√ Lengkap 10 Alat Musik Tradisional Papua Beserta Gambarnya

Alat musik Tradisional Papua

Mungkin hingga saat ini anda hanya mengentahui sedikit tentang Papua, ya jangan heran memang ketika kita ingin mengetahui tentang sesuatu yang baru kita akan dipertemukan dengan hal yang tidak biasa kita lihat sebelumnya. Di daerah Papua memang terkenal dengan alat musik Tifa, namun ternyata masih banyak lagi alat musik tradisional yang mungkin anda belum kenali.

1. Pikon

alat musik tradisional pikonPikon adalah alat musik tradisional daerah Papua. Pikon diyakini berasal dari kata Pikonane yang dalam bahasa Baliem berarti bunyi, dalam kesenian alat musik tradisional Papua pikon kebanyakan dimainkan oleh kaum laki-laki, khususnya di daerah pedalaman suku Dani.
Meskipun banyak yang menyebut Pikon adalah alat musik, suara yang dihasilkan darinya tidaklah sebaik yang kalian bayangkan bahkan bisa dibilang suara yang dihasilkan sedikit mengganggu jika kalian tidak terbiasa mendengarnya (sumbang).
Alat musik tradisional Pikon ini biasanya dimainkan disaat waktu senggang untuk mengisi kekosongan waktu dan juga menghibur diri dari kepenatan para pria selepas berburu atau bekerja seharian, mereka berkumpul dan memainkan Pikon di honai (rumah kayu yang berbentuk kerucut, terbuat dari jerami atau ilalang)

2. Yi

alat musik tradisional yi
Selanjutnya, ada Yi yang berbentuk seperti “suling”, Yi terbuat dari kayu dan bambu. Alat musik ini dulunya digunakan untuk memanggil penduduk dan juga sebagai pengiring tari-tarian daerah Nama alat tradisional Papua ini memanglah sangat simpel namun suara yang dihasilkan sangatlah unik.
Yi juga termasuk dari salah satu daftar alat musik tradisional dari Papua Barat
Alat musik Yi sangatlah sulit ditemukan, mungkin jika kalian mencarinya di perpustakaan digital-pun belum tentu bisa menemukan keterangan dan asal-usul musik Yi. Alat musik ini memiliki bentuk fisik yang agak gempal dan berwarna coklat gelap.

Baca Juga:

√ Lengkap 6 Alat Musik Tradisional Riau Beserta Gambarnya



3. Triton

alat musik tradisional triton
Gambar alat musik tradisional triton
Sekilas jika kita mendengar nama alat musik tradisional dari Papua “Triton” seperti tidak asing, Triton memang merupakan nama sebuah daerah (sebuah teluk lebih tepatnya) yang “katanya” memiliki keindahan hayati yang lebih indah dari Raja Ampat.

Penggunaan Triton

Alat musik tradisional Papua Triton dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini tidaklah dibuat melainkan kalian bisa temukan hampir di seluruh pesisir pantai di Papua, seperti: Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama, serta Kep. Raja Amat.
Selain Yi, Triton juga merupakan alat musik tradisional dari Papua Barat. Dulunya, triton sering dimanfaatkan untuk sarana berkomunikasi dan memanggil bantuan, namun sekarang lebih sering digunakan untuk hiburan semata.

4. Fuu

alat musik tradisional fuu
Gambar alat musik tradisional papua
Alat musik Fuu terbuat dari kayu dan bambu yang digunakan sebagai alat untuk memanggil penduduk suku tertentu dan juga mengiringi tari-tarian tradisional suku Asmat (salah satu suku di pedalaman Papua) di kabupaten Merauke, Papua
Bisa dibilang Fuu merupakan paduan antara bentuk “suling” dan “tabung” karena memang bentuknya yang gempal dan berlubang pada ujungnya, Fuu biasa dimainkan berkolaborasi dengan alat musik Papua lainnya seperti Tifa dan atau Kelambut.
Banyak orang yang mengatakan bahwa alat musik Fuu adalah identitas Papua yang harus dilestarikan keberadaannya.

5. Kecapi mulut

alat musik tradisional kecapi mulut
alat musik tradisional papua dan gambarnya
Kecapi mulut adalah alat musik yang terbuat dari bambu wulu, untuk memainkannya-pun ada teknik tersendirinya. Untuk memainkan Kecapi mulut, alat musik ini harus kalian jepit diantara bibir, lalu ditiup sambil menarik talinya. Alat musik ini diyakini berasal dari Suku dani yang ada di lembah Baliem, Papua.
Salah satu tempat yang masih menyimpan keaslian dari alat musik Kecapi mulut adalah museum Loka Budaya Universitas Cenderawasih. Kecapi mulut menghasilkan suara yang tidak terlalu keras, sehingga mungkin penggunaannya hanya untuk hiburan semata.

