Macam-macam Jenis Alat Musik Barat; Melodis, Harmonis, dan Ritmis Lengkap

Menurut jenisnya, alat musik Barat, dibedakan menajdi alat musik melodis, harmonis, dan ritmis.

Nama-nama Alat Musik Melodis di Barat

Alat musik melodis, yaitu alat musik yang memainkan melodi lagu. Alat musik melodis, antara lain sebagai berikut:

a. Rekorder

Rekorder adalah jenis alat musik tiup. Alat musik ini mempunyai 4 jenis, yaitu rekorder sopranino, rekorder sopran, rekorder alto, dan rekorder bas. Rekorder yang sering digunakan di sekolah adalah rekorder sopran.

b. Pianika

Pianika adalah alat musik bertuts yang dimainkan dengan cara ditiup. Bilah-bilah nadanya yang berwarna hitam menghasilkan nada kromatis.

c. Harmonika

Harmonika adalah alat musik yang memiliki dua perangkat penggetar berpisah yang berbunyi saat pemain meniup dan mengisap udara dari alat tersebut. 
 
 

d. Saxophon

Saxophon merupakan alat musik tiup bersuara logam dengan jangkauan nada dan kemampuan ekspresinya yang besar. Saxophon diciptakan oleh Adolphne Sax pada tahun 1846. Ada empat jenis saxophon, yaitu saxophon sopran, alto, tenor, dan bariton. Keempatnya dapat membentuk kwartet yang setara dengan kwartet gesek.

e. Trompet

Trompet adalah alat musik tiup yang dapat mengeluarkan bunyi berapi-api yang dihasilkan oleh besarnya tenaga yang digunakan untuk memainkan fanfare tetapi juga disebabkan oleh tabung logam yang sempit, lubang silindris, dan corong yang lebar dan mengembang. Musisi jazz memanfaatkan semua bunyi yang dihasilkan alat musik trompet dan trombon. Dengan memainkan kedua alat musik ini, diharapkan akan menghasilkan permainan solo yang memesona.

f. Hobo

Hobo, yaitu alat musik tiup yang bersuara lembut dengan lidah getar rangkap. Jangkauan nadanya sampai dua setengah oktaf. Hobo dikenal sejak zaman Mesir Kuno. Pada abad ke-18, alat musik ini tampil pada musik kamar atau konserto. Hobo dibedakan menjadi tiga macam, yaitu hobo cor anglais, hobo diamore, dan hobo masa kini. Karya yang banyak menampilkan alat musik ini, dapat kita dengar pada karya Bellini, Berio, dan Rossini.

g. Flute

Flute merupakan alat musik tiup bersuara kaya dan menimbulkan suasana magis. Flute modern lebih mudah dimainkan dan bunyinya lebih jernih.

h. Klarinet

Klarinet adalah alat musik tiup yang dikembangkan oleh Theoblad Boem dengan nada tinggi dan nyaring. Klarinet mulai digunakan dalam musik orkes dan band militer pada pertengahan abd ke-18.

i. Biola

Biola merupakan alat musik string yang cara memainkannya digesek. Suara biola dengan ekspresi musikal banyak digunakan dalam musik orkestra untuk menghasilkan nada yang tinggi dan menakjubkan dalam jumlah yang besar. Biola hasil karya Stradivarius (1644–1737) dianggap sebagai alat musik terbaik yang pernah dibuat.

Sejak saat itu, alat musik gesek tidak berubah. Biola yang digunakan dalam orkestra ada dua macam, yaitu biola sopran dan biola alto.

Nama-nama Alat Musik Harmonis di Barat

Alat musik harmonis, yaitu alat musik yang berfungsi mengiringi perjalanan melodi lagu dengan menggunakan akor tertentu. Alat musik harmonis, antara lain sebagai berikut.

a. Piano

Piano merupakan alat musik harmonis yang cara memainkannya dengan cara ditekan. Seorang pianis dapat memainkan musik yang bagus baik solo maupun dengan iringan orkes. Piano juga berperan penting bahkan mendominasi atau mengiringi alat musik lain dalam musik pop dan jazz.

