Sejarah Lengkap dan Letak Candi Prambanan | Candi di Indonesia

 Sejarah Candi Prambanan -  Kerajaan Pengging Dan Boko

Berawal pada suatu ketika di zaman kerajaan dahulu kala di bumi nusantara ini. Tersebutlah dua kerajaan Hindu yang cukup besar di Pulau Jawa. Yakni Kerajaan Pengging dengan rajanya yaitu Prabu Damar Moyo, Kerajaan yang satunya adalah Kerajaan Pengging dengan rajanya Prabu Boko.

Dikisahkan bahwa Kerajaan Pengging adalah sebuah kerajaan Hindu di Jawa yang sangat maju dan rakyatnya pun sangat makmur sentosa. Prabu Damar Moyo yang merupakan Raja Pengging, adalah seorang raja yang sangat baik hati dan bijaksana. Beliau memerintah rakyatnya dengan sangat adil. Hal Inilah yang membuat Kerajaan Pengging menjadi damai dan sangat makmur. Raja Damar Moyo memiliki seorang putra bernama Bandung Bondowoso yang sangat perkasa dan gagah berani.

Sementara di bagian lain lagi, Kerajaan Boko merupakan sebuah keraton yang masih berada di bawah wilayah kerajaan Pengging. Sesuai dengan namannya Keraton Boko ini diperintah oleh seorang raja bernama Prabu Boko. Di ceritakan bahwa Prabu Boko dikenal sebagai seorang raksasa bengis dan kejam berwajah menyeramkan, dan juga gemar memakan daging manusia. Konon Prabu Boko juga sangat dikenal sebagai raja yang lalim, kejam, dan sangat semena-mena dalam memerintah kerajaannya.

Akan tetapi dibalik wujudnya yang sangat bengis dan mengerikan, ternyata Prabu Boko memiliki seorang puteri yang sangat cantik jelita paras wajahnya. Roro Jonggrang, begitulah nama  Puteri Prabu Boko. Selain memiliki seorang puteri yang rupawan, Prabu Boko juga memiliki seorang patih kepercayaan. Patih tersebut bernama Patih Gupala yang juga berwujud seorang raksasa.


Sejarah Candi Prambanan Yogyakarta - Peperangan Dua Kerajaan

Dikisahkan pada suatu ketika Prabu Boko memiliki keinginan untuk memperluas keratonnya dan juga menguasai Kerajaan Pengging yang kala itu menjadi Kerajaan yang sangat kuat. Lalu berundinglah Prabu Boko bersama dengan patihnya yaitu Patih Gupala, serta menyusun berbagai strategi untuk memberontak dan menyerang Kerajaan Pengging. Ketika segala persiapan selesai dan semua kekuatan telah terhimpun, lalu berangkatlah Prabu boko, sang patih, diikuti seluruh pasukan Keraton Boko menyerang Kerajaan Pengging.

Kemudian tentu dapat di duga, sebuah pertempuran sengit pun terjadi. Pertempuran antar dua kerajaan ini berlangsung sangat sengit dan mengorbankan banyak prajurit dari kedua kerajaan tersebut. Tidak sedikit prajurit meregang nyawa, rakyat jelata juga tidak kalah menderita dan banyak juga yang menjadi korbannya. Tak hanya korban jiwa, ternyata perekonomian kerajaanpun menjadi lumpuh, banyak rakyat menderita kelaparan, terserang penyakit, dan lain sebagainya

Mengetahui keadaan yang semakin memburuk ini lalu Prabu Damar Moyo mengutus anaknya yaitu Pangeran Bandung Bondowoso untuk melawan Prabu Boko dan merenggut nyawanya. Mendapat perintah dari sang ayah, berangkatlah Bandung Bondowoso menuju medan peperangan. Pertarungan antara Bandung Bondowoso dan Prabu Boko pun pecah. Dalam pertarungan duel ini akhirnya Pangeran Bandung Bondowoso dapat mengalahkan Brabu Boko dan membunuhnya.

Mengetahui rajanya kalah dan terbunuh, sang Patih Dwarapala pun melarikan diri pulang menuju keraton Boko. Melihat hal itu Bandung Bondowoso tidak tinggal diam, Bandung Bondowoso merasa harus menumpaskan pemberontakan ini sampai tuntas ke akar-akarnya, Ia pun mengejar Patih Dwarapala menuju Keraton Boko.