6. Tifa

alat musik tradisional tifa
Gambar alat musik tradisional tifa
Alat musik tradisional Papua Tifadimainkan dengan cara dipukul, memang seperti gendang karena teknik memainkannya pun hampir sama. Tifa terbuat dari batang kayu yaang dikosongi atau diambil isinya, lalu salah satu sisinya diberikan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara.
Kulit rusa hanyalah salah satu pilihan untuk membuat bagian yang dipukul, mereka mungkin bisa saja menggantinya dengan menggunakan kulit hewan lainnya. Tifa juga alat musik yang memiliki cerita legenda, salah satunya adalah cerita tentang “Biwar sang penakluk naga
Tifa juga memiliki berbagai macam jenis, diantaranya: Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas. Tifa digunakan sebagai iring-iringan lagu, berdansa disertai api unggun dan lainnya, namun pada jaman dulu Tifa merupakan penyemangat perang.

7. Paar & Kee

alat musik tradisional paar dan kee
Gambar alat musik tradisional paar dan kee
Paar dan Kee bisa dibilang seperti sepasang perangko dan surat. Paar terbuat dari Labu dan Kee terbuat dari tulang burung kasuari. Fungsi Paar dan Kee biasanya digunakan sebaga penutup aurat laki-laki namun juga digunakan sebagai alat musik di beberapa pesta adat.
Para penari yang menggunakan Paar dan Kee melompat lompat sehingga kedua benda ini bersentuhan menciptakan bunyi yang memiliki irama. Alat musik ini berasal dari Suku Waris di Kab. Keerom.

8. Krombi

alat musik tradisional krombi
Gambar alat musik tradisional krombi
Krombi atau Kerombi adalah alat musik yang terbuat dari bambu, Krombi merupakan alat yang digunakan oleh suku Tehit di Papua untuk mengiringi tarian pada acara adat masyarakat seperti pesta adat. Krombi dimainkan menggunakan sebuah kayu kecil yang dipukul.
Krombi bisa kalian temukan di daerah kampung Seremuk, Sorong selatan Provinsi Papua. Krombi biasanya dimainkan berkolaborasi dengan alat musik lainnya seperti piko, nailavos, fu akuika, karapra. Tak jarang masyarakat juga memainkan alat musik tradisional Papua Nugini (New Geunea)

Baca Juga:

√ Lengkap 13 Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Beserta Gambarnya


9. Butshake

alat musik tradisional butshake
Gambar alat musik tradisional butshake
Butshake terbuat dari Bambu dan buah kenari, alat musik ini berasal dari daerah Muyu Kabupaten Merauke. Instrumen musik ini memiliki suara gemericik saat diayunkan atau dikocok menggunakan tangan. Butshake biasanya digunakan oleh masyarakat Papua sebagai pengiring tarian adat.
Pada prinsipnya Butshake adalah instrumen musik yang suaranya tercipta dari hasil “tabrakan” antar kenari yang ada pada bambu. Mungkin di era modern ini Butshake mirip dengan “marakas

10. Amyen

alat musik tradisional amyen
Gambar alat musik tradisional amyen
Amyen merupakan alat musik tradisional dari Papua yang dimainkan dengan cara ditiup, bentuknya sangat mirip dengan alat musik seruling / suling. Amyen digunakan untuk mengiringi tari-tarian daerah serta memanggil dan memberikan tanda bahaya saat perang dahulu.
Amyen menggunakan bahan kayu putih dalam pembuatannya, alat musik ini diyakini berasal dari Suku Web, Kab. Keerom – Provinsi Papua.

11. Atowo

alat musik tradisional atowo
Gambar alat musik tradisional atowo
Atowo merupakan nama alat musik tradisional dari Papua yang sulit ditemukan keberadaannya, memang benar sekali alat musik tradisional Papua Atowo merupakan alat musik khas adat budaya nasional disana. Bentuk dari atowo adalah bulat panjang dengan ukuran relatif kecil dan ringan.
Atowo dimainakn dengan menggunakan 2 tangan, tangan yang satu memegang badan atowo dan tangan satunya menabuh dengan teknik pukulan untuk menciptakan irama yang indah. Atowo biasa digunakan untuk hiburan rakyat.