√ Artikel Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Saluang Minang

Cara memainkan alat musik saluang – Saluang merupakan salah satu dari sekian alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Barat, tepatnya Minangkabau. Orang Minang mungkin sangat memahami betul peran dari alat musik tradisional Saluang ini.
Pemain Saluang biasanya hanya dimainkan oleh kaum pria. Menurut informasi yang beredar juga dari dulu para pemain alat musik tradisional khas Minang ini juga memiliki kemampuan seperti menghipnotis tiap-tiap penonton sembari melantunkan nada merdu dari Saluang ini.

Baca Juga:

√ Artikel Lengkap Memainkan Alat Musik Tamborin Beserta Sejarahnya


Cara Memainkan Alat Musik Saluang

Saluang merupakan alat musik yang terbuat dari bahan bambu tipis atau bambu talang, dan tentunya cara memainkan Saluang adalah dengan cara ditiup.
Salah satu jenis Saluang yang terkenal adalah Saluang Darek, sebuah jenis Saluang yang berasal dari daerah pedalaman Minang. Jenis ini sering digunakan dan cukup populer dalam berbagai jenis seni pertunjukkan dan kerap dikolaborasikan dengan alat musik lainnya.
Kemudian, ada juga Saluang Singgalang yang dimainkan hanya pada saat pembukaan awal lagu saja dan bisa dibilang cukup sulit, jenis ini juga sangat populer pada kalangan pemain karena tingkatnya sudah pada level yang berbeda.

1. Pembuatan Saluang

Beberapa informasi yang saya dapatkan dari sumber seperti Wikipedia mengatakan bahwa orang Minangkabau juga memiliki cara tersendiri untuk memilih bahan pembuatan Saluang. Bambu yang digunakan adalah bambu khusus yang ditemukan hanyut di sungai.
Untuk membuat Saluang sepertinya tidak terlalu membutuhkan bahan khusus, cukup membuatnya menjadi panjang sekitar 40 hingga 60 cm dengan diameternya yang hanya 4 cm dan dilubangi sebanyak 4 lubang seperti yang terlihat pada gambar.
Alat musik Saluang mungkin juga bisa kita masukkan dalam kategori jenis alat musik Seruling / Suling namun pembuatannya lebih sederhana, seperti yang sudah sedikit saya singgung di atas. Jarak lubang pada Saluang berkisar 2/3 dari ukuran Saluang itu sendiri. Tetntunya seorang pembuat juga harus menentukan mana bagian atas dan mana bagian bawah tiap ujungnya.

Baca Juga:

√ Artikel Lengkap Tari Beskalan Tarian Tradisional dari Malang, Jawa Timur


2. Memainkan Saluang

dulunya ada seorang pemain Saluang yang namanya sudah melegenda yakni Idris Sutan Sati dan bersama dengan penyanyi-nya, yaitu Syamsimar
Apa yang menarik dari permainan musik Saluang adalah teknik tiap-tiap pemain diukur dari cara ia mengatur nafas dan juga menghembuskannya, seorang pemain bahkan bisa memainkan alat musik ini tanpa perlu mengambil nafas terlebih dahulu dengan latihan yang rutin.

Tiap-Tiap daerah di Minangkabau memiliki cara memainkan alat musik Saluang yang berbeda-beda dan tekniknya-pun juga berbeda. Saluang bisa dibilang cukup sulit jika dimainkan oleh seorang pemula apalagi ketika sudah memainkan “nada Singgalang” yang dimainkan pada awal lagu.


EmoticonEmoticon