Artikel Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips)

Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips) - Setiap benda yang tercipta dan dapat dinikmati atau dilihat oleh mata serta dirasakan oleh sentuhan merupakan sebuah karya seni rupa. Seni rupa murni merupakan salah satu dari dua cabang seni rupa. Seni rupa murni atau yang biasa disebut juga seni rupa bebas merupakan karya seni rupa yang diciptakan berdasarkan ekspresi dan kreativitas seniman.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang karya seni murni dan apa yang dihasilkan dalam seni murni, dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips) dibawah ini. Selamat belajar.

Bahan dan Cara Pembuatan Patung Gips

Sejarah seni rupa murni klasik yang berupa seni patung, seni lukis, seni bangunan, bahkan karya seni yang dibuat dengan teknik dasar cetak grafis (teknik cap pada batu atau dinding bangunan) sudah diciptakan oleh manusia sejak zaman dulu. Karya-karya seni tersebut selalu menyertai perkembangan sejarah peradaban manusia, baik di Indonesia dan Asia, serta mancanegara di luar Asia. Bahkan pada masa sekarang karya seni telah berkembang pesat dengan teknik, tema, dan bahan yang kian beragam.


1. Ragam bahan dan teknik pembuatan patung

Beragam teknik penciptaan karya seni tiga dimensi. Beragam teknik tersebut, antara lain teknik butsir, cor, las, tempa, pahat, konstruksi, cetak, atau teknik-teknik baru masa kini yang diterapkan oleh para seniman kontemporer. Teknik-teknik tersebut umumnya juga diterapkan dalam pembuatan patung. Patung berbahan semen dibuat menggunakan teknik cor, patung berbahan tanah liat dibuat menggunakan teknik butsir, serta patung dari bahan kayu dan batu dibentuk dengan teknik pahat.


2. Karya seni patung dari bahan gips (gypsum)

Salah satu patung unik yang bisa dibentuk melalui proses yang mudah adalah patung berbahan gips. Gips termasuk jenis benda buatan, bertekstur kasar dan keras, serta berwarna putih mirip bata putih. Namun, gips dalam seni pahat tergolong benda dengan struktur materi yang lunak, karena mudah dibentuk. Hal ini berbeda dengan batu atau kayu yang struktur materinya keras. Gips bisa dibentuk menjadi patung dengan aneka model, termasuk relief atau ornamen ukir.

3. Membuat patung dari bahan gips


Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips)
Untuk membuat patung gips, bahan dan alat yang dibutuhkan, yaitu sebagai berikut.
a. Serbuk gips (biasanya tersedia di toko-toko bangunan), sediakan secukupnya.
b. Pahat (bisa pahat ukir atau pahat grafis). Bila tidak ada, bisa diganti pisau kecil atau cutter besar.
c. Botol air mineral atau wadah berbahan plastik lainnya, untuk mencetak serbuk gips
d. Palu pahat ringan. Bila tidak ada, bisa diganti benda lain yang berfungsi untuk pemukul pahat.


Gips untuk pembuatan patung ini harus dibentuk terlebih dahulu melalui suatu proses, karena bentuk asalnya berupa serbuk. Tahapan membuat patung sebagai berikut.
a. Sebelum membuat patung, buat desain terlebih dulu.
b. Botol plastik dipotong bagian ujungnya, lalu serbuk gips dimasukkan kira-kira 3/4 ukuran botol.
c. Masukkan air ke dalam botol hingga penuh. Aduk sejenak untuk meratakannya.
d. Biarkan campuran dalam botol tersebut beberapa lama hingga campuran gips berubah menjadi zat padat.
e. Sayat atau sobek cetakan botol plastik dari gips dengan menggunakan cutter untuk melepas cetakan. Selanjutnya gips padat bisa dibentuk sesuai desain yang dibuat.

Related Posts

Artikel Karya Seni Murni (Bahan dan Cara Pembuatan Patung gips)
4/ 5
Oleh