√ Artikel Rempeyek Yutuk Makanan Tradisional dari Cilacap, Jawa tengah

Rempeyek Yutuk adalah makanan jenis rempeyek yang terbuat dari Yutuk. Yutuk sendiri merupakan hewan pantai yang banyak di temukan di pesisir pantai selatan, salah satunya adalah di daerah pantai Cilacap. Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Cilacap, Jawa tengah.

Makanan ini sangat unik, apabila rempeyek pada umumnya menggunakan kedelai atau kacang tanah, namun rempeyek satu ini menggunakan Yutuk sebagai isi rempeyeknya. Yutuk ini merupakan hewan yang hidup di pantai yang berukuran kecil yang memiliki cangkang, bentuknya hampir sama dengan kepiting, namun berwarna coklat kehitaman. Di daerah lain hewan ini juga sering di sebut dengan Undur – undur laut.
 
 

Dalam proses pembuatannya hampir sama dengan rempeyek lainnya, sebelumnya Yutuk di bersihkan terlebih dahulu. Kemudian Yutuk di taruh di atas satu sendok adonan rempeyek. Satu sendok adonan akan menghasilan satu buah rempeyek. Setelah itu di goreng dengan cara di lebarkan agar hasilnya lebih tipis dan krispi. Salah satu keunikan dari Yutuk ini setelah di goreng biasanya Yutuk tersebut akan terlihat berwarna merah seperti udang.

Dalam penyajiannya, Rempeyek Yutuk ini biasanya di santap bersama dengan Sayur pecel. Namun kita juga bisa menjadikannya sebagai lauk untuk makanan lainnya. Selain itu Rempeyek Yutuk ini juga bisa dijadikan cemilan, karena rasanya yang gurih dan renyah. Namun untuk kita tidak bisa memakannya terlalu banyak. Karena apabila kita memakannya terlalu banyak akan membembuat kepala kita pusing.
Gambar : Rempeyek Yutuk
 
 
Rempeyek Yutuk ini sangat mudah kita temukan di pesisir pantai Cilacap. Di sana banyak warung pinggir pantai yang menjajakan Rempeyek Yutuk ini. Selain dapat kita nikmati secara langsung di sana, kita juga bisa membawa pulang Rempeyek Yutuk ini sebagai oleh – oleh. Nah, bagi anda yang berkunjung ke Cilacap, Jawa tengah. Maka kurang lengkap rasanya bila  belum menikmati makanan tradisional satu ini.