Setiba Keraton Boko, sang Patih Dwarapala pun melaporkan apa yang terjadi kepada Puteri Roro Jonggrang. Mendapat kabar bahwa ayahnya telah dibunuh oleh Bandung Bondowoso, Roro Jonggran marah bukan kepalang. Dan mengetahui bahwa Bandung Bondowoso sedang dalam perjalanan menuju keratonnya, akhirnya Roro Jonggrang menyusun siasat untuk menghadapi Bandung Bondowoso.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Jawa Barat Beserta Gambarnya



Sejarah Berdirinya Candi Prambanan - Kekalahan Keraton Boko
Tatkala Bandung Bondowoso tiba di Keraton Boko, alangkah terkejutnya dia melihat ternyata Prabu Boko mempunyai seorang puteri yang sangat cantik rupawan. Melihat kecantikan Roro Jonggrang yang sangat menggoda, membuat Bandung Bondowoso jatuh hati kepadanya, serta berniat mempersuntingnya.

Saat mengetahui niat dan gelagat Bandung Bondowoso ini kemudian Puteri Roro Jonggrang pun melancarkan siasat yang telah di susun olehnya. Dia mengatakan kepada Bandung Bondowoso bahwa dia bersedia dijadikan isteri Bandung Bondowoso, akan tetapi ada 2 syarat yang harus dipenuhi. Karena terlanjur terpincut dengan Roro Jonggrang yang jelita, Bandung Bondowoso pun tidak kuasa bersedia memenuhi 2 persyaratan tersebut sebelum menikahi Roro Jonggrang.

Syarat-syarat yang harus di penuhi oleh Bandung Bondowoso tersebut adalah:
1.  Membuat sebuah sumur Jalatunda
2.  Mendirikian 1000 Candi dalam waktu satu malam


Bagi anda yang gemar melakukan perjalanan wisata, berikut di bawah ini adalah lokasi letak Candi Prambanan lengkap dengan peta Google Maps beserta rute yang dapat dicapai dari kota terdekat.
Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu yang terbesar di Indonesia, dan merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah dunia yang berada di Indonesia selain candi Buddha Candi Borobudur. Selain terkenal karena keindahannya, Prambanan juga sangat terkenal dengan legenda Roro Jonggrang-nya.
Sebenarnya sampai dengan saat ini masih banyak orang sedikit bingung dengan lokasi persisnya candi ini. Ada yang menyebut letak Candi Prambanan berada di Yogyakarta, ada juga yang beranggapan letaknya ada di Jawa Tengah. Hal ini tidak aneh karena posisi Candi Prambanan sendiri yang memang sangat unik. Lokasi kompleks candi memang berada di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun pintu gerbang untuk masuk menuju kompleks candi ada di wilayah Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Letak Candi Prambanan di Peta


Lebih tepat Candi Prambanan berada di koordinat 7°45′8″S 110°29′30″E atau di Google Maps bisa dilihat di -7.752222, 110.491667. Jika anda memiliki perangkat telepon pintar biasanya aplikasi seperti ini bisa diunduh dengan sangat mudah sekali. Dan dengan menggunakan aplikasi seperti ini akan sangat memudahkan anda mencari letak Candi Prambanan, khususnya bagi anda yang datang dari kota lain yang cukup jauh dan belum pernah mengunjungi tempat wisata ini sama sekali.

Letak Candi Prambanan - Rute Terdekat


Letak Candi Prambanan secara mudah bisa diakses dari beberapa kota terdekat. Ada bebeapa kota yang berada paling dekat dengan candi yang satu ini. Diantara beberapa kota tersebut yang lokasinya paling dekat dan bisa dengan mudah diakses dengan berbagai moda transportasi baik pribadi maupun transportasi umum yaitu Kota Yogyakarta, Kota Surakarta (Kota Solo), dan satu lagi adalah Kota Semarang. Berikut ini ada beberapa rute perjalanan yang cukup mudah menuju Candi Prambanan dari kota terdekat:

  • Letak Candi Prambanan - Rute Dari Kota Yogyakarta


Letak Candi Prambanan dari Kota Jogja sangatlah mudah. Anda bisa melalui jalan darat baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Perjalanan dari Yogyakarta sejauh kurang lebih 30 kilometer ke arah Timur Laut, dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit. Dari pusat Kota Jogja anda bisa langsung menuju Jl.Solo, dan terus sampai mencapai gapura batas propinsi Jawa Tengah - DIY. Dari batas kota Candi Prambanan sudah terlihat di sebelah kiri anda. Dari sini anda tinggal maju sedikit sekitar 500 meter hingga sampai di pertigaan lampu merah pertama setelah gapura batas kota. Nah letak Candi Prambanan tepatnya pintu masuk ada di sebelah kiri anda (utara).

