√ Lengkap Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara Beserta Gambarnya

mengetahui sedikit potongan sejarah dari Kalimantan Utara tentunya kita bisa membayangkan tentang peninggalan kuno dari masa kesultanan. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang kesenian alat musik tradisional dari Kalimantan Utara.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Kalimantan Utara memiliki warisan budaya yang merupakan kearifan lokal daerah setempat yang semestinya dijaga dan dilestarikan agar jangan sampai punah. Disertai dengan adanya pemanfaatan dan pengembangan merupakan salah satu cara yang baik untuk mempromosikan budaya dan kearifan lokal secara terus menerus, agar setidaknya kita memperkenalkan diri di mata Internasional.

1. Babun

alat musik babun
Gambar alat musik babun
Babun adalah alat musik tradisional Kalimantan Utara yang terbuat dari kayu dan memiliki lapisan kulit binatang pada setiap ujungnya yang berlubang. Babun berbentuk seperti gendang dan cara memainkannya juga sama, yaitu dipukul seperti gendang. Babun juga bisa anda temui di daerah Kalimantan Selatan.

Baca Juga:

√ Artikel Sate Ambal Makanan Tradisional dari Kebumen, Jawa tengah


Alat musik tradisional Babun hampir bisa kita temui hampir disetiap Kabupaten dan Kota-kota disana, biasanya dimana ada Babun disitu ada grup tari-tarian daerah atau grup wayang kulit yang ikut meramaikan suasana karena Babun digunakan sebagai alat musik pengiring pada acara tersebut, pemain Babun juga melakukan teknik yang berbeda-beda tergantung dari suasananya.
Pada umumnya pemain Babun duduk sila saat memainkan alat musik tradisional ini, penempatan dari Babun juga bebas sesuai keinginan pemain karena keahlian orang dan kidal atau tidaknya orang berbeda-beda. Ada 2 penyebutan pada permainan Babun jika dilihat dari segi penempatannya, jika pemain tidak kidal maka bagian rumpiang ditempatkan di kanan dan pambadukdi sebelah kiri. i dan Pambaduk hanyalah sebutan untuk sisi-sisi Babun.

Alat musik tradisional Kalimantan Utara ini juga bisa digunakan sebagai instrumen pengiring dalam “gamelan” dan juga “musik panting”, fungsinya juga bermacam-macam. Babun bisa digunakan sebagai penentu perbuahan gerak dan langkah pada tari-tarian, selain itu juga bisa digunakan sebagai pengatur irama pada lagu. Jika anda ingin mencoba memainkan alat musik tradisional ini, pastikan untuk tidak menutup lubang udaranya agar suaranya tidak tersumbat.

2. Gambang

alat musik gambang
Gambar alat musik gambang
Gambang adalah sebuah alat musik tradisional Kalimantan Utara yang terbuat dari bahan utama kayu / bambu dan berbilah-bilah sebanyak 18 buah. Gambang memiliki resonator yang berbentuk seperti perahu dengan bagian atas kotak suara tersebut dilapisi dengan beberapa bilah kayu tipis berbentuk persegi panjang. Bagian ujung pangkal resonator Gambang berbentuk piramid, berfungsi untuk penutup bagian pangkal tersebut.
Gambang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul yang bagian ujungnya dibalut dengan kain agar menghasilkan suara yang indah tanpa merusak kepingan logamnya. Alat musik Gambang me miliki tangga nada yang berbeda-beda antara 17 hingga 21 bilah (Mayor, Minor, dan Gregorian)
Nada terendah berbentuk bilah yang ukurannya terpanjang dan terlebar sedangkan nada tertinggi berbentuk pendek, tebal dan lurus seperti trapesium. Untuk meningkatkan nada, biasanya bilah ini dipotong atau ditipiskan pada bagian ujungnya. Sedangkan untuk merendahkan nada biasanya ditipiskan pada bagian tengah(perut)-nya.

3. Rebab

alat musik rebab
Gambar alat musik rebab
Rebab memang cukup sering namanya kita dengar di daerah-daerah tertentu di Nusantara, keberadaannya yang lain disebabkan adanya budaya timur yang masuk ke Indonesia memang tidak bisa kita tempis dari sejarah adanya Rebab. Bentuk dari rebab menyerupai gitar namun ukurannya cukup kecil dengan bagian badan alat musik tradisional ini berbentuk bulat sebagai resonatornya.
Sebagai salah satu dari alat musik tradisional Kalimantan Utara, Rebab dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan mulai dari asambel pada musik hingga pengiring upacara adat dibeberapa daerah. Rebab itupun sendiri sudah cukup terkenal tak hanya di Indonesia namun namanya sudah terdengar hingga Asia Tenggara.

Baca Juga:

√ Artikel Rempeyek Yutuk Makanan Tradisional dari Cilacap, Jawa tengah


Di daerah seperti Jawa, Rebab juga memiliki model dan nama panggilan sendiri. Ada yang membuatnya dari setengah tempurung kelapa, ada juga yang membuat kotak suara tersebut dari logam dan kulit sapi dan menghiasinya dengan ukiran-ukiran indah. Rebab juga digunakan pada Gamelan Jawa sebagai salah satu instrumen penting yang mampu menghiasi melodi dasar.

Related Posts

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara Beserta Gambarnya
4/ 5
Oleh