√ Artikel Senjata Tradisional Sulawesi Utara Lengkap

Senjata tradisional merupakan sebuah produk budaya yang digunakan oleh masyarakat untuk melindungi diri dari serangan musuh, berladang ataupun berburu. Selain itu, senjata bisa menjadi identitas dari sekelompok masyarakat yang menggunakannya.
Saat ini, seiring berkembangnya jaman senjata-senjata tradisional ini sudah jarang sekali digunakan. Mungkin hanya suku-suku pedalaman saja yang masih menggunakannya. Sahabat GWI Indonesia Banget, mari kita simak beberapa senjata tradisional yang ada di Sulawesi Utara.

Pedang Bara Sangihe
Pedang-Bara-Sangihe 
Pedang Bara Sangihe
Sabel termasuk jenis peda (sejenis Parang) dengan ukuran lebih panjang, yaitu 1-1,5m. Hulunya juga bercabang dua dan dipakai untuk perang,

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Utara Beserta Gambarnya




Ujung_pedang_bara 
Ujung Pedang Bara Sangihe

Jenis Sabel yang terkenal yaitu Pedang bara Sangihe, memiliki gagang dua cabang. Tidak hanya pada gagang, pada ujung pedang bara juga memiliki dua cabang yang diantara dua cabang tersebut terdapat gerigi-gerigi. Pedang bara Sangihe menjadi salah satu senjata tradisional kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara dan menjadi salah satu kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia.
Gagang_Pedang_bara 
Gagang Pedang Bara Sangihe
Pedang Bara Sangihe dahulu dikenal sebagai salah satu senjata yang digunakan oleh salah satu Pahlawan Sulawesi Utara bernama Hengkeng U Nang. Sejak kecil Hengkeng U Nang diketahui rajin mengasah keahliannya bergulat dan juga ketangkasannya dalam bermain pedang bara.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Kepulauan Riau Beserta Gambarnya



Peda (sejenis Parang)
Peda dan parang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk bertani atau menyadap enau. Pedan ini bentuknya pendek dengan ukurun 50 cm, terbuat dari besi. Hulunya terbuat dari kayu yang keras dan ujungnya bercabang dua.

Perisai
Perisai sebagai penangkis terbuat dari kayu, diberi ukiran dengan motif motif binatang atau daun daun.