√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Cara Memainkan Alat Musik Kolintang

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai cara memainkan alat musik kolintang:

1. Melodi

Melodi dimainkan dengan Menggunakan 2 pemukul. Karena nada nya tidak panjang, maka pemain harus memukul atau menggertakan pukulannya dengan nada panjang sehingga nada yang dihasilkanpun panjang. Fungsi pembawa lagu adalah dapat disamakan dengan jenis melodi, gitar , biola, xylophone atau bisa di sebut vibraphone.
Hanya saja suaranya tidak terlalu tinggi. Jika ada dua melodi, yaitu melodi satu dan kedua melodi maka kombinasinya akan sama dengan suara orang yang bernyayi duet. Jika dimainkan bersama, maka dapat mengimbangi pengiring (terutama untuk bagian set lengkap).
Atau bisa juga dimainkan dengan nada yang sama, namun berbeda-beda oktaf, atau bisa juga melodi yang satu memainkan jenis pokok lagu, dan melodi yang lainnya memainkan jenis improvisasi.

Baca Juga:

√ Mengenal Alat Musik Kecapi Asal Sunda Indonesia

 

2. Juke

Berperan sebagai juke pada orkes keroncong. Juke dimainkian dengan menggunakan tiga pemain. Satu pemain di tangan kiri dan dua pemain di tangan kanan. Cara memegangnya agak sedikit susah.
Pemukul(pemain) ditangan kiri dan di pegang seperti memegang pemukul biasa, namun kedua pemukul di bagian kanan harus sesuai dengan jari-jari semua pemain.
Pemukul(Pemain) yang satunya agar dipegang atau di jepit diantara jari jempol dan jari telunjuk, dan bisa juga ditahan oleh jari yang di tengah agar pemukul tidak kelepasan dan pemukul yang satunya lagi bisa di pegang atau di jepit di antara jari manis.

3. Benjo

Alat yang satu ini memiliki peran-peran yang tidak beda jauh dengan alat musik juke. Pemukulnya juga harus berjumlah Tiga, namun cara memukulnyapun berbeda-beda.
Alat musik benjo dapat dipukul lebih banyak daripada memukul alat musik Juke. Satu kali berbunyi namun rata-rata benjo bisa mengeluarkan 5-10 pukulan yang di hasilkan.
Pukulannyapun sendiri tergantung tempo dan jenis lagu yang bisa di gunakan. Urutan dan susunan baloknyapun sama persis dengan alat musik Juke, hanya saja Benjo sedikit lebih besar.

4. Gitar

Cara memainkan alat musik kolintang  yang satu ini tidak berbeda jauh dengan pengiring lainnya yaitu alat musik juke dan benjo, alat musik Gitar ini juga memiliki fungsi yang sama yaitu sebagain pengiring lagu/nada.
Pemukulnyapun bisa berjumlah tiga pemukul(pemain). Namun ada yang berbeda ari gitar dan alat musik kolintang yang lainnya yaitu cara memukul nya, bunyi dan ukurannya.
Cara memukul Cara memainkan alat musik kolintang  yang satu ini lebih seedikit pukulannya dengan alat musik benjo. Dikarenakan suaranya sudah mendekati nada/suara cello, oktafnyapun lebih rendah daripada alat musik benjo

Baca Juga:

√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Kecapi


5. Bass

Cara memainkan alat musik kolintang sering kita dengar yaitu Bass. Bass memiliki ukuran yang paling besar , Balok-baloknyapun jauh lebih besar dari ukuran balok pengiring seperti (juke,benjo,gitar). Bass hanya bisa di mainkan menggunakan dua pemukul (Pemain)

Searches related to Cara Memainkan Alat Musik Kolintang
  • fungsi alat musik kolintang
  • kolintang terbuat dari
  • gambar kolintang
  • sumber bunyi kolintang
  • karakteristik alat musik bedug
  • tuliskan karakteristik alat musik bedug
  • sejarah kolintang
  • kolintang berasal dari


EmoticonEmoticon