknik yang digunakan dalam memainkan sekaligus menarik nafas secara bersamaan sehingga pemain tak perlu berhenti untuk mengambil nafas.
Tiap daerah di Minangkabau memiliki cara meniup dan gaya masing-masing seperti contohnya gaya Singgalang, Solok Salayo, Koto Tuo, Suayan, dll. Sementara itu, ada beberapa jenis Saluang yang dipercaya memiliki kekuatan magis dan dapat digunakan sebagai pengantar sihir atau ilmu hitam.

Baca Juga:

√ Angkringan Warung Makan Tradisional dari Yogyakarta


2. Bansi

alat musik bansi
Gambar alat musik bansi
Bansi adalah alat musik tradisional khas minangkabau yang berbentuk seperti Suling dan memiliki lubang sebanyak 7 buah. Bansi juga lebih dikenal dengan sebutan “Suling Minang” karena bentuknya juga pendek dan memiliki nada standarnya (diatonik).
Bansi memiliki panjang sekitar 34 – 37 cm dengan diameter sebesar 3 cm. Selain sebagai hiburan, fungsi alat musik tradisional Minangkabau yang satu ini juga mampu untuk mengiringi lagu tradisional maupun modern. Suling Minang yang asli terbuat dari talang atau sariak (keduanya merupakan bambu tipis)

3. Pupuik Batang Padi

alat musik pupuik batang padi
Gambar alat musik pupuik batang padi
Pupuik Batang Padi merupakan satu-satunya jenis alat musik tradisional Minangkabau yang terbuat dari batang padi. Pada ujungnya dibuatkan lidah yang digunakan untuk meniup nantinya, tiupan pemain nantinya akan menghasilkan celah dan dari situlah bunyi yang ditimbulkan.
Bunyi yang diciptakan Pupuik Batang Padi sangat tinggi dan melengking, namun nada yang dihasilkan tergantung dari kelihaian pemain memainkan jarinya pada lilitan yang terbuat dari kelapa itu. Saat ini penggunaan Pupuik Batang Padi sangat jarang ditemui karena posisinya digantikan dengan alat musik modern seperti terompet, terutama pada saat perayaan tahun baru.

4. Sarunai

alat musik sarunai
Gambar alat musik sarunai
Selain alat alat musik tradisional Minangkabau diatas, ada lagi alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup yaitu Sarunai. Sarunai atau yang memiliki nama kerennya Klarinet Minang terbuat dari 2 buah potongan bambu yang besarnya tidak sama, potongan yang kecil nantinya akan dimasukkan kedalam potongan yang besar.
Sarunai memiliki 4 buah lubang nada yang dapat menghasilkan nada yang melodius, dikarenakan pembuatannya yang cukup sulit dan nada yang dihasilkan jarang digunakan, Sarunai sudah jarang ditemui,kecuali jika anda mau memesan kepada pembuat Sarunai. Pembelian Sarunai-pun biasanya dilakukan oleh kolektor benda antik atau pecinta seni saja.

5. Talempong / Bonang Minang

alat musik talempong
Gambar alat musik talempong
Lain di Pulau Jawa, lain juga di tanah Minang, Talempong juga merupakan alat musik pukul tradisional Minangkabau yang bentuknya seperti sebuah gong namun berukuran kecil dan kepala bagian yang dipukul diletakkan mendatar tidak digantung.
Talempong juga terbuat dari logam kuningan, dan dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu. Talempong umumnya hanya digunakan sebagai alat musik pengiring kesenian daerah seperti Tari Piring, tapi jika anda tertarik untuk belajar anda juga bisa memainkannya kapanpun yang anda mau.

6. Aguang / Gong Minang

alat musik aguang
Gambar alat musik aguang
Aguang merupakan panggilan khusus Urang Minang untuk sebuah alat musik yang berbentuk seperti Gong. Aguang memiliki bentuk sama seperti daerah lain, bundar dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukulnya. Penggunaan Gong Minang juga biasanya sebagai penentu sebuah pentas musik.
Biasanya aguang dimainkan oleh para ibu-ibu lengkap dengan aksesoris dan pakaian adat disana. Permainan alat musik tradisional ini setidaknya membutuhkan 2 orang untuk memainkan bagian kiri dan kanan aguang.

Baca Juga:

√ Penjelasan Wedang Uwuh Minuman Tradisional dari Bantul, Yogyakarta


7. Gandang (Gendang Minang)

alat musik gandang
Gambar alat musik gandang
Nama alat musik tradisional minangkabau ini memang mirip dengan Gendang, selain itu bentuk dan cara memainkannya-pun sama dengan gendang daerah lainnya. Perbedaan antara Gandang dan lainnya hanyalah pada teknik pemukulannya yang berbeda.
Di Minang, Gandang dimainkan tergantung dari jenis rentak lagu, salah satu kesenian tradisional permainan gendang yang populer adalah Gandang Tasa di Kab. Padang Pariaman. Gandang dimainkan dengan posisi lingkaran kecil di sebelah kiri dan yang besar di sebelah kanan (Gambaran dari pandangan pemain)
Selain tradisional, Musik Minang Modern juga tak kalah serunya dan jika anda tertarik mungkin anda bisa mencoba mendengar musik Minang modern yang dimainkan oleh Kumbang TjariZaenal Combo, atau lainnya. Musik ini dipengaruhi dengan adanya perkembangan permainan musik.

Searches related to Alat Musik Tradisional Minangkabau
  • alat musik tradisional sumatera barat beserta gambarnya
  • latar belakang sejarah musik tradisional minangkabau
  • bentuk calung hampir sama dengan alat musik
  • talempong sering digunakan dalam tari
  • bahasa suku minang
  • alat musik yang digunakan sebagai pengiring lagu disebut alat musik
  • musik tradisional sumatera utara 
  • musik minangkabau mp3