√ Lengkap 13 Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara

Dari informasi yang saya peroleh, terdapat lebih dari 10 buah alat musik tradisional di Sumatera Utara yang bisa kita pelajari. Provinsi yang pada dulunya bernama Gouvernement van Sumatra ini memang memiliki kekayaan alam serta keragaman suku-suku yang beredar juga memiliki alat musik tradisional yang sangatlah apik untuk kita pelajari.
Fungsi alat musik tradisional Sumatera Utara beragam, ada musik yang biasa dimainkan di upacara-upacara adat yang diadakan, ada yang digunakan untuk mengiringi tarian adat dan lain-lain. Sebagai contoh bisa kita lihat alat musik tradisional Sumatera Utara Doli-Doli yang banyak di jumpai di daerah Nias.

1. Aramba

alat musik aramba
Gambar alat musik aramba
Dalam susunan Alat musik tradisional Sumatera Utara Aramba merupakan alat musik yang biasa dimainkan pada saat acara perkawinan. Aramba terbuat dari tembaga kuningan / logam perunggu, alat musik ini diyakini berasal dari Nias.
Aramba dimainkan dengan cara dipukul pada bagian yang berbentuk bundar dan menonjol di bagian tengahnya, biasanya Aramba digantungkan pada seutas tali, bentuk alat musik ini mudah dikenali karena adanya bentuk bundar yang menonjol pada bagian atasnya.

Bentuk Aramba

Aramba memiliki garis tengah 40 cm ~ 50 cm, sedangkan untuk Aramba yang digunakan keturunan bangsawan adalah Aramba Fatao dan Aramba Hongo yang bergaris tengah 60 cm ~ 90 cm. Jika dilihat sepintas, Aramba seperti memiliki 2 bagian, yakni bagian datar panjang dan bagian yang untuk dipukul, gambar alat musik tradisional Sumatera Utara tersebut seperti yang terlihat.


Baca Juga:

√ Lengkap 6 Alat Musik Tradisional Bali Beserta Gambarnya


2. Doli-doli

alat musik doli doli
Gambar alat musik doli-doli
Alat musik Doli-Doli sangatlah unik, secara sekilas mungkin akan ada orang yang beranggapan bentuknya menyerupai angklung, hanya saja cara memainkan dan memegangnya berbeda. Di daratan Melayu, masyarakat daerah sana mengenali Doli-Doli dengan sebutan Kolintang
Doli-Doli terbuat dari 4 bilah kayu dan alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik tradisional Sumatera Utara Doli-Doli, bisa anda jumpai di dearah Nias. Alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional yang lainnya seperti Aramba dan pakpak.

3. Druri Dana

alat musik druri dana
Gambar alat musik druri dana
Satu lagi alat musik tradisional Sumatera Utara yang dimainkan dengan cara dipukul, yakni Druri Dana, alat ini terbuat dari kayu yang dipotong dan dibentuk seperti gambar diatas. Druri dana merupakan alat musik yang mengeluarkan suara ketika bambu tersebut saling beradu.
Druri Dana diyakini berasal dari pulau Nias, dan prinsip kerjanya seperti alat musik tradisional Angklung.

4. Faritia

alat musik faritia
Gambar alat musik faritia
Faritia terbuat dari bahan logam atau kuningan, alat musik tradisional ini termasuk golongan alat musik idiophone (alat musik yang menghasilkan suara dari getaran). Bentuk alat musik Faritia seperti Talempong dari Padang dan gamelan dari Jawa.
Fatiria berbentuk bundar dengan diameter 23 cm dan ketebalannya 4 cm dengan bagian tengah yang menonjol untuk dipukul. Fatiria dimainkan dengan alat pemukul khusus yang disebut Simalambuo atau kayu Duria, kabarnya Fatiria merupakan alat barter pada jaman dulu yang dijadikan alat musik tradisional oleh masyarakat Nias.
Faritia memang sangatlah mirip dengan Gong, hanyasaja ukurannya lebih kecil dibanding Gong. Cara memainkannya-pun juga sama seperti gong, dipukul dan nantinya akan mengeluarkan bunyi yang khas.

5. Garantung / Kolintang

alat musik garantung
Gambar alat musik garantung
Garantung adalah alat musik tradisional provinsi Sumatera Utara tepatnya Batak Toba, yang terbuat dari kayu dan bentuknya tertata rapi dan memiliki 5 bilah nada yang fungsinya sebaga pembawa melodi. Garantung termasuk kedalam kelompok Xylophone (batang-batang yang menghasilkan nada)
Selain sebagai pengiring melodi, Garantung juga dikenal sebagai penstabil ritme variable pada lagu-lagu tertentu dengan memainkannya dengan teknik Mamalu. Garantung terdiri dari 7 wilahan yang tersusun rapi, digantung diatas sebuah kotak yang berfungsi sekaligus resonatornya.
Garantung dimainkan dengan menggunakan dua buah stik di tangan kiri dan kanan. Teknik yang digunakan pada umumnya ialah tangan kiri sebagai pembawa melodi dan ritme (memukul bagian tankai Garantung sekaligus saat memainkan sebuah lagu).

