Senjata Tradisional Jambi Badik Tumbuk Lada Beserta Penjelasannya

Senjata Tradisional Jambi Badik Tumbuk Lada. Badik Tumbuk Lada adalah salah satu senjata tradisional yang berasal dari Jambi. Badik ini merupakan senjata khas melayu yang ada di Sumatera dan Kepulauan Riau serta Semenanjung Melayu. Nama senjata ini sangat terkenal di kalangan masyarakat semenanjung melayu.

Senjata Tradisional Jambi Badik Tumbuk Lada

Arti nama Badik Tumbuk Lada

Arti dari nama senjata ini adalah

1. Badik
Diambil dari kata serapan masyarakat Bugis yang artinya adalah senjata

2. Tumbuk Lado adalah sebuah bahasa Melayu yang berarti Tumbuk Lada

Secara harfiah bahwa senjata tradisional ini biasa digunakan untuk mendukung kehidupan masyarakat Melayu di setiap harinya. Senjata khas Kepulauan Riau ini sangat persis dengan senjata tradisional dari Negara tetangga Malaysia.

Baca Juga:

√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Gendang


Bentuk

Senjata tradisional ini berbentuk seperti badik khas dari Sulawesi hanya saja pada sarung Tumbuk Lada terdapat benjolan bundar yang dihias dengan ukiran pahat. Bagian sarungnya dilapis dengan kepingan perak yang diukir dengan pola-pola rumit. Selain itu bentuknya juga menyerupai keris namun tidak bergelombang. Senjata ini memiliki karakteristik berukuran tidak lebih dari 29 cm dan hanya mempunyai lebar 4 cm.

Fungsi

Zaman dulu badik ini dipergunakan untuk berburu dan berperang. Namun selain untuk berperang Tumbuk Lada pada zaman dulu juga menjadi salah satu kelengkapan pakaian adat di Jambi, Kepulauan Riau, Deli, Siak dan Semenanjung Tanah Melayu. Dan sampai saat ini masih digunakan sebagai kelengkapan pakaian adat.


Itulah penjelasan singkat mengenai Senjata Tradisional Badik Tumbuk Lada. Semoga bermanfaat.