Contoh Sinopsis Kreasi Karya Seni Tari Kelompok

Sinopsis karya tari merupakan ringkasan atau abstraksi dari apa yang diungkapkan dalam sebuah karya tari. Sinopsis dapat berupa uraian kalimat yang menerangkan dengan jelas mengenai isi karya tari. 

Sinopsis biasanya disusun oleh seorang penata tari. Oleh karena itu, seorang penata tari harus benar-benar menguasai karya tari yang dibuatnya. Pada dasarnya, penyusunan sinopsis karya tari kelompok sama dengan penyusunan sinopsis pada bentuk tari tunggal.Sinopsis disusun secara singkat, jelas, dan kalimatnya mudah dipahami oleh penonton.

Dalam sebuah sinopsis, kadang juga perlu dicantumkan nama penata tari, penari, penata iringan, penata busana, penata rias, dan semua orang yang terlibat dalam pembuatan sebuah karya tari. 

Baca Juga:

Senjata Tradisional Tombak Trisula Palembang Sumatera Selatan



Berikut contoh beberapa sinopsis kreasi tari kelompok :

1. Sinopsis Tari Parintang

Parintang berarti mengisi waktu senggang. Tari ini merupakan sebuah tari kreasi baru yang diangkat dari kesenian indang dan pencak yang berasal dari daerah Pariaman, pesisir barat Pulau Sumatera. Tari Parintang menggambarkan kegiatan para santri remaja dalam mengisi waktu senggang di surau. Mereka belajar menari, pencak silat, dan randai, yaitu bentukbentuk kesenian yang hidup, tumbuh, dan berkembang di Sumatera Barat.

2. Sinopsis Tari Suba Monca

Suba Monca berarti pasukan khusus. Tarian ini merupakan tarian garapan baru yang mengambil gerak tari etnis Mbojo, salah satu suku di Nusa Tenggara Barat. Tari Suba Monca menggambarkan ketangkasan dan keterampilan prajurit Kerajaan Bima dalam berlatih perang dan berolah senjata.

3. Tari Cik Puan

Tari Cik Puan menggambarkan keperkasaan, kelincahan, semangat juang, dan keberanian seorang wanita cantik dan lemah lembut yang bernama Cik Puan. Ia tampil memimpin pasukannya untuk menghancurkan kejahatan dan keangkaramurkaan.

Seorang penata tari dapat menyusun sinopsis sebelum membuat suatu karya tari. Sinopsis yang disusun sebelum karya tari dibuat dapat mempermudah proses pembuatan karya tari.

Sinopsis dapat disusun berdasarkan tema dan judul tarian yang telah ditentukan. Berikut contoh sinopsis karya tari bertema kepahlawanan dengan nama tari Jurit.

”Tari Jurit merupakan karya tari kreasi baru yang menggambarkan para prajurit yang sedang berlatih perang. Para prajurit beradu senjata, mengolah raga, dan bekerja sama untuk melawan musuhnya.

Gerak-gerak tari Jurit dinamis, lincah, dan gagah. Dengan menggerakkan properti tari berupa tongkat, para penari bertambah semangat dalam memperagakan gerak tari.”

Setelah tema, judul, dan sinopsis karya tari dibuat, seorang penata tari langsung dapat membuat gerak tarinya dan meneruskan pembuatan karya tari secara utuh. Namun, perlu diingat bahwa dalam membuat gerak tari perlu adanya eksplorasi gerak supaya gerak yang dihasilkan sesuai dengan tema tari.


EmoticonEmoticon