√ Lengkap Alat Musik Tradisional Nias Beserta Gambarnya

kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera, Indonesia, dan secara administratif berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini merupakan pulau terbesar dan paling maju di antara jejeran pulau-pulau di pantai barat Sumatera, dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha) yang masih memiliki budaya megalitik. Daerah ini memiliki objek wisata penting seperti selancar (surfing), rumah tradisional, penyelaman, fahombo (lompat batu)
 

Alat Musik Tradisional Nias

Untuk mencapai Pulau Nias, dari Kota Medan dapat ditempuh melalui jalur perhubungan darat-laut dan perhubungan udara. Jika dari darat maka dari kota Medan pergi ke Pelabuhan Sibolga yang menghabiskan waktu sekitar 10 – 12 jam. Tapi tentunya untuk anda yang suka travelling, rasa lelah tersebut akan tergantikan dengan apa yang anda dapatkan nantinya. Baiklah tanpa banyak pembukaan lagi, berikut daftar alat-alat musik tradisional Nias.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Lampung Beserta Gambarnya


1. Gondra

alat musik gondra
Gambar alat musik gondra
Alat musik tradisional pulau Nias yang pertama adalah Gondra, sebuaha alat musik tradisonal yang diklasifikasikan sebagai alat musik membranofon dengan 2 sisi dan berbentuk barel. Kedua sisi tersebut dilapisi dengan membran yang terbuat dari kulit binatang (kambing ataupun lembu) yang dikeringkan dan nantinya dipasangkan serta dikencangkan sehingga menghasilkan suara yang bagus sementara bagian tubuhnya terbuat dari kayu pohon besar yang tengahnya dilubangi.
Gondra dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pukul yang terbuat dari bambu dengan panjang sekitar setengah meter. Gondra sekilas terlihat seperti beduh masjid dengan perbedaannya hanya terletak pada pemukul dan ukurannya. Untuk memainkan Gondra, anda tidak memerlukan keahlian tertentu dan juga tidak harus memukulnya dengan tenaga ekstra karena memang alat musik tradisional ini tidak diajarkan secara cepat.

2. KokoKoko

alat musik kokokoko
Gambar alat musik kokokoko
Jika anda cermati, koko-koko adalah nama alat musik tradisional Nias yang sebenarnya adalah pentungan. Koko-Koko terbuat dari kayu panjang dengan ukuran standar pentungan. dan bagian tengahnya tentu dilubangi karena nantinya akan menjadi wadah suara yang dihasilkan.
Fungsi dari alat musik tradisional ini dulunya adalah media komunikasi antar penduduk untuk memanggil warga lainnya dan berkumpul jikalau ada hal penting yang ingin dibicarakan. Cara menggunakannya adalah dipukul menggunakan kayu (tak perlu kayu khusus). Kini Koko-kok juga bisa dimanfaatkan sebagai alat musik pengiring.

3. Faritia

alat musik faritia
Gambar alat musik faritia
Selanjutnya adalah alat musik tradisional pulau nias Faritia. Faritia adalah alat musik yang terbuat dari logam / kuningn dan termasuk kedalam alat musik idiofon. Bentuk dari Faritia hampir menyerupai talempong dari Padang ataupun gamelan dari Jawa, dan diameter dari Faritia adalah 23 cm dengan bagian tengah yang menonjol sebagai bagian yang dipukul.
Faritia dipukul dengan menggunakan kayu simalambuo atau kayu duria yang tentunya sudah di olah untuk tujuan sebagai alat pemukul Faritia. Dulunya alat musik tradisional Nias ini adalah barang yang didatangkan dari luar alas impor. Karena dulunya benda ini adalah alat pembayaran dalam melakukan bearter.

Baca Juga:

√ Lengkap Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat Beserta Gambarnya


4. Aramba

alat musik aramba
Gambar alat musik aramba
Aramba adalah alat musik tradisional Nias yang sering digunakan oleh masyarakat Nias ketika berlangsungnya upacara adat terutama seperti acara perkawinan dengan ukuran diameternya sekitar setengah meter yang disebut dengan Aramba Fatao. Aramba juga ada yang dipergunakan teruntuk bangsawan saja yaitu Aramba Hongo dengan diameter yang lebih besar sekitar 90 cm.
Aramba memiliki fungsi khusus bagi masyarakat dari dulu hingga sekarang. Aramba diyakini merupakan sebuah benda keramat, oleh karena itulah diperlakukan secara istimewa. Fungsinya sebagai alat komunikasi dalam masyarakat, juga digunakan sebagai alat musik tradisional yang digunakan pada pesta adat.