√ Lengkap Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Tifa menyerupai dengan alat musik yang bernama gendang. Cara memainkan alat musik tifa adalah dengan cara dipukul sama seperti memainkan alat musik gendang. Alat musik yang bernama tifa ini terbuat dari bahan kayu yang dikosongi atau dibuang bagian isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi, biasanya ditutupi menggunakan kulit rusa yang telah dikeringkan agar menciptakan suara yang bagus dan indah.

Baca Juga:

√ Lengkap Reog Ponorogo Kesenian Tradisional dari Ponorogo, Jawa timur


Biasanya bagian luar dibuat ukiran untuk menghiasi dari si Tifa tersebut. untuk para suku di Maluku dan Papua memiliki Tifa dengan ukiran khasnya masing-masing. Tifa dapat kita jumpai ketika akan digunakan untuk mengiringi tarian-tarian daerah seperti tari Lenso yang berasal dari Maluku atau juga tarian tradisional dari suku Asmat dan tari Gatsi.
Tifa memiliki nama lain yang berada di Maluku, di Maluku Tifa disebut juga sebagai tahito atau tihal yang digunakan pada wilayah-wilayah yang berada di Maluku Tengah. Sedangkan yang berada di pulau Aru, Tifa disebut dengan nama yang lain lagi yakni disebut sebagai titir.
Tifa totobuang merupakan musik asli yang sama sekali tidak tercemar dengan budaya luar. Musik ini merupakan musik khas warga yang berada di wilayah mayoritas Kristen. Dalam beberapa pertunjukan yang berbeda musik yang lainnya biasanya disediakan dengan musik sawat, yang seharusnya hanya dapat dimainkan oleh wilayah mayoritas Muslim.

Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Bagaimana cara memainkan alat musik tifa
Ilustrasi bagaimana cara memainkan alat musik tifa
Alat musik dari Tifa totobuang memiliki fungsi yang masing-masing berbeda dan saling mendukung satu sama lain hingga melahirkan musik yang khas. Tapi musik ini ini dipenuhi oleh alat musik Tifa. Ada beberapa bagian Tifa yang dibagi yakni Terdiri dari
  • Tifa jekir,
  • Tifa dasar,
  • Tifa potong,
  • Tifa jekir potong dan
  • Tifa bass
Tifa di atas, biasanya ditambang dengan gong yang berukuran besar dan totobuang, yang ternyata merupakan serangkaian gong-gong kecil yang ditaruh pada salah satu meja, dengan beberapa lubang untuk penyangganya.

Baca Juga:

√ Penjelasan Tari Gandrung Tarian Tradisional dari Banyuwangi, Jawa Timur


Tapi disayangkan musik dan indah tersebut, sekarang sudah jarang kita temui dan jarang dapat kita nikmati. Bahkan sudah dapat dikatakan musik ini sudah mulai ” langka “. Dalam perkembangan Alat Musik Tifa ini, berbagai kreasi dan variasi saat memainkan musik Tifa juga dilakukan di setiap pertunjukkan.
Musik ini hanya dapat diperlihatkan pada acara-acara tertentu. Seperti misalnya acara penyambutan tamu khusus, pertunjukkan kesenian Maluku di luar daerah ataupun di luar negeri serta pada acara-acara adat. Pemainnya pun biasanya merupakan pemain yang telah diajarkan turun-temurun di keluarga mereka masing-masing.


EmoticonEmoticon