√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Kecapi

Cara Memainkan Alat Musik Kecapi 

Alat Musik Kecapi ini dimainkan dengan cara dipetik, teknik petikan adalah cara memainkan kecapi yang harus digunakan untuk menghasilkan suatu bunyi secara optimal. Cara tersebut menggunakan banyaknya jari pada tangan kita untuk menggunakannya.

Baca Juga:

√ Artikel Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Gambus dan Pembuatannya


Cara Memainkan Alat Musik Kecapi

Berikut ini adalah Cara Memainkan Alat Musik Kecapi :
  • Sintreuk-toel adalah sebutan untuk teknik petikan kecapi yang menggunakan dua jari. Yaitu, telunjuk kanan dan kiri,
  • Posisi dan gerakan jarinya yakni satu telunjuk kanan melipat ke dalam, ujung kukunya menyentuh bagian senar dengan gerakan ” menjentik ” dan telunjuk bagian kiri agak melengkung ke bawah,
  • Ujung kuku menyentuh senar dengan gerakan ” noel ” ( sentuhan sedikit dengan ujung jari, lebih dikenal dengan ” ditoel “).
Itu dilakukan agar gerakan dari kedua jari tersebut dapat menghasilkan komposisi nada yang diinginkan. Gerakan itu ada yang searah dalam nada oktaf atau akor, ada pula yang seperti saling bersahutan antara telunjuk kanan dan kiri.
Masing-masing dari jari di atas memiliki fungsi yang sama yakni sebagai penyaji melodi, ada juga yang bagian telunjuk kanannya berfungsi sebagai penyaji melodi dan bagian kiri sebagai penyaji bass dan lain-lain. yang berarti tergantung kebutuhan pada musiknya.
  • Teknik yang kedua biasa disebut dengan Teknik Dijambret yang berarti sebuah petikan kecapi yang mengutamakan jari-jari bagian kanan menciptakan tiga buah nada secara bersamaan, dengan menggunakan ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Sedangkan bagian kiri menggunakan ibu jari dan telunjuk.
Dari masing-masing jari tersebut memiliki fungsi masing-masing yaitu dari jari pada tangan kanan berfungsi untuk penyaji iringan sedangkan jari pada jari pada tangan kiri memiliki fungsi untuk penyaji bass. Teknik ini biasanya sering digunakan untuk mengiringi lagu-lagu mars atau tempo cepat.

Jenis Kecapi

Nada dalam Kecapi Sunda memiliki 5 tangga nada yaitu DA, MI, NA, TI, dan LA. alat musik kecapi ini biasanya dipadukan dengan alat musik Sunda Yang Lainnya Seperti Suling Sunda yang terbuat dari bambu. Ketika 2 alunan musik dari alat musik tersebut terpadu, maka akan tercipta suara yang indah.
Kecapi dibagi menjadi 2 tipe dalam permainan yakni Kecapi Indung atau Kecapi Induk, Kecapi Rincik atau Kecapi Anak.
  • Kecapi induk memimpin selama jalannya musik seperti memberikan intro, brindges, interlude dan menentukan sebuah tempo musik tersebut.
  • Kecapi Rincik biasanya digunakan untuk mengisi musik dengan cara mengisi sebuah ruang nada di bagian frekuensi tinggi.

Baca Juga:

√ Artikel Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Saluang Minang


 

Cara membuat Kecapi

Cara membuat kecapi pun tidak mudah. Kecapi sepintas terlihat seperti sebuah alat musik yang sederhana, namun cara pembuatannya tidaklah mudah. Untuk bahan bakunya, kecapi menggunakan kayu Kenanga yang direndam dulu. Merendamnya bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih butuh waktu sekitar 3 bulan.
Senarnya pun jika ingin menciptakan suara yang indah harus terbuat dari kawat Suasa. Kawat Suasa terbuat dari bahan logam, campuran emas, dan tembaga seperti kecapi yang dulu atau model dulu.


Searches related to Cara Memainkan Alat Musik Kecapi
  • apa kegunaan dari teknik dijambret dalam memainkan alat musik kecapi
  • apa yang dimaksud dengan kecapi indung
  • cara memainkan kecapi dan cara menghasilkan bunyi
  • cara menghasilkan bunyi kecapi
  • cara memainkan alat musik kendang
  • sebutkan macam macam fungsi alat musik tradisional
  • apa itu kecapi rincik atau kacapi anak
  • bagian bagian kecapi


EmoticonEmoticon