  • Letak Candi Prambanan - Rute Dari Kota Surakarta (Solo)

Dari Kota Surakarta atau Kota Solo menuju letak Candi Prambanan sekitar 50 kilometer ke arah Barat Daya. Dari pusat Kota Surakarta anda dapat langsung menuju jalan raya Solo - Jogja sampai tepat di depan Candi Prambanan. Perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor roda dua anda bisa dengan mudah mencapai lokasi.
Sedangkan jika anda berniat menggunakan kendaraan umum kereta, maka anda bisa naik kereta listrik dari Stasiun Purwosari atau Stasiun Balapan. Ongkosnya cukup murah antara 6 ribu sampai dengan sekitar 25 ribu rupiah saja dengan waktu tempuh sekitar 30 sampai dengan 45 menit. Tapi jika anda ingin menggunakan bus umum, maka anda bisa naik dari Terminal Solo dengan waktu tempuh yang sedikit lebih lama yaitu sekitar 1 - 1,5 jam perjalanan.

  • Letak Candi Prambanan - Rute Dari Kota Semarang

Pertama - Dari Kota Semarang jarak ke Candi Prambanan sejauh sekitar 150 kilometer, dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat melalui Kota Semarang - Ungaran - Bawen - Salatiga - Surakarta - Klaten - Prambanan. Perjalanan ditempuh selama sekitar 2 - 3 jam.
Kedua - Dari Kota Semarang ke Candi Prambanan dengan jarak yang hampir sama sejauh 150 kilometer bisa melalui Kota Semarang - Ungaran - Bawen - Ambarawa - Magelang - Muntilan - Sleman - Yogyakarta - Candi Prambanan. Perjalanan ditempuh selama sekitar 2 - 3 jam.

  • Letak Candi Prambanan - Rute Dari Kota Kebumen


Dari arah barat jalur pantai selatan Pulau Jawa bisa melalui kota terdekat yaitu Kota Kebumen. Perjalanan bisa menggunakan kendaraan melewati Jalan Nusantara atau melewati Jalan Deandels. Dari Kota Kebumen jarak menuju Candi Prambanan sejauh sekitar 120 kilometer ke arah timur menuju kota Yogyakarta dilanjutkan langsung menuju letak Candi Prambanan.

  • Letak Candi Prambanan - Rute Dari Kota Pacitan

Dari arah timur pantai selatan Jawa, bisa melalui Kota Pacitan. Jarak yang ditempuh dari Pacitan ke Prambanan sekitar 110 kilometer dan dapat ditempuh selama sekitar 2 jam. Dari Pacitan kita bisa menggunakan jalur darat menuju Kota Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, dan dilanjutkan menuju Yogyakarta dan langsung ke Prambanan. 
 
 
Letak Candi Prambanan
Letak Candi Prambanan - Peta Candi Prambanan

Candi-candi Eksotis Lainnya di Sekitar Candi Prambanan


Saat anda berkunjung ke Candi Prambanan, anda juga bisa mampir ke beberapa candi eksotis lainnya yang letaknya sangat dekat dengan Candi Prambanan. Antara lain Candi Sewu, Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Plaosan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Sojiwan, Candi Banyunibo, Candi Barong, Candi Ijo, dan yang paling besar adalah Candi Ratu Boko (Istana Ratu Boko).
Untuk bisa dengan puas menikmati sebagian besar dari candi-candi di atas, maka sebaiknya siapkan waktu satu sampai dengan dua hari penuh. Karena letak candi-candi ini yang sangat berdekatan, jadi sangat disayangkan jika anda datang ke tempat wisata di Yogyakarta ini tapi hanya mengunjungi salah satu dari candi-candi tersebut. Dan pada sore hari acara terbaik dan sangat disarankan adalah menghabiskan sore dengan menikmati sunset atau matahari terbenam di Candi Prambanan  atau di candi Ratu Boko. Di sini anda akan mendapatkan pengalaman sunset yang sangat cantik dan eksotis.


EmoticonEmoticon