√ Rawon Makanan Tradisional Dari Jawa Timur

Rawon adalah makanan tradisional dari Jawa Timur berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam. Warna hitam dari kuah Rawon ini terbuat dari kluwak dan dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas sehingga sangat menggugah selera. Rawon ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terkenal dan menjadi salah satu icon kuliner di Jawa Timur.

Proses Pembuatan Rawon

Daging yang digunakan pada masakan Rawon ini umumnya adalah daging sapi. Daging tersebut pertama direbus dan dipotong kecil – kecil. Untuk bumbu yang dihaluskan diantaranya seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kluwak, kunir dan lain – lain. Untuk penyedap rasa ditambahkan serai, daun jeruk dan lengkuas. Bumbu tersebut kemudian di tumis hingga harum. Kemudian setelah harum, bumbu tersebut dicampurkan dan dimasak bersama dengan kaldu dan potongan daging hingga matang.
 
 

Penyajian Rawon

Rawon ini biasanya disajikan bersama nasi hangat dan dilengkapi dengan tauge kecil yang sudah direbus terlebih dahulu. Untuk penambah rasa kita bisa menambahkan seperti daun bawang, sambal, dan jeruk nipis sesuai dengan selera kita. Rawon ini sangat pas bila santap selagi hangat bersama menu lain seperti kerupuk udang, telur asin, dan daging sapi goreng atau empal.

Cita Rasa Rawon

Rawon ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan aroma dan rasa yang tentunya sangat menggugah selera. Selain dagingnya yang empuk, perpaduan rasa manis, gurih dan legit pada kuahnya yang hitam memiliki rasa yang pas dengan lidah kita. Selain itu, yang menjadi keistimewaan dari Rawon ini adalah rasa yang dihasilkan dari kluwak ini memberikan aroma kuat dan sensasi rasa yang khas pada makanan tradisional satu ini.
 
 

Perkembangan Rawon di Indonesia

Rawon merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Jawa Timur. Makanan ini sangat mudah kita temukan di berbagai daerah di Jawa Timur, salah satunya di Surabaya. Di Surabaya sendiri, Rawon merupakan makanan yang sangat populer dan bayak warung makan yang menyediakan menu satu ini. Perkembangan Rawon tidak hanya disekitar Jawa Timur saja, makanan ini juga telah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini karena banyaknya perantau dari Jawa Timur ke luar daerah yang mencoba menjadikan Rawon sebagai bisnis mereka dan sebagai obat rindu akan kampung halaman mereka. Bagi anda yang berkunjung ke Jawa Timur, makanan ini wajib untuk dicoba dan tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati makanan tradisional satu ini.