√ Artikel Tempe Kemul Jajanan Khas dari Wonosobo, Jawa tengah

Tempe Kemul adalah makanan yang terbuat dari tempe yang di lumuri adonan tepung lalu di goreng. Makanan ini merupakan salah satu jajanan khas dari Wonosobo, Jawa tengah. Tempe Kemul hampir sama dengan olahan tempe lainnya seperti mendoan dan tempe goreng tepung, namun Tempe Kemul ini memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda dengan lainnya.

Nama Tempe Kemul sendiri diambil dari kata “kemul” yang dalam bahasa Jawa berarti “selimut”. Jadi Tempe Kemul diartikan “tempe yang diselimuti”. Sesuai dengan namanya, Tempe Kemul merupakan tempe yang diselimuti dengan adonan tepung. Dalam proses pembuatannya sama dengan tempe mendoan, yaitu tempe dilumuri dengan adonan tepung yang sudah dibumbui lalu di goreng.
 

Walaupun dalam pembuatannya Tempe Kemul ini hampir sama dengan Tempe Mendoan, namun Tempe Kemul dari Wonosobo ini memiliki ciri khas yang berbeda diantaranya seperti pada ukurannya. Pada Tempe Kemul ukurannya sedikit lebih kecil. Selain itu Tempe Kemul memiliki warna kuning karena adonan khusus yang digunakan. Tempe Kemul ini juga teksturnya lebih renyah karena di goreng kering.

Rasa Tempe Kemul ini sangat khas, rasa gurih dari Tempe Kemul ini sangat terasa di lidah. Selain itu dipadukan dengan kerenyahan dari adonan yang menyelimuti Tempe Kemul ini memberikan sensasi nikmat saat menyantapnya. Tempe Kemul ini sangat cocok bila disajikan selagi hangat dan disantap dengan cabe rawit. Di Wonosobo Tempe Kemul ini juga sering di sajikan sebagai lauk untuk menikmati Mie Ongklok atau Bakso.

Gambar : Tempe Kemul
 
 
Tempe Kemul ini sangat mudah ditemukan di Wonosobo, Jawa tengah. Disana banyak penjual gorengan yang menjual Tempe Kemul ini. Selain itu kita bisa menemukannya diwarung makan seperti warung bakso dan mie ongklok. Bagi anda yang berkunjung ke Wonosobo, tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati jajanan khas satu ini.