Piano terbaik adalah piano sayap (grand piano), baik dalam bunyi maupun ukuran. Piano tegak lebih banyak digunakan karena hanya membutuhkan tempat yang kecil dan harganya lebih murah.

b. Keyboard

Musik keyboard jenis organ yang perolehan nada dan warna bunyinya merupakan hasil olahan secara elektronik.

c. Electon

Electon adalah alat musik keyboard yang nada-nadanya diperoleh dari tiupan udara ke dalam sejumlah pipa pada organ mekanis. Penaikan udara diatur oleh tenaga simpanan dengan perangkat sejenis engkol sehingga organ seakan-akan berbunyi sendiri. Pada organ elektrik, prinsip dasarnya menyerupai organ asli, namun penyediaan udara dibuat dengan bantuan tenaga listrik.

d. Gitar

Gitar adalah alat musik petik yang sangat populer di masyarakat. Gitar umumnya berdawai enam dan berbahan dari kawat atau nilon. Gitar dimainkan dengan jari-jari tangan atau dengan bantuan sebuah plektrum. Dalam kegiatan musik, gitar berperan sebagai alat musik tunggal maupun pengiring musik atau lagu.

Jangkauan nada gitar cukup luas, lebih dari tiga oktaf, dimulai dari nada E oktaf besar. Notasinya dituliskan satu oktaf lebih tinggi dari bunyi sebenarnya. Gitar spanyol (klasik) didesain oleh tukang kayu dari Spanyol Antonio de Torres Jurado dari abad ke-19. Gitar yang dimainkan dalam musik pop biasanya memiliki plat jari pada badannya Gambar 11.23 Gitar untuk melindungi gitar dari gesekan. 
 

Nama-nama Alat Musik Ritimis di Barat

Alat musik ritmis, yaitu alat musik yang berfungsi untuk mengatur jalannya irama musik atau ritme lagu. Yang termasuk alat musik ritmis adalah sebagai berikut.

a.Tamborin adalah alat musik jenis rebana, dengan atau tanpa hiasan kerincing logam di sekitar bingkai atau kerangkanya. Tamborin dipakai pada orkes modern atau dangdut.
b.Triangle atau trikona adalah alat musik perkusi berbentuk lengkung segi dan terbuat dari baja. Alat musik ini dimainkan dengan pemukul kecil dari logam, bunyinya lembut dan tidak bernada. Namun, dentingan nyaring triangle sering terdengar dalam orkes maupun band.
c.Tabla adalah alat musik India yang banyak dimainkan dalam berbagai kegiatan, misalnya sebagai pengiring sitar. Alat musik ini semacam gendang yang dimainkan berpegang dengan ketinggian bunyi yang berbeda.
d.Simbal menghasilkan gema benturan saat dipukul dengan stik dan dapat digunakan untuk menandai bagian klimaks musik. Simbal ini dipasang pada penyangga di atas kedudukannya.
e.Bongo, sepasang gendang kecil dan pendek yang ditata berbeda tingginya dan dimainkan dengan tangan terbuka. Alat musik ini terkenal dalam musik rumba dari Amerika Latin.
f.Drum set adalah seperangkat alat musik perkusi, khususnya jenis drum yang jumlah dan macamnya tidak tentu, dan dapat dimainkan oleh seorang pemain saja. Pada susunan alat musik drum set yang sederhana terdiri atas snar drum, tenor drum, bass drum, dan simbal.
g.Kastanyet adalah lonceng kayu yang dipegang dengan tangan.
h.Kabassa adalah derik Amerika Selatan yang manik-manik bajanya diuntai bagian luarnya.
i.Marakas adalah sepasang derik Amerika Selatan yang biasanya dibuat dari labu berongga yang berisi biji-bijian atau dari kayu berisi manikmanik. Alat musik ini biasanya digoyang dengan kedua tangan.
j.Pauken atau timpani, yaitu alat musik perkusi sejenis drum atau genderang. Alat musik ini merupakan alat musik simponi, biasanya terletak di belakang alat-alat musik lainnya. Selain badannya yang besar, alat musik timpani merupakan alat musik ritmis yang bernada atau dapat distem tinggi rendahnya.


EmoticonEmoticon