4 Pakaian Adat Bangka Belitung | Gambar Lengkap, dan Penjelasannya

PAKAIAN ADAT BANGKA BELITUNG – Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak pulau. Kurang lebih povinsi ini terdiri dari 2 pulau besar dan 470 pulau kecil. Nama provinsi ini juga diambil dari nama 2 pulau besar, yaitu pulau Bangka dan Belitung.
Pada zaman dulu, provinsi Bangka Belitung memiliki letak yang strategis untuk jalur perdagangan. Oleh sebab itu, banyak pendatang baru dari luar daerah yang menyebabkan pencampuran dalam budaya masyarakat Bangka Belitung. Contohnya saja dalam hal pakaian adat Bangka Belitung.

Pakaian Adat Bangka Belitung

pakaian adat bangka belitung
Nama pakaian adat Bangka Belitung ini sering disebut dengan kain cual dan baju seting. Menurut penjelasan dari beberapa penduduk Bangka belitung, baju adat Bangka Belitung ini pertama kali dibawa oleh pedagang Arab.
Karena baju yang dibawa oleh pedagang arab ini terbilang menarik. Akhirnya penduduk asli Bangka Belitung mulai memadukan baju tersebut dengan pakaian asli Bangka Belitung. Percampuran antara budaya inilah yang sekarang menjadi pakaian adat Bangka Belitung.

1. Pakaian Adat Bangka Belitung untuk Pengantin Laki-Laki

pakaian adat bangka belitung
Pakaian adat Bangka Belitung khusus pengantin laki-laki biasanya memakai sebuah jubah panjang dengan warna merah tua. Jubah ini sudah dilengkapi dengan selempang atau selendang yang disampirkan pada bagian bahu kanan. Sedangkan untuk bawahan, baju adat Bangka Belitung ini memakai celana dengan warna yang sama.
Baik jubah ataupun celana bawahan ini dilengkapi dengan aksesoris dan motif yang sama seperti pakaian adat Bangka Belitung khusus untuk pengantin perempuan. Selain itu, Pengantin laki-laki ini memakai sandal khas arab atau yang disebut dengan pending selop.

2. Baju Adat Bangka Belitung untuk Pengantin Wanita

pakaian adat bangka belitung
Nama pakaian adat Bangka Belitung khusus pengantin Wanita ini disebut dengan baju seting. Baju seting ini biasa dipadukan dengan kain cual sebagai bawahannya. Jika baju seting perpaduan antar budaya, kain cual ini merupakan kain asli dari Bangka Belitung.
Baju seting yang digunakan dalam pakaian adat Bangka Belitung ini berbahan kain sutra atau kain beludru. Sedangkan kain cual atau juga sering disebut dengan kain besusur atau kain lasem ini dibuat dengan metode tenun ikat khas daerah Bangka Belitung.
Untuk motif yang digunakan kain cual dalam bajuadat bangka belitung khusus pengantin wanita ini terdiri dari dua jenis. Motif ruang kosong ataumotif ajnde bekecak dan motif corak penuh atau motif penganten bekecak.
Selain memakai baju seting dan juga kain cual, pengantin perempuan ini juga akan memakai beberapa tambahan untuk mempercantik baju adat Bangka Belitung khusus pernikahan. Seperti:
  • Mahkota emas dengan tambahan ornamen khusus yang bernama paksian.
  • Penutup dada atau teratai yang dikenakan pada baju.
  • Untuk hiasan kepala memakai kembang hong, kuntum cempaka, daun bambu, pagar tenggalung, sari bulan, kembang cempaka dan kembang goyang.
  • Kalung Anting panjang.
  • Sepit udang atau hiasan di samping telinga kiri dan kanan, Gelang Pending untuk ikat pinggang.
  • Terakhir hiasan Ronce Melati pada bajunya.
Itulah penjelasan seputar pakaian adat Bangka Belitung yang meerupakan hasil dari perpaduan berbagai budaya. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan membuat kita lebih mencintai budaya yang ada di Indonesia.


EmoticonEmoticon