√ Artikel Mie Ongklok Makanan Tradisional dari Wonosobo, Jawa tengah

Mie Ongklok adalah hidangan mie kuah yang khas dari Wonosobo, Jawa tengah. Mie Ongklok ini terbuat dari mie  yang di rebus bersama dengan sayuran kemudian di siram dengan kuah kental dengan bumbu khusus yang sering di sebut “loh”, sehingga memiliki cita rasa yang khas pada Mie Ongklok ini. Mie Ongklok ini sangat terkenal, sehingga menjadi salah satu makanan tradisionla khas dari Wonosobo, Jawa tengah.

Mie ini disebut Mie Ongklok karena menggunakan “Ongklok” dalam proses pembuatannya. Ongklok merupakan alat berbentuk keranjang kecil terbuat dari anyaman bambu yang di gunakan untuk merebus mie tersebut. Dalam proses pembuatannya, mie, sayur kol, dan potongan kucai di masukan ke dalam ongklok. Kemudian di celup – celup secara berulang – ulang kedalam air mendidih hingga matang. Setelah matang kemudian disajikan ke dalam mangkuk dan disiram kuah kental yang di buat dengan bumbu khusus.
 

Dalam penyajiannya, biasanya Mie Ongklok ini sering di sajikan bersama sate sapi, tempe kemul, dan keripik tahu. Untuk menambah rasa, kita bisa menambahkan bawang goreng dan kecap. Namun bagi anda yang menyukai makanan pedas, anda bisa menambahkan sambal atau merica bubuk. Rasa Mie Ongklok ini sangat unik, rasa bumbu dan campuran ebi pada kuah Mie Ongklok ini sangat khas. Selain itu saat dipadukan dengan sate sapi akan menambah kelezatan tersendiri pada Mie Ongklok ini.
Gambar : Mie Ongklok dan Sate Sapi
 
Mie Ongklok ini sangat mudah kita temukan di daerah Wonosobo khususnya di pusat kota Wonosobo. Disana banyak warung makan yang menjajakan Mie Ongklok ini. Nah bagi anda yang berkunjung ke Wonosobo, Jawa tengah. tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.