4 Baju Adat Padang | Gambar Lengkap, dan Penjelasannya

BAJU ADAT PADANG – Bukan hanya masakan Padang yang sudah terkenal di Indonesia maupun luar negeri. Tapi, Padang juga terkenal dengan pakaian adat Sumatera Barat yang khas.
Pakaian adat Sumatera Barat masih terus ada karena masyarakat disana dan khususnya suku Minangkabau di kota Padang terus mempertahankan budayanya. Contohnya saja dari segi berpakaian.

Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian adat Sumatera Barat sudah sangat terkenal di Indonesia karena memiliki ciri khasnya tersendiri. Contohnya saja baju adat Padang khusus wanita yang bernama limapeah rumah nan gadang atau bundo kaduang. Pakaian adat wanita ini memiliki ciri khas dibagian penutup kepala yang menyerupai bentuk tanduk kerbau atau rumah adat gadang.
Selain baju adat bundo kanduang, masih ada baju adat padang lainnya. Seperti baju adat padang khusus pria dan untuk acara pernikahan. Berikut ini pakaian adat Sumatera Barat yang bisa Anda simak:

1. Baju Adat Padang Khusus Pengantin

baju adat padang
Pada saat upacara penikahan, masyarakat Sumatera Barat biasanya mengenakan pakaian adat pengantin yang telah disiapkan sesuai budayanya. Baju adat Padang ini umumnya memiliki warna merah dengan bagian tutup kepala dan banyak hiasan lainnya.
Sampai sekarang, baju adat pernikahan khusus Sumatera Barat  ini masih sering digunakan oleh masyarakat di sana. Agar lebih menarik, pada pakaian tersebut disesuaikan dengan perkembangan zaman agar tidak ketinggalan zaman, tapi tidak menghilangkan unsur budaya aslinya.

2. Pakaian Adat Sumatera Barat untuk Pria Minangkabau

baju adat padang
Pakaian adat Sumatera Barat yang dikhususkan untuk pria ini bernama pakaian penghulu. Seperti namanya, pakaian adat ini hanya dipakai oleh para tetua desa atau juga sejumlah orang tertentu.
Cara pemakaian Baju adat padang ini juga sudah ada ketentuannya dari hukum adat. Pakaian adat padang ini terdiri dari  sejumlah perlengkapan seperti: Baju hitam, deta, sesamping, cawek, sarawa, sandang, tungkek, dan keris.

3. Baju Adat Padang Wanita Bundo Kanduang atau Limpapeh Rumah Nan Gadang

baju adat padang
Pakaian adat Sumatera Barat ini adalah simbol kebesaran untuk para wanita yang sudah menikah. Baju adat padang ini juga merupakan simbol seorang ibu yang berperan sangat penting dalam sebuah keluarga.
Limapeh sendiri artinya adalah tiang tengah dari bangunan rumah adat Sumatera Barat. Peran limapeh untuk menguatkan bangunan merupakan perumpamaan dari peran seorang ibu dalam rumah tangga.
Jika limapeh rubuh, maka rumah atau suatu bangunan juga akan rubuh, begitupun jika seorang ibu atau wanita tidak pandai mengatur rumah tangga, maka keluarganya juga tak akan bertahan lama.
Secara umum, baju adat Limpapeh Rumah Nan Gadang atau Bundo Kanduang ini memiliki desain yang bermacam-macam tergantung dari sub sukunya. Akan tetapi, beberapa kelengkapan khusus yang pasti ada dalam jenis-jenis pakaian tersebut.
Perlengkapan ini contohnya seperti: Baju batabue, tingkuluak (tengkuluk), minsie, sarung atau lambak,, salempang,  galang (gelang), dukuah (kalung), dan sejumlah aksesoris lainnya.
Itulah pembahasan mengenai pakaian adat Sumatera Barat dan baju adat Padang. Semoga pembahasan ini dapat menambah wawasan Anda mengenai budaya suku Minangkabau di provinsi yang beribukota di kota Padang ini.


EmoticonEmoticon