√ Artikel Lengkap Memainkan Alat Musik Tamborin Beserta Sejarahnya

Tamborin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh pada sisi membrannya. Alat musik ini umumnya terbuat dari bingkai kayu yang berbentuk bundar dan dilengkapi juga dengan logam kecil yang berbaris di sekeliling bingkai itu sendiri.

  1. Memegang tamborin dengan tangan kanan lalu digoyangkan ke kiri dan ke kanan sambil menepuknya, atau sebaliknya
  2. Memegang tamborin dengan tangan kiri dan digoyangkan ke kanan dan ke kiri sambil menepuknya
Tamborin juga biasanya ada yang berbentuk setengah linkaran juga, alat musik ini memiliki lapisan membran pelapis yang bahannya terbuat dari kulit sapi atau plastik. Nantinya ketika kita menabuh alat musik ini akan menghasilkan suara gemerincing dari logam yang ada di sisi Tamborin.
Cara memainkan alat musik tamborin juga biasanya dimainkan dengan cara dipegang menggunakan satu tangan secara vertikal dan digoyang-goyangkan dengan tangan itu seraya menabuh pada membran kulit yang melapisi tamborin.

Baca Juga:

√ Penjelasan Tari Singo Ulung Kesenian Tradisional Dari Bondowoso, Jawa Timur


1. Sejarah Singkat Tamborin

Menurut wikipedia, tamborin merupakan alat musik yang awalnya berasal dari Eropa namun ada kemiripan yang ditemukan dengan alat musik yang sering ditemukan di negeri China, India, Peru dan Asia Tengah. Tamborin yang tradisional awalnya dimainkan oleh kelompok musik yang diyakini berasal dari tentara Turki yang dikenali dengan sebutan Janissaries.
Tamborin juga pernah digunakan oleh Mozart pada musiknya sekitar tahun 1782 dan itu pertama kali ia menggunakan alat musik Tamborin. Lalu, Tamborin modern juga berkontribusi besar dalam berbagai orkestra dan menambah variasi warna suara dalam pertunjukkan musik sejak abad ke-19an hingga sekarang.

Baiklah, sepertinya itu saja artikel dari alatmusikindonesia.com tentang cara memainkan alat musik tamborin semoga bermanfaat untuk teman yang mencari bacaan atau referensi tugasnya, terimakasih.

Baca Juga:

√ Penjelasan Tari Lahbako Tarian Tradisional dari Jember, Jawa Timur


 Searches related to Memainkan Alat Musik Tamborin
  • sumber bunyi tamborin
  • alat musik tamborin berfungsi untuk
  • gambar alat musik tamborin
  • cara memainkan triangle
  • cara memainkan alat musik tamborin yaitu dipukul menggunakan telapak tangan pada bagian
  • harga tamborin
  • cara memainkan marakas
  • pola irama adalah panjang pendeknya