√ Artikel Soto Bandung Kuliner Tradisional Bandung Jawa Barat

Soto Bandung adalah masakan soto khas Bandung, Jawa Barat. seperti namanya, masakan soto satu ini sangat populer di daerah Bandung dan sekitarnya. Soto Bandung ini hampir sama dengan soto di Indonesia lainnya, yang membedakan adalah bahan pelengkap yang di gunakan.

Bahan dasar pada Soto Bandung ini adalah daging sapi tetelan. Untuk bumbu yang di gunakan berupa serai, jahe, lengkuas, garam, gula, serta bumbu yang di haluskan seperti bawang merah, bawang putih, dan merica. Pada proses pembuatannya, pertama daging di rebus dengan air sampai matang. Kemudian di ambil dagingnya dan di potong dadu. Kaldu daging yang sudah di saring tersebut di rebus lagi hingga mendidih. Untuk memasak kuahnya, pertama bumbu halus, sangrai, jahe dan lengkuas di tumis sampai harum. Kemudian di campur ke dalam air kaldu bersama dengan daging sampai empuk. Untuk menambah rasa bisa di tambahkan garam, gula dan penambah rasa sapi secukupnya.
 
 

Untuk penyajiannya, Soto Bandung biasanya di sajikan ke dalam mangkok dan di tambahkan bahan pelengkap seperti lobak (sudah di rebus dan di iris tipis), batang seledri, daun bawang, kacang kedelai goreng, dan bawang goreng. Selain itu untuk menambah cita rasa dari Soto Bandung ini sebelum di santap bisa di tambahkan jeruk nipis, sambal dan kecap manis.

Soto Bandung ini memiliki cita rasa yang gurih dan segar, cocok untuk di santap pada saat siang hari. keunikan yang terdapat pada Soto Bandung ini adalah pada bahan pelengkapnya, yaitu lobak dan taburan kedelai yang sudah di goreng. Selain rasa kuahnya yang segar dan dagingnya yang empuk, ada kedelai goreng yang memberikan sensasi yang berbeda saat menyantapnya. Kuah Soto Bandung ini berwarna bening, karena tidak menggunakan santan. Karena itulah kaldu daging sangat terasa dan memberikan cita rasa yang gurih dan aromanya yang menggugah selera.

Gambar : Soto Bandung
 
 
Soto Bandung ini sangat mudah kita temukan di kota Bandung, Jawa Barat. banyak warung makan masakan Bandung yang menyediakan menu satu ini. selain itu beberapa ada juga yang menjualnya di restoran, hotel dan mall. Harga dari Soto Bandung ini relatif murah meriah tentunya setiap penjual memiliki rasa dan harga yang berbeda pula. Bagi anda yang berkunjung ke kota Bandung, masakan khas satu ini tidak boleh terlewatkan. Apa lagi bagi anda pencinta kuliner nusantara yang belum pernah mencoba, Soto Bandung wajib untuk di coba.