Jenis Jenis Bentuk Dalam Seni Rupa Lengkap

Menggambar Bentuk Dalam Seni Rupa- merupakan cara mengambar dengan meniru obyek dan mengutamakan kemiripan rupa. Semakin mendekati kemiripan rupa, berarti gambar bentuk yang dibuat semakin sempurna. Obyek gambar bentuk dapat berupa benda-benda mati,flora, fauna, manusia atau alam benda.

Desain multimedia merupakan mata pelajaran yang membahas pengetahuan dasar tentang multimedia, mulai dari pengertian hingga pembuatan desain untuk produk multimedia.Berikut ini salah satu yang harus di perhatikan dalam memulai penggambaran salah satu untuk Arsitektur dan Multimedia. Inilah salah satu yang akan saya bahas Jenis Jenis Bentuk Dalam Seni Rupa dibawah ini.

Jenis Jenis Bentuk Dalam Seni Rupa 


1. Gambar Bentuk
Bentuk di alam sangatlah beraneka ragam, baik jenis maupun coraknya. Bentuk tersebut bisa berupa kotak, bulat, lonjong, persegi, segitiga, ataupun bentuk bebas seperti bentuk abstrak, bentuk bunga, daun batang pohon dan lain sebagainya.Sebuah karya gambar bentuk dapat dikatakan sebagai jiplakan atau tiruan daribenda atau objek model aslinya sehingga ketepatan bentuk sangat diutamakan. Namun, hal itu bukan berarti dalam kegiatan menggambar bentuk sama sekali tidak melibatkan ide, gagasan, dan ekspresi. Justru ketiganya menjadi unsur penunjang terutama pada teknik mengarsir, pengaturan komposisi benda, kesan gelap terang, dan terjemahan atau penggambaran kesan sifat bahan dasar suatu benda atau model. Misalnya, benda terbuat dari kayu akan berbeda dengan benda yang terbuat dari keramik, batu, atau kaca.
Gambar bentuk sangatlah diperlukan dalam berbagai segi kehidupan. Banyak sekali kegiatan yang memerlukan unsur gambar, khususnya gambar benda, contoh pembuatan benda-benda mebel, membuat rancangan bagian-bagian rumah, ilustrasi gambar pada buku-buku pelajaran, dan buku ilmiah.

Baca Juga:

√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Gendang


2. Macam-Macam Bentuk
Bentuk-bentuk benda yang terdapat di sekitarmu sangat beragam, bukan?
Ada benda yang berbentuk kotak, ada pula benda yang berbentuk bulat. Berikut ini beberapa macam bentuk benda.
a. Bentuk Kubistis
Bentuk kubistis merupakan bentuk-bentuk yang menyerupai kubus atau balok.
Benda-benda yang memiliki bentuk kubistis, antara lain televisi, lemari, meja, kulkas, dan mesin cuci. Meja merupakan contoh benda berbentuk kubistis
b. Bentuk Piramid dan Kerucut
Bentuk piramid merupakan bentuk benda yang menyerupai limas. Contohnya adalah piramid di Mesir. Adapun bentuk kerucut merupakan benda dengan bentuk bagian atas lancip, contohnya, kubah dan topi hias. Topi hias merupakan contoh benda berbentuk kerucut
c. Bentuk Silindris
Bentuk silindris merupakan bentuk benda yang menyerupai tabung atau silinder. Benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain gelas, ember, dan toples.
d. Bentuk Bola atau Bulat
Bentuk bola atau bulat merupakan bentuk benda yang menyerupai bola yaitu bundar dan bagian dalamnya terkesan berisi (pejal). Benda yang memiliki bentuk seperti ini antara lain bola, semangka, dan globe. Semangka merupakan contoh benda berbentuk bola.
e. Bentuk Bebas atau Tak Beraturan
Bentuk bebas merupakan bentuk benda yang tidak memiliki keteraturan atau lepas dari bentuk geometris. Contohnya, binatang, tas, sepatu, pakaian, dan buah-buahan.


EmoticonEmoticon