4 Pakaian Adat Lampung | Gambar Lengkap, dan Penjelasannya

PAKAIAN ADAT LAMPUNG – Provinsi lampung terkenal dengan penduduknya yang heterogen atau memiliki banyak suku bangsa yang tinggal di sana. Contohnya suku Lampung, Jawa, Sunda, bahkan suku Bali.
Walaupun demikian, Provinsi Lampung masih menyimpan budaya asli yang masih sering dilestarikan oleh masyarakat di sana. Kebudayaan Lampung yang masih sering terlihat dikeramaian suku bangsa lainnya adalah pakaian adat Lampung.

Pakaian Adat Lampung

Pakaian adat Lampung merupakan pakaian yang sering dikenakan dalam acara seni tari dan pernikahan. Baju adat Lampung ini juga masih eksis hingga sekarang karena memiliki nila seni dan ciri khas yang membedakan dari pakaian lainnya.

Pakaian Adat Lampung untuk Laki-laki

baju adat lampung
Pakaian adat Lampung untuk laki-laki biasanya cukup simpel. Seperti baju lengan panjang yang berwarna putih, celana berwarna hitam, sesapuran, sarung tumpal, dan juga khikat akhir.
Baju adat Lampung pengantin laki-laki dari suku Lampung ini biasanya dilengkapi dengan bermacam-macam perhiasan. Perhiasan tersebut di antaranya kopiah emas yang beruji, perhiasan untuk leher, seperti kalung, perhiasan dibagian dada, perhiasan lengan dan juga perhiasan pinggang.
Berikut ini masing-masing penjelasan setiap bagian perhiasan dari pakaian adat Lampung untuk pernikahan :

Kalung

  • Kalung papan jajar merupakan kalung yang memiliki tiga siger kecil berbentuk lempengan yang mempunyai ukuran berbeda.
  • Kalung buah jukum merupakan kalung yang memiliki gantungan dari miniatur jukum. Buah jukum ini dimaksud sebagai simbol doa agar setelah menikah mendapat keturunan.
  • Selempeng pinang merupakan kalung panjang dengan gantungan yang menyerupai bunga dan buah

Ikat Pinggang

Ikat pinggang yang dipakai untuk baju adat lampung disebut sebagai bulu serti. Bulu ini memiliki sebuah terapang atau keris yang termasuk senjata tradisional Lampung.

Gelang

  • Gelang burung merupakan gelang berbentuk pipih dengan hiasan burung garuda yang sedang melebarkan sayap. Gelang yang dipakai pada lengan kanan dan juga kiri ini memiliki simbol kekerabatan dan panjang umur setelah menikah.
  • Gelang kano merupakan gelang berbentuk ban. Gelang ini dipakai pada lengan kanan dan juga kiri tepat di bagian bawah gelang burung.Gelang kano memiliki simbol pembatasan semua kegiatan buruk setelah menikah.
  • Gelang bibit merupakan gelang yang dipakai pada bagian bawah gelang kano.
Itulah Penjelasan seputar pakaian adat Lampung yang memiliki nilai seni dan ciri khas tersendiri. Semoga bisa menambah wawasan baru dan tentunya dapat melestarikan baju adat Lampung tersebut.


EmoticonEmoticon