√ Artikel Sate Ambal Makanan Tradisional dari Kebumen, Jawa tengah

Sate Ambal adalah makanan jenis sate ayam yang khas dari Kebumen, jawa tengah. Sate ayam ini berbeda dengan sate ayam pada umumnya. Perbedaan tersebut terlihat dari sausnya yang sedikit encer dan berwarna kuning. Sate Ambal ini merupakan salah satu makanan tradisional dari Kebumen, Jawa tengah.

Sate ini di sebut Sate Ambal karena berasal dari kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa tengah. Sate Ambal ini sangat unik, salah satu keunikannya adalah dari sausnya. Apabila sate pada umumnya menggunakan saus kacang, namun pada Sate Ambal ini menggunakan saus yang terbuat dari tempe. Dalam proses pembuatannya, tempe di hancurkan hingga halus lalu di campur dengan bumbu lainnya. Sehingga saus yang di gunakan lebih halus dan encer.
 
 

Selain sausnya, salah satu keistimewaan Sate Ambal ini juga terletak pada daging satenya. Daging ayam yang di gunakan biasanya adalah daging ayam kampung. Sebelum di bakar, daging ayam dibumbui dan dimasak terlebih dahulu. Sehingga bumbu dapat meresap kedalam daging dan teksturnya lebih empuk. Selain itu saat di bakar akan menimbulkan aroma khas yang dapat menggugah selera kita.

Dalam penyajiannya, Sate Ambal ini biasanya di sajikan dalam piring dengan saus tempe yang disajikan secara terpisah. Seperti sate ayam pada umumnya, Sate Ambal ini juga disajikan bersama dengan ketupat yang dipotong kecil sesuai dengan selera. Selain itu untuk menambah rasa kita bisa menambahkan irisan bawang, irisan lombok, kecap dan juga sambal. Tentunya di sesuaikan dengan selera kita. Rasa dari Sate Ambal ini sangat unik, aroma dari rempah yang bercampur dengan rasa manis, pedas, dan gurih memberikan cita rasa yang khas pada Sate Ambal ini.
 
 

Gambar : Sate ambal
Sate Ambal ini sangat mudah di temukan di daerah Kebumen dan sekitarnya. Salah satu tempat yang banyak menjajakan Sate Ambal ini adalah di Kecamatan Ambal, sebagai tempat asalnya. Di sana Sate Ambal ini banyak dijajakan di warung sate sepanjang jalan kecamatan ambal, Kebumen. Bagi anda yang berkunjung ke Kebumen, Jawa tengah. Tentu kurang lengkap rasanya bila belum mampir untuk menikmati kelezatan Sate Ambal ini.