6. Gonrang

alat musik gonrang
Gambar alat musik gonrang
Gonrang merupakan hasil dari kesenian masyarakat Sumalungun yang mempunyai fungsi dalam masyarakat daerah tersebut. Gonrang terdiri dari beberapa alat musik yang masing-masingnya memiliki makna berbeda, Gonrang tidak mungkin bisa lepas dari kehidupan dan acara adat dalam budaya Simalungun.
Dalam kesenian & kebudayaan Simalungun, Gonrang memiliki makna ganda yakni bersifat religi/sakral dan bersifat rekreatif (menghibur).
Dikalangan masyarakat Simalungun, Gonrang merupakan alat musik utama yang pasti hadir dalam acara-acara penting seperti pernikahan, kematian, dan pesta adat namun sayangnya peranan dari alat musik ini sudah kurang diminati karena posisinya yang tergantikan dengan alat musik modern.

7. Gordang

alat musik gordang
Gambar alat musik gordang
Gonrang juga termasuk kedalam alat musik tradisional Sumatera Utara yang dimainkan dengan cara dipukul, sebuah gendang dari taganing yang berperan sebagai pengatur ritme dan sangat serbaguna, itulah Gordang.
Gordang merupakan instrumen musik yang terdiri dari 9 buah Gendang, bentuk dari Gordang sendiri adalah susunan dari gendang-gendang besar yang tersusun secara rapi dan urutan.
Gordang biasanya dimainkan saat pertunjukkan upacara adat, penyambutan, acara pernikahan dan juga terkadang pada saat adanya “acara kematian”. Gordang umunya dimainkan dengan alat musik tradisional dari Sumatera Utara yang lainnya.

8. Gendang Singanaki

alat musik gendang singanaki
Gambar alat musik gendang singanaki
Gendang Singanaki terbuat dari Kayu dan potongan kulit binatang, Gendang yang sangat khas di daerah Batak Karo ini memiliki 2 bagian berbeda yak ni penganaki dan anak gendang yang disebut Gerantung / enek-enek, berukuran kecil ramping. Untuk memainkannya anda memerlukan alat memukulnya.
Gendang Singanaki berfungsi sebagai alat penentu ritme dalam sebuah ensambel musik, alat musik ini biasanya juga dimainkan bersamaan dengan alat musik lain seperti Sarune. Gendang Singanaki biasanya dimainkan pada saat upacara adat yang bernuansa religi atau acara guro-guro aron.

9. Gendang Sisibah/Pakpak

alat musik pakpak
Gambar alat musik pakpak
Jika anda mencari terjemahan dari Gendang Sisibah/pakpak ini, artinya adalah Sembilan gendang yang dimana salah satu sisinya diletakkan dalam satu rak yang dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu / alat pukul lainnya.
Gendang Sisibah banyak dijumpai di daerah Sumatera Utara untuk mengiringi upacarat adat yang ada di PakPak Dairi dalam acara suka ataupun duka
Bisa dibilang Gendang Sisibah merupakan Ensambel musik dari Pakpak, Sumatera Utara yang terdiri dari sembilan gendang (yang memiliki 1 sisi saja), Kalondang, Lobat, Kecapi, dan Gong. Lalu Ensambel musik ini dimainkan untuk mengiringi upacara-upacara adat di daerah sana.

Baca Juga:

√ 17 Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO yang Akan Selalu Dikenal Dunia


10. Gung dan Penganak

alat musik gung dan penganak
Gambar alat musik gung dan penganak
Penganak dan Gong tergolong di kelompokan dalam alat musik idiophone (bergetar untuk menghasilkan suara). Perbedaan antara keduanya dengan gong nusantara lainnya terletak pada ukuran dan lebar diameternya
Alat musik ini memiliki ukuran diameter yang terbilang cukup besar di angka 68 cm dan penganaknya berukuran kecil sekitar 16 cm. Gong dan penganak terbuat dari logam kuningan, sedangkan alat pemukulnya yang dinamai Palu-Palu terbuat dari kayu dengan benda lunak diujungnya (biasanya diikatkan kain).

