√ Lengkap 6 Alat Musik Tradisional Makassar Beserta Gambarnya

Alat musik Tradisional Makassar

Makassar adalah sebuah daerah yang terdapat disebuah daerah di Indonesia, tepatnya di Sulawesi Selatan. Jika dilihat dari sisi pembangunan dan dari segi infrastruktur, kota Makassar ini menjadi salah satu kota yang besar dan modern di Indonesia.


1. Kesok – Kesok

Alat musik tradisional makassar Kesok - Kesok
Gambar alat musik tradisional makassar Kesok – Kesok
Salah alat musik tradisional dari Makassar yang terkenal adalah instrumen gesek bardawai dua. yaitu alat penggeseknya terbuat dari bulu kuda. Cara menggeseknya ialah dengan menegakkan kesok-kesok tersebut, lalu di gesek. Sinrilik merupakan jenis sastra lisan yang masih hidup di masyarakat Makassar.
Sinrilik biasanya menceritakan tentang perjalanan sejarah, petuah dan kisah tokoh-tokoh penting yang masih hidup dalam masyarakat. Pembacaan syair puisi biasanya dilakukan sambil diikuti oleh kesok-kesok (rebab) dengan irama tertentu yang spesifik.

Baca Juga:

√ Lengkap 13 Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Beserta Gambarnya


2. Orkes Turiolo

Alat musik tradisional makassar Orkes Turiolo
Gambar Alat musik tradisional makassar Orkes Turiolo
Musik ini adalah gabungan yang terdiri dari beberapa instrumen musik yang berada di daerah Makassar dengan mempersembahkan beberapa lagu asli atau turiolo yang berasal dari daerah Makassar yang menghantarkan kita pda zaman alam di Sulawesi Selatan.

3. Tunrung Pakkanjara

Alat musik tradisional makassar Tunrung Pakkanjara
Gambar alat musik tradisional makassar Tunrung Pakkanjara
Merupakan perpaduan irama beberapa bunyi nyanyian klasik (karawitan) terdiri dari gendang, pui-pui dan gong. Irama gendang ini ditabuh sedmikian rupa hingga menimbulkan bunyi yang menggebu-gebu diiringi tiupan pui-pui.
Pui-pui adalah alat musik tradisional suku Makassar yang tepatnya berada di daerah Gowa yang mengeluarkan suara melengking mempekakan telinga.

4. Kecapi Bugis

Alat musik tradisional makassar Kecapi Bugis
Gambar alat musik tradisional makassar Kecapi Bugis
Kecapi adalah merupakan salah satu alat musik petik yang mungkin cara memainkannya sedikit sulit untuk dipelajari dibanding dengan alat musik lainnya di atas.
biasanya alat musik ini diperuntukan sebagai alat untuk memperkaya dari gabungan suara yang dihasilkan dari dalam musik-musik tradisional. Kecapi memiliki beberapa senar yang dipetik agar mengeluarkan bunyi

5. Batti

Alat musik tradisional makassar Batti
Gambar alat musik tradisional makassar Batti
Batti adalah salah satu nama alat musik tradisional Makassar Musik yang memepergunakan alat sejenis Gambus. Biasanya dipertunjukan pada pesta perkawinan dan sunatan atau acara-acara lain yang merupakan pesta kegembiraan. Jenis musik ini berasal dari daerah Selayar.


Baca Juga:

√ Lengkap 10 Alat Musik Tradisional Sumatera Barat Beserta Gambarnya


6. Suling Bugis

Alat musik tradisional makassar Suling Bugis
Gambar alat musik tradisional makassar Suling Bugis
Suling bugis adalah alat musik tradisional bugis Makassar. Alat musik ini terdiri dari 3 jenis yaitu
  • Suling panjang (suling lampe), memiliki 5 lubang nada. Suling jenis ini telah punah.
  • Suling calabai (Suling ponco), sering dipadukan dengan piola (biola) kecapi dan dimainkan bersama penyanyi
  • Suling dupa samping (Musik bambu), Musik bambu masih terplihara di daerah kecamatan lembang. biasanya digunakan pada saat acara karnaval (baris-berbaris) atau acara penjemputan tamu berlangsung