√ Pecel Madiun Makanan Tradisional Dari Madiun, Jawa Timur

Pecel Madiun adalah makanan tradisional jenis olahan pecel yang khas dari Madiun, Jawa Timur. pecel yang satu ini sekilas hampir sama dengan pecel pada umumnya, namun bila kita perhatikan bahannya lebih lengkap dan bumbu pecelnya sangat khas. Pecel Madiun ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Madiun, Jawa Timur, dan menjadi icon kuliner kebanggaan masyarakat disana.

Keistimewaan Pecel Madiun

Bila dilihat dari penampilannya, Pecel Madiun ini hampir sama dengan sajian pecel pada umumnya. Namun yang membuat Pecel Madiun ini istimewa adalah penambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya, sehingga memberikan aroma dan rasa yang sangat khas. Selain itu bila diperhatikan, sayuran pada Pecel Madiun ini lebih lengkap.
 
 

Pengolahan Dan Penyajian Pecel Madiun

Pecel Madiun ini biasanya terdiri dari aneka sayuran rebus seperti kacang panjang, bunga turi, kecambah, kenikir, bayam, daun singkong, dan daun pepaya. Selain itu juga terdapat bahan lain seperti petai cina, kemangi, dan potongan krai. Bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang, cabai, gula merah dan jeruk purut. Pecel Madiun ini kemudian disajikan bersama dengan nasi, peyek dan aneka lauk seperti tempe, tahu,daging empal, telur ceplok atau telur asin sesuai dengan selera kita.

Cita Rasa Pecel Madiun

Pecel Madiun ini memiliki cita rasa yang khas, bumbu kacang pada pecel ini tidak terlalu encer serta memiliki rasa manis dan gurih yang sangat pas. Selain itu aroma jeruk purut dari bumbu kacang ini terasa halus sehingga membuat bumbu kacangnya terasa sedap.
 
 

Tempat Kuliner Pecel Madiun

Pecel Madiun ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Madiun, Jawa Timur. Di sana makanan satu ini sangat mudah dijumpai  karena banyak penjual yang menjajakan makanan ini. Untuk harga satu porsi Pecel Madiun ini relatif murah, tergantung lauk yang diingingkan. Selain sebagai makanan rakyat, Pecel Madiun ini juga sangat disukai oleh para wisatawan yang datang ke sana.