11. Hapetan atau Hasapi

alat musik hasapi
Gambar alat musik hasapi
Hapetan sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia yang terbukti nama dari “Hapetan” sudah tercatata pada KBBI, Hapetan adalah alat musik sejenis kecapi dari daerah Tapanuli, berdawai dan dimainkan dengan sebuah bilah petik
Hapetan merupakan jenis alat musik tradisional Sumatera Utara yang dimainkan dengan cara di petik, cara memainkannya mirip dengan sejenis gitar tradisional berdawai 2 dari daerah Tapanuli. Di daerah bernama Sumbawa, alat musik ini disebut Jungga.

Jenis-Jenis Hasapi

Untuk Hasapi-nya terdapat 2 jenis alat musik hasapi, yaitu:
Hasapi Ende
  • Instrumen pembawa melodi dan merupakan yang paling utama dalam ensambel Gondang Hasapi.
Hasapi Doal
  • Instrumen ini memang mirip dengan Hasapi Ende, namun dalam memainkannya Hasapi Doal berperan sebagai pembawa ritme konstan.

 

12. Ole-Ole

alat musik ole-ole
Gambar alat musik ole-ole
Ole-ole, jenis alat musik tiup yang badannya terbuat dari batang padi dan resonatornya terbuat dari daun kelapa atau enau. Ole-ole merupakan alat musik sederhana yang masuk dalam jenis alat musik yang bersifat instrumen solo, Alat musik ole-ole terbuat dari satu ruas batang padi.
Pada satu ruas batang padi tersebut pangkal ujung dekat ruasnya dipecah-pecah sedemikian rupa, sehingga pecahan batang tadi menjadi alat penggetar udara sebagai penghasil bunyi alat musik Ole-Ole. Alat musik tiup ini terkadang juga memiliki lubang pada batangnya.
Lubang nada pada bang tidak beraturan tergantung kepada pembuat alat musiknya dan nada-nada yang ingin di capai, dibuat sedemikian rupa karena memang alat musik ini dibuat hanya untuk hiburan pribadi saja. Pada pangkal ujungnya digulung daun tebu / kelapa / enau sehingga suaranya terdengar keras dan jauh.

13. Panggora

alat musik panggora
Gambar alat musik panggora
Panggora merupakan alat musik sejenis Gong namun suara bunyinya sedikit unik, bunyi Panggora seperti itu karena memang alat musik jenis itu dimainkan oleh satu orang dengan pukulan menggunakan stik, lalu setelah suara muncul nanti diredam dengan pegangan tangan.
Panggora ini adalah gong yang paling besar dengan ukuran diameter mencapai 37 cm dengan tebalnya sekitar 6 cm. Panggora mempunyai bentuk berupa gong berukuran amat besar, besarnya melebihi Aramba dan Faritia. Panggora terbuat dari logam seperti besi, kuningan atau perunggu, Suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut nyaring dan keras.

14. Sarune Bolon

alat musik sarune
Gambar alat musik sarune
Sarune Bolon terbuat dari logam, alat musik ini memiliki 6 buah lubang nada yang berfungsi utuh dan berperan sebagai pengiring melodi yang keluar. Alat musik tradisional ini termasuk bagian dari perangkat Gondang Sabangunan dari daerah Batak Toba.
Instrumen ini digabungkan dengan Taganing,GondangOgungHesek, dan Adap. Sedangkan pada masyarakat daerah Simalungun, Alat musik Sarune Bolon merupakan bagian dari perangkat Gindrang Saparangguan.
Sarune Bolon biasanya dimainkan bersamaan dengan Gondrang Sipitu-pitu,Ogung,Mongmongan, dan Sitalasayak pada saat upacara adat.

Baca Juga:

√ 10 Warisan Budaya Indonesia yang Akan Selalu Dikenal Dunia Internasional


15. Taganing

alat musik taganing
Gambar alat musik taganing
Taganing merupakan salah satu alat musik Batak Toba yang terdiri dari 5 buah gendang yang fungsinya sebagai pengatur ritme di beberapa lagu daerah. Taganing bisa disebut juga sebagai Drum set melodis, alat musik ini digantung dalam sebuah rak yang sama.
Bentuk dari Taganin menyerupai Gordang, hanyasaja ukurannya yang memang bermacam-macam, yang paling besar adalah Gendang yang paling kanan, semakin ke kiri ukurannya semakin kecil dan suara yang dihasilkan-pun berbeda, karena memang itu tujuannya.
Semakin ke kiri semakin tinggi nada yang dihasilkan, Taganing biasanya dimainkan oleh 1 – 2 orang saja menggunakan sebuah stik untuk memukul. Dibandingkan dengan Gordang, Taganing memiliki musik yang terdengar lebih melodis.