√ Lengkap Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Utara Beserta Gambarnya

Alat Musik Tradisional dari Sumatera Utara

Dari research yang sudah saya telusuri saya menemukan informasi. Bahwa, terdapat lebih dari 10 buah alat musik tradisional sumatera utara yang bisa kita temui. fungsi dari alat musik tradisional Sumatera Utara memiliki banyak ragam, ada musik yang digunakan untuk upacara adat ada juga yang digunakan untuk mengiri tarian adat yang lain-lain.
Sebagai contoh kalian bisa melihat alat musik tradisional Sumatera Utara Doli-Doli yang banyak di jumpai di daerah Nias.

Aramba 

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Aramba
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Aramba
Aramba merupakan alat musik tradisional dari sumatera utara yang biasanya sering dimainkan pada suatu acara pernikahan. Aramba terbuat dari tembaga kuningan / logam perunggu, alat musik yang ini berasal dari Nias.
Aramba dikenal dimainkan dengan cara dipukul, biasanya Aramba digantung pada sebuah tali, bentuk alat musik yang ini mudah kita kenal karena alat musik ini memiliki bentuk bundar yang menonjol di bagian atas alat musik ini.

Bentuk Dari Aramba 

Aramba memiliki diameter 40 cm sampai 50 cm, sedangkan untuk yang digunakan para bangsawan bernama Aramba Fatao dan Aramba Hongo yang memiliki diameter yang jelas berbeda yaitu berdiameter 60 cm sampai 90 cm.
Jika dilihat sepintas, Aramba seperti memiliki 2 bagian, yaitu bagian datar panjang dan bagian yang dipukul oleh pemain, gambar dari alat musik tradisional sumatera utara dapat kalian lihat diatas.

Doli-doli 

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Doli
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Doli
alat musik ini memiliki keunikan, secara sekilas bagi orang yang hanya memiliki batas kepahaman pada alat musik akan beranggapan bahwa bentuknya memiliki kemiripan seperti sebuah angklung. alat musik ini memiliki perbedaan dalam cara memegangnya dan cara bermainnya.
Doli-doli terbuat dari 4 bilah kayu dan alat dari musik tradisional Sumatera Utara ini dapat dimainkan dengan cara ditiup. alat musik ini juga dapat kalian jumpai di Nias. Alat musik ini dapat dimainkan bersama dengan Aramba dan pakpak.

Druri Dana

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Druri Dana
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Druri Dana
alat musik ini merupakan salah satu alat musik tradisional Sumatera Utara yang kali ini memiliki cara bermain dengan cara dipukul, Druri Dana merupakan alat musik yang akan mengeluarkan suara ketika bambu saling diadu. Druri Dana berasal dari Nias.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Beserta Gambarnya


Faritia

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Faritia
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Faritia
Faritia merupakan alat musik yang tergolong alat musik idiophone  (alat musik yang menghasilkan suara dari getaran). Bentuk alat musik ini memiliki kemiripan seperti Talempong yang berasal dari Padang atau seperti Gamelan yang berasal dari Jawa
Fatiria berbentuk bundar dengan garis tengah yang berukuran 23 cm dan ketebalannya 4 cm dengan bagian tengah yang menonjol untuk dipukul. Fatiria memiliki pemukul khusus yang dinamai dengan Simalambuo atau kayu Duria, kabarnya masyarakat Nias dikenal menggunakan Fatiria ini sebagai alat barter pada jaman dahulu.
Fatiria memiliki kemiripan dengan Gong tetapi berbeda dengan ukurannya, Fatiria Memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Gong, juga memiliki kemiripan dengan Gong.

Garantung / Kolintang 

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Garantung
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Garantung
Garantung atau kolintang merupakan alat musik tradisional sumatera utara tepatnya daerah Toba, Garantung / Kolintang ini terbuat dari sebuah kayu yang berbentuk rapi dan memiliki 5 buah sekat nada yang berbeda dan biasanya fungsinya sebagai pembawa melodi.
Garantung / Kolintang ini termasuk kedalam kelompok Xylophone (batang-batang yang menghasilkan sebuah nada). Selain sebagai pengiring sebuah melodi, Garantung / Kolintang ini juga dikenal sebagai penstabil dari ritme variable pada lagu-lagu yang akan dibawakan, dengan sebuah teknik yang disebut dengan teknik “Mamalu“.
Garantung memiliki fungsi juga sebagai resonator jika digantung diatas sebuah kotak dan Garantung memiliki 7 bilah yang tersusun rapi. dua buah stik yang berada di tangan kanan dan tangan kiri digunakan untuk memainkan alat musik tradisional sumatera utara tersebut.

Gonrang

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Gonrang
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Gonrang
Gonrang merupakan sebuah hasil dari seni masyarakat Sumalungun memiliki fungsi masyarakat daerah tersebut. Gonrang terdiri dari alat musik dan memiliki makna yang masing-masingnya berbeda, Gonrang tidak akan mungkin dapat lepas dari kehidupan atau acara adat dalam budaya Simalungun.
Gonrang memiliki makna yang berbeda yaitu sifatnya yang religius/sakral dan memiliki sifat menghibur, dalam kesenian dan kebudayaan Simalungun.
Gonrang adalah alat musik utama yang biasanya hadir dalam acara-acara seperti pernikahan, kematian, dan pesta adat. namun sayang alat musik ini sudah mulai kurang diminati karena sedikit demi sedikit tersingkirkan oleh alat musik modern.

Gordang

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Gordang
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Gordang
Gordang adalah sebuah instrumen musik yang terdiri dari 9 buah Gendang, bentuk dari alat musik ini sendiri merupakan susunan dari gendang-gendang berbentuk besar yang disusun rapi dan berurutan.
Gordang biasanya sering dimainkan ketika pertunjukkan upacara adat, penyambutan, pernikahan dan juga terkadang digunakan saat acara kematian. Gordang biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional dari sumatera utara yang lain-lain.

Gendang Singanaki

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Gendang Singanaki
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Gendang Singanaki
ini juga merupakan alat musik tradisional dari sumatera utara juga yang terbuat dari Potongan Kayu dan Potongan kulit binatang, Gendang yang khas ini berasal dari daerah Batak karo 2 bagian berbeda yaitu penganaki dan anak gendang yang disebut Gerantung / enek-enek. berukuran kecil ramping. cara memainkannya kalian harus memiliki sebuah alat khusus untuk memukulnya.

Gendang Sisibah/pakpak

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Gendang Sisibah
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Gendang Sisibah
alat musik ini juga termasuk dalam alat musik tradisional dari sumatera utara yang cara penggunaannya dengan dipukul menggunakan alat yang terbuat dari kayu/ alat pukul lainnya.
Gendang Sisibah/pakpak ini sering dijumpai di daerah Sumatra Utara saat mengiringi upacara adat yang ada di PakPak Dairi dalam acara suka maupun duka.

Gung dan Penganak

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Gung dan penganak
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Gung dan penganak
Gung dan penganak merupakan salah satu dari alat musik tradisional dari sumatera utara alat musik ini dikelompokan sebagai alat musik Idiophone yang berarti ” Bergetar untuk menghasilkan suatu bunyi/suara “.
Perbedaan antara alat musik ini dengan gong nusantara yang lain terletak pada ukuran dan garis tengahnya. Alat musik ini memiliki ukuran garis tengah yang berada di angka 68 cm dan penganaknya berukuran lebih kecil sekitar 16 cm. Gong dan penganak terbuat dari logam/kuningan, dan alat pukulnya terbuat dari kayu dengan ban karet diujungnya atau juga bisa dengan kain.
pemukulnya dinamai dengan sebutan Palu-Palu.


Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara Beserta Gambarnya


Hapetan atau Hasapi 

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Hapetan
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Hapetan
alat musik ini sudah tercatat dan dikenal oleh indonesia terbukti dari namanya ” Hapetan ” sudah tercatat pada KBBI, Hapetan adalah alat musik seperti kecapi yang berasal dari daerah Tapanuli, Memiliki dawai dan dimainkan dengan sebuah bilah petik.
Hapetan merupakan jenis alat musik tradisional dari Sumatera Utara yang dimainkan dengan cara di petik, caranya mirip seperti jenis gitar tradisional berdawai 2 dari daerah Tapanuli. Di daerah Sumbawa, alat musik ini juga disebut dengan nama Jungga.

Jenis-Jenis Hasapi

Untuk Hasapi memiliki 2 jenis alat musik yaitu:
Hasapi Ende
  • Instrumen pembawa melodi dan merupakan yang paling utama di dalam ensambel Gondang Hasapi
Hasapi Doal
  • Instrumen yang ini memiliki kemiripan dengan Hasapi Ende, tetapi dalam cara memainkannya berbeda, Hasapi Doal berperan sebagai pembawa ritme konstan.

 

Ole-Ole

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Ole ole
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Ole ole
Ole-Ole yang ini merupakan jenis alat musik tradisional Sumatera Utara yang cara memainkannya dengan cara ditiup, badan dari alat ini terbuat dari batang padi dan resonatornya terbuat dari daun kelapa atau biasa disebut dengan enau. 
Ole-ole merupakan jenis alat musik sederhana yang masuk dalam jenis alat musik yang bersifat Solo, alat musik ini terbuat dari satu ruas batang padi.
Alat musik ini terkadang juga memiliki lubang yang terdapat pada batangnya. Lubang nada pada batang tersebut tidak beraturan tergantung kepada si pembuat alat musik dan juga nada-nadanya yang ingin dicapai dibuat sedemikian rupa karena memang alat musik tersebut dibuat hanya untuk hiburan belaka.

Panggora

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Panggora
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Panggora
Panggora merupakan alat musik tradisional dari sumatera utara yang sejenis seperti gong namun suara bunyinya sedikit lebih unik bila dibandingkan dengan gong, Bunyinya dapat dipukul dengan menggunakan alat yang biasa disebut dengan ” stik ” setelah bunyi telah keluar nanti akan diredamkan dengan sebuah pegangan tangan.
Panggora ini adalah sebuah gong yang paling besar dengan ukuran garis tengah mencapai 37 cm dengan memiliki tebal sekitar 6 cm.
Panggora menyerupai bentuk berupa gong berukuran yang sangat besar, besarnya sampai melebihi Aramba dan Faritia. Panggora terbuat dari bahan logam seperti besi, kuningan atau perunggu, agar suara yang dihasilkan juga lebih keras dan terdengar nyaring.

Sarune Bolon

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Sarune bolon
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Sarune bolon
Sarune Bolon ini merupakan jenis alat musik tradisional sumatera utara yang memiliki 6 buah lubang nada yang berfungsi utuh dan berperan untuk mengiringi melodi yang keluar. Alat musik tradisional yang satu ini termasuk bagian dari perangkat Gondang Sabangunan.
Instrumen ini dapat digabungkan dengan Taganing, Gondang, Ogung, Hesek, dan Adap. Sedangkan pada masyarakat daerah Simalungun itu sendiri, Alat musik ini merupakan bagian dari perangkat Gindrang Saparangguan.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Banten Beserta Gambarnya


Taganing

Alat musik tradisional dari Sumatera utara Taganing
Gambar alat musik tradisional dari Sumatera utara Taganing
Taganing merupakan salah satu alat musik tradisional Sumatera Utara yang terdiri dari 5 buah gendang yang berfungsi sebagai pengatur ritme. Taganing juga dapat disebut sebagai Drum Set Melodis. Alat musik pukul ini semakin dipukul ke kiri semakin tinggi nada yang di keluarkan, Alat musik ini memiliki sebuah stik untuk memukul pada